5 Rekomendasi Website Toko Online Gratis Agar Jualan Semakin Laris

Anggi Novita Sari

Website Toko Online Gratis 

Kadjiro – Bagi pebisnis, penggunaan platform online sangat penting di dalam meningkatkan volume penjualan. Sebab, hampir semua target pasar sudah menggunakan smartphone. Itulah sebabnya, kamu harus memilih situs website toko online gratis dengan beberapa fitur menarik. 

Toko online merupakan tempat untuk menawarkan layanan maupun produk secara daring di seluruh dunia. Konsep kali ini dikenal sebagai belanja online, dimana para pengunjung mempunyai kesempatan untuk membeli produk melalui platform penjualan.

Sedangkan, situs web adalah halaman yang berisikan informasi tertentu dan bisa diakses dengan mudah melalui jaringan internet. Jadi, secara sederhana situs web toko online merupakan halaman yang berisikan informasi mengenai produk bisnis dan digunakan sebagai tempat berjualan. 

Table of Contents

Website Toko Online Gratis 

Membuat website memang kedengarannya membutuhkan biaya yang besar. Tapi tenang saja, karena saat ini ada pilihan website gratis yang bisa kamu pilih dan sebagai berikut daftarnya : 

  1. Wix 

Wix adalah alat membuat situs web yang user friendly. Situs ini bisa membantu kamu di dalam membuat website dengan dua opsi, yaitu metode drag-and-drop dan menggunakan perancang kecerdasan buatan dari ADI Wix. 

Kamu juga bisa melakukan kustomisasi tanpa harus mempunyai pengetahuan tentang pemrograman. Wix menjadi salah satu platform pembuatan toko online yang ideal guna membangun toko online secara gratis. 

Paket gratis yang tersedia di Wix adalah domain, hosting, bandwidth dan ruang penyimpanan hingga 500 MB. Meski gratis, platform WIx menyediakan berbagai pilihan template yang bisa di kustomisasi. 

Disamping itu, kamu bisa mengakses berbagai koleksi ikon, gambar, clip art dan beberapa aplikasi gratis lainnya. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah kamu akan mendapatkan alat pemasaran yang berfungsi untuk mempromosikan situs website. Contohnya melalui email untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan adanya bantuan SEO untuk optimasi keyword dan tools lainnya. 

  1. Shopify 

Shopify adalah platform e-commerce yang juga memberikan layanan hosting. Platform ini mempunyai popularitas yang cukup tinggi dan bisa menangani berbgai aspek. Mulai dari pemesanan, pembayaran, pengiriman dan jaminan pembayaran yang aman. 

Shopify juga menyediakan berbagai fitur di dalam paket dasar seperti toko online dengan tema kustomisasi, aplikasi POS Shopify dan beberapa saluran penjualan. Fitur ini menjadi bagian dari tips supaya toko online laris

Sebab, di dalam paket dasarnya ada pilihan untuk mengelola produk, melacak penjualan dan tren pertumbuhan. Di dalam satu paket Shopify ada banyak pilihan hosting, nama domain, desain tema dan pemasaran. 

Kamu bisa memilih lebih dari 100 tema untuk perangkat seluler dan ratusan aplikasi yang bisa meningkatkan fungsi toko tersebut. Platform ini sudah terintegrasi dengan berbagai media sosial, sehingga mempermudah proses promosi di berbagai platform. Shopify sangat cocok digunakan oleh siapapun yang mencari pendekatan praktis di dalam pengaturan dan pemeliharaan toko online. 

  1. Square Online 

Square online sudah terbukti menjadi salah satu platform e-commerce unggul yang mengizinkan kamu menjalankan aktivitas penjualan secara gratis. Bagi kamu yang baru pertama kali memulai bisnis online, maka hal ini sangat menguntungkan karena bisa menghemat biaya. 

Keunggulan dari Square Online adalah adanya sistem POS yang bisa disinkronkan untuk akomodasi pembayaran secara online maupun offline. Selain itu, Square Online juga menawarkan berbagai macam rencana dan sistem yang terkhususkan untuk restoran maupun industri makanan. 

Fitur dari Square Online versi gratis memang terbilang sudah cukup. Akan tetapi, jika kamu ingin mendapatkan banyak fitur bisa memilih versi berbayar yang sudah tersedia di dalamnya. Pada saat menggunakan versi berbayar, kamu bisa menghubungkan nama domain secara khusus. 

  1. Big Cartel 

Big Cartel merupakan website toko online yang khusus ditujukan bagi para seniman maupun kreator untuk melakukan pemasaran produk. Apabila kamu mempunyai rencana membuka toko online yang fokus pada penjualan produk handmade, opsi kali ini bisa menjadi pilihan alternatif dan layak untuk dipertimbangkan. 

Kelebihan dari Big Cartel adalah paket gratis yang telah disediakan dan kamu tidak akan dikenakan biaya transaksi apapun. Bahkan, kamu juga bebas membuat URL toko tanpa harus membayar biaya tambahan sama sekali. 

Paket gratis dari Big Cartel juga memungkinkan kamu untuk menyajikan sampai dengan 5 produk. Artinya bisa lebih hemat biaya dibandingkan dengan opsi gratis yang ditawarkan oleh platform e-commerce lainnya. 

Namun, harus ingat bahwa ada beberapa kendala dari Big Cartel. Apabila kamu ingin menyesuaikan tema situs web, maka harus melakukan edit kode HTML tema terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi kendala, terutama bagi para pemula yang belum terbiasa dengan mengedit kode. 

  1. WooCommerce 

WooCommerce adalah website toko online gratis yang sudah terintegrasi dengan WordPress. Meski disebut sebagai plugin, WooCommerce sebenarnya merupakan alat yang lengkap dengan berbagai fitur yang mungkin diperlukan di dalam dunia e-commerce. 

Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat di saat install WooCommerce. Dengan WooCommerce, kamu bisa menjaual berbagai macam jenis produk, baik itu barang fisik atau digital. 

Proses instalasi dan penggunanya tergolong sangat mudah, bahkan untuk para pemula sekalipun. Begitu juga dengan menambahkan produk ke toko, langkahnya sangat mudah dan tidak membutuhkan teknis khusus. 

WooCommerce menyediakan  berbagai pilihan tema gratis yang bisa membantu kamu di dalam desain toko online sesuai dengan preferensi. Untuk menjangkau pasar global, WooCommerce sudah mendukung berbagai jenis mata uang. WooCommerce menyediakan solusi lengkap untuk kamu yang ingin mengembangkan toko online seiring dengan pertumbuhan bisnis. 

Demikian 5 rekomendasi platform website toko online yang bisa menjadi pilihan kamu. Semoga informasi di atas bisa memberikan alternatif terbaik supaya jualan online semakin laris. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar