6 Alasan Orang Lebih Memilih Membeli di Toko Online Daripada Offline

TRISULA

Kadjiro.com – Zaman sekarang sudah semakin jarang orang melakukan belanja offline kecuali kebutuhan pokok ya. Kemajuan teknologi membuat kebiasaan orang berubah. Seperti ketika ingin membeli sebuah barang tertentu orang lebih menyukai membeli secara online dari pada offline. 

Itulah mengapa banyak toko offline yang tutup. Perkembangan dan perubahan tidak bisa disalahkan tentunya. Itu sudah menjadi hukum alam dimanapun manusia berada.

Kalau dipikirkan, kira-kira kenapa orang lebih suka berbelanja online daripada offline di era sekarang. Mungkin dibawah ini jadi alasanya.

6 Alasan Orang Lebih Memilih Belanja Online daripada Offline 

Alasan orang membeli barang di toko online

1. Barang lebih murah 

Harus diakui bahwa ada selisih harga yang lumayan antara toko online dan offline. Itulah yang mungkin jadi pertimbangan orang lebih memilih membeli ditoko online.

Entah darimana penjual bisa mendapatkan distribusi produk murah itu. Kadang itu yang jadi pertanyaan. Kok bisa semurah itu ya? 

2. Transaksi pembayaran semakin mudah 

Pada awal – awal kemunculanya toko online masih kurang diminati karena pembayaran masih terbatas hanya memalui transfer bank. Dan tidak semua orang memiliki rekening bank, terutama kelas menengah kebawah. Mungkin juga keberadaan bank yang masih jarang. 

Namun, saat ini pilihan pembayaran sudah semakin banyak, seperti sistem cod, Alfamart indomart, dan bahkan bisa dicicil angsuran tiap bulan. Saat ini Marketplace berlomba-lomba menawarkan berbagai kemudahan kepada konsumen. Supaya mereka tertarik untuk melakukan jual beli di marketplace. 

3. Banyak promo voucher potongan harga

Salah satu yang menjadi daya tarik orang memilih membeli di toko online yaitu banyak Voucher yang diberikan, sehingga bisa mengurangi biaya pembelian. Hal ini juga menjadi pertimbangan orang memilih membeli di olshop. 

Gimik seperti gratis ongkir dan cashback merupakan salah satu teknik marketing yang sangat ampuh, dan itulah yang dilakukan semua jenis marketplace. Karena umumnya orang menyukai hal-hal yang berbau diskon. 

4. Pilihan Barang Yang Banyak

Hanya dengan menginstal salah satu toko online kamu bisa mencari barang yang dibutuhkan, sambil melihat-lihat pilihan barang yang sesuai, terkait warna, bentuk fisik maupun perbandingan harga. 

Dan hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan scrolling saja. Tanpa harus datang ke toko offline lalu mondar mandir untuk memilih dan capek bertanya kepada karyawan toko. 

5. Umumnya orang itu sifatnya malas

Nah, ini merupakan alasan secara psikologis kenapa orang lebih suka berbelanja online sekarang. Ya, semua orang itu menyukai kemudahan dalam melakukan segala sesuatu. Atau bisa dibilang manusia itu umumnya pemalas. 

Ya, malas datang ketoko, malas bertanya, malas gerak, dan juga malas mengeluarkan banyak uang. kalau bisa, ya diminimalkan sebisa mungkin energi yang dikeluarkan.

Dan toko online mewujudkan segala keinginan orang -orang dengan memberikan pelayanan yang memudahkan,dengan hanya melakukan sedikit effort saja. Seperti sulap , hanya dengan satu klik barang yang dinginkan bisa langsung sampai ditempat.

6. Kemajuan teknologi 

Orang bijak mengatakan belilah sesuatu karena butuh bukan karena ingin. Nah untuk dizaman ini tantanganya sangat berat. Karena produk apapun bisa diakses dalam satu genggaman. 

Ditambah iklan-iklan di YouTube, Facebook dan semua medsos yang terus muncul setiap hari. Secara tidak disadari mempengaruhi alam bawah sadar seseorang. Termasuk menjadikan seseorang jadi lebih konsumtif.

Kesimpulan 

Adanya toko online memberikan berbagai kemudahan dalam mencari barang yang dibutuhkan. Hal ini tentu disambut baik oleh banyak orang. ditambah lagi harga yang lebih murah dari toko offline menjadikan orang semakin menyukainya.

Tetapi apabila kita tidak memiliki kesadaran membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Gempuran toko online dapat menjadikan kita manusia konsumtif. 

Jadi apabila merasa sudah terlalu boros dalam pengeluaran sebaiknya hentikan dulu kebiasaan belanja online. Kalau bisa uninstall sementara aplikasinya. Nanti kalau butuh bisa diinstall lagi kemudian hari. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “6 Alasan Orang Lebih Memilih Membeli di Toko Online Daripada Offline”

  1. Ping-balik: 5 Rekomendasi Website Toko Online Gratis Agar Jualan Semakin Laris – Kadjiro

Tinggalkan komentar