9 Aplikasi Digital Marketing di HP, Gratis dan Simple

Anggi Novita Sari

Aplikasi Digital Marketing di HP

Kadjiro – Bagi kamu yang lagi berkarir di dalam dunia digital marketing atau sedang mencoba cari side job di dalam bidang yang sama, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan kerja sehari-hari. Tidak harus mahal, 9 aplikasi dibawah ini bisa kamu dapatkan secara gratis di HP saja. 

Ada beberapa aplikasi yang mempunyai versi berbayar dengan fitur lebih advanced, tapi versi gratisnya saja sudah cukup untuk digunakan sehari-hari. Daripada membuat kamu penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lengkap mengenai rekomendasi aplikasi digital marketing dibawah ini. 

Aplikasi Digital Marketing 

Sebagai berikut adalah 9 rekomendasi aplikasi digital marketing yang bisa kamu pilih dan gunakan :

  1. CapCut 

Untuk kebutuhan video marketing. CapCut sudah lebih dari cukup. Tools ini terbilang wajib kamu gunakan, ketika ingin membuat video pendek karena pengoperasian yang mudah dan fitur cukup beragam. Kamu pasti pernah melihat juga kreator TikTok menggunakan aplikasi CapCut, kan? 

  1. SEOBILITY 

Sesuai dengan namanya, tools ini akan membantu kamu di dalam bidang SEO. Terutama, untuk mengecek apakah website kamu sudah enak dibaca dan diakses menurut perhitungan SEO atau belum. 

  1. HOOKLE 

Nah, aplikasi digital marketing yang satu ini sangat berguna bagi beberapa media sosial. Aplikasi HOOKLE akan membantu kamu di dalam membuat konten dengan dukungan teknologi AI. Ada versi berbayar, tapi versi gratis dari aplikasi ini sudah bisa dibilang komplit.

  1. Mailchimp 

Apakah kamu ingin menggunakan email marketing? Aplikasi Mailchimp menjadi pilihan yang paling tepat untuk membuat versi gratis email marketing

  1. Pinterest 

Mungkin kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Pinterest bisa kamu pilih untuk mencari ide dan moodboard konten. Cukup dengan memasukkan keyword, kamu bisa melihat hasilnya. 

  1. iA Writer

Untuk kebutuhan copywriting, tools kali ini bisa menjadi tempat corat-coret di HP kamu. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengurangi distraksi di saat menulis. 

  1. Google Analytics 

Bagi kamu yang ingin melakukan pengecekan performa website, Google Analytics bisa menjadi solusi yang paling tepat. 

  1. To do ist

Project management pasti akan terbantu dengan tools yang satu ini. Selain itu, aplikasi ini akan membantu kamu di dalam mengerjakan proyek-proyek agar tidak terbengkalai dan terlupakan begitu saja. 

  1. Miro 

Brainstorming online bisa semakin mudah dilakukan, ketika menggunakan aplikasi Miro. Apalagi, untuk aplikasi yang satu ini bisa diakses melalui HP saja. 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Digital Marketing 

Setelah memilih salah satu aplikasi di atas, maka kamu akan diberikan beberapa manfaat sebagai berikut :

  1. Bisa Lebih Mudah Terhubung dengan Konsumen 

Masyarakat saat ini mengandalkan berbagai keperluan agar bisa lebih praktis seharian di dalam dunia maya. Para pebisnis yang melakukan promosi online akan lebih mudah terhubung oleh konsumen. Sebab pemasaran dilakukan melalui internet, baik itu dengan media sosial maupun website.

  1. Membantu Melacak Perilaku Konsumen 

Memutuskan menggunakan teknik pemasaran digital bisa membantu kamu melacak semua tindakan sampai keputusan dan preferensi dari para konsumen. Sehingga, cara ini sangat membantu kamu di dalam mengenal konsumen lebih dalam agar proses pemasaran bisa dilakukan dengan tepat. 

  1. Meningkatkan Pendapatan Bisnis 

Apabila kamu ingin pendapatan bisnis meningkat dengan cepat, maka ada baiknya melakukan pemasaran digital. Sebab melakukan promosi digital ini lebih efektif dan mudah menjangkau konsumen. Maka dari itu, potensi omset naik bisa lebih tinggi.

  1. Bisnis Bisa Lebih Kompetitif 

Memasarkan produk dan jasa secara digital ini akan membantu kamu di dalam menjadikan bisnis lebih kompetitif. Sebab lebih fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Sehingga, untuk eksistensinya lebih terjamin.

  1. Teknik Marketing Lebih Mudah 

Dengan mengandalkan pemasaran digital, maka proses promosi atau pemasaran bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga, sangat mungkin untuk dilakukan secara individu. Namun, kamu bisa juga menggunakan jasa digital marketing ganecy terpercaya supaya semakin praktis.

  1. Solusi untuk Menghemat Biaya Promosi 

Pemasaran lewat internet juga bisa menjadi solusi atas keterbatasan dana, sebab anggaran bisa diatur. Misalnya kamu beriklan menggunakan Google Ads, maka biaya per klik bisa disesuaikan lagi dengan anggaran. Dengan cara ini, kamu bisa lebih terkontrol namun tetap bisa melakukan branding dan menggaet konsumen untuk melakukan pembelian produk.

  1. Teknik Pemasaran yang Variatif 

Berbeda dengan pemasaran konvensional yang tekniknya membosankan, seperti memasang poster di jalan atau membagikan brosur. Pemasaran secara online lebih variatif, karena pilihan media promosinya lebih banyak. Artinya, kamu bisa menggunakan gambar, video, SEO, marketplace dan lain-lain.

  1. Hasil Promosi Bisa Dilacak 

Menggunakan pemasaran secara online, kamu dimungkinkan untuk melacak maupun menelusuri hasil iklan. Sehingga secepatnya kamu bisa mengecek iklan seperti apa yang efektif dan yang sukses menarik perhatian dari banyak konsumen.

  1. Mempercepat Terjadinya Penjualan 

Perlu kamu ketahui bahwa pemasaran online efektif untuk mempercepat terjadinya proses penjualan produk atau jasa. Kenapa? Sebab pemasaran ini mempunyai sifat secara online, sehingga di saat konsumen melihat iklan dan tertarik. Maka, bisa langsung mengambil aksi mulai dari menghubungi kontak maupun mengisi formulir pemesanan.

  1. Membantu Di Dalam Mengelola Bisnis 

Apabila kamu melakukan pemasaran secara online, maka sama artinya dengan mendapatkan kemudahan di dalam mengelola sebuah bisnis. Misalnya kamu berjualan lewat website, maka kamu bisa update stok sekaligus memberikan layanan konsumen dari website tersebut. 

Sehingga sangat mungkin bisnis dikelola tanpa harus merekrut banyak karyawan. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisnis bisa dikelola sendiri, sehingga bisa lebih mudah dan efisien. 

Nah, itulah dia 9 rekomendasi aplikasi digital marketing beserta manfaatnya. Selamat memilih dan semoga bisnismu semakin berkembang pesat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar