Cara Jualan di Shopee Agar Cepat Laku ( Terbaru 2022)

TRISULA

Cara jualan di shopee

Kadjiro.com – Jika anda sedang mencari panduan cara jualan di shopee dari awal sampai berhasil menjual produk. Maka anda sedang berada di artikel yang tepat.
Caranya mudah semua orang dapat melakukanya hanya bermodalkan handphone, internet dan produk yang ingin dijual sobat sudah bisa menghasilkan uang jutaan rupiah.

Hanya dengan upload produk dishopee. 
Tetapi selain itu sobat harus mengetahui tata cara agar mendapatkan banyak pembeli. Tanpa teknik-teknik yang dikuasai, toko sobat akan sulit bersaing dengan kompetitor yang mempelajari teknik berjualan dishopee.
Bagaimana tertarik untuk mempelajarinya? Kali ini saya akan memberikan tips nya gratis untuk sobat. Oke tanpa berlama-lama mari kita mulai langkah
langkahnya. Panduan cara jualan di shopee agar cepat laku

Jika anda masih sangat pemula dalam berjualan dishopee. Jangan khawatir anda tetap bisa memahaminya dan mempraktekannya karena caranya sangat mudah. Oke tidak perlu berlama-lama simak panduanya dibawah ini.

1. Mendaftar akun toko shopee

Langkah pertama untuk dapat jualan dishopee adalah mendaftar akun shopee dengan cara memasukan nomor handphone dan email yang aktif. Kemudian masukan kode otp yang dikirimkan ke nomor hp untuk melakukan verifikasi.

Setelah nomor hp dan email terdaftar, kamu hanya bisa menggunakannya untuk membeli saja, untuk dapat berjualan kamu masuk ke langkah kedua 

2. Membuka toko shopee

Caranya masuk ke  “Saya > Toko saya > Seller center > profil toko

Kemudian isi nama toko dengan nama yang unik dan mudah diingat. Deskripsi toko untuk menjelaskan jenis produk apa yang ingin dijual. Dan setinggan seperti  jam operasional toko , jenis pengiriman semua isi dengan jelas untuk memudahkan pembeli. Kemudian masukan nomor rekening untuk pencairan dana dari produk yang berhasil terjual. 

3. Upload produk 

Setelah berhasil membuat toko selanjutnya upload foto produkmu. Pastikan fotomu menarik dan cukup menjelaskan gambaran produkmu. 

Caranya : klik menu “Saya > Toko saya > Tambah produk baru > 

Isi nama produk ,unggah foto, deskripsi produk ,kategori , ongkos kirim/jasa pengiriman dll. Isi dengan lengkap dan jelas setelah itu klik tampilkan. Maka produkmu sukses terupload di toko shopee. 

4. Promosikan produk 

Untuk membuat toko mu laku keras tidak cukup dengan menggunggah produk saja. Langkah selanjutnya kamu harus mempromosikan produkmu. Manfaatkan sosial media untuk menjangkau lebih banyak pembeli.  Banyak trik trik yang bisa kamu lakukan untuk menarik calon konsumen.  Cantumkan kelebihan produkmu atau kasih bonus diskon supaya calon konsumen lebih tertarik.

Baca juga : Cara Menentukan Harga Jual Produk

Setelah berhari -hari kamu mempromosikan produkmu. Akhirnya ada pesan chat yang masuk. Segera tanggapi pesan itu jangan terlalu lama membalas pesan karena bisa jadi orang akan pindah ke toko lain. Orang sudah effort mengirim pesan itu artinya orang itu benar benar tertarik pada produkmu. 

Bagaimana Proses pembelian dan pengiriman

Cara jualan di shopee

Kamu juga harus tahu bagaimana proses orang itu bisa menemukan produkmu sampai akhirnya membeli. Untuk pembelajaran jika ingin produkmu yang lain mudah ditemukan dan terjual.

Kira-kira begini proses nya : 

1. Orang mencari produk di kolom pencarian

Ketika orang  ingin membeli sepatu futsal murah, maka dia akan mengetikan “sepatu futsal murah” . Yang harus kamu lakukan agar produk mu mudah ditemukan adalah dengan membuat judul produk sesuai dengan kata kunci yang sering diketikan calon konsumen. Kamu dapat mengetahui kata kunci yang sering diketikan orang dari shopee related search yang biasanya muncul otomatis ketika mengetikan sesuatu dikolom pencarian. 

2. Menemukan produk mu

Setelah kata kunci yang kamu buat tepat sasaran produk mu akan muncul berdasarkan kata kunci itu. Orang mungkin akan scrol -scrol kebawah mencari harga termurah. Dan akhirnya ketemu dengan produkmu karena foto yang menarik dan harga murah.

3. Melakukan chat ketersediaan dan pertanyaan lainya

Orang tidak akan langsung melakukan check out barang. Tetapi menanyakan dulu lewat pesan ketersediaan barang dan kondisinya. Sebagai penjual yang baik harus membalas pesan dengan cepat. Karena bisa jadi pembeli sedang menunggu dan membutuhkan barang itu. Jangan sampai calon konsumen pindah ke toko lain. 

Setelah kamu memberi tahu ketersediaanya mungkin orang akan langsung melakukan pembayaran. 

4. Pemesanan barang 

Ketika ada pesanan masuk akan muncul notifikasi pada aplikasi. Segera buka dan ikuti prosesnya. Setelah kamu mengkonfirmasi pemesanan atur metode pengiriman. Ada dua pilihan kamu mengantar langsung ke gerai jasa kirim atau metode pickup barang yaitu dijemput oleh kurir. Saran saya bila barang telah siap langsung saja Antar ke gerai. Karena metode pickup sering terlambat pengambilanya , bahkan saya pernah sampai berhari-hari.

5. Packing barang dan cek pengiriman

Setelah itu lakukan packing barang yang super aman. Untuk menjaga-jaga barang rusak karena kita tidak tahu apa yang dilakukan oleh kurir ekspedisi. Pernah dengar katanya ada oknum yang menurunkan paket dengan cara dilempar-lempar. Jika barang mudah pecah kasih peringatan pada peketnya “paket mudah pecah”.

Setelah barang dikirim anda dapat mentracking posisi barang sudah sampai mana dari aplikasi shopee pada status pengiriman. Harap untuk bersabar karena estimasi waktunya tergantung seberapa jauh lokasi. Biasanya 2-5 hari barang sudah sampai. 

6. Barang dikonfirmasi pembeli 

Setelah menunggu akhirnya barang sampai ke pembeli tetapi uang belum bisa dicairkan karena masih menunggu konfirmasi pembeli. Bisa jadi pembeli masih mengecek kondisi barang apakah normal atau ada cacatnya. Bila ada cacatnya pembeli dapat melakukan retur produk. Tetapi bila barang sesuai deskripsi, pembeli tentu akan langsung melakukan konfirmasi dan uang dapat langsung dicairkan ke akun shopeemu. 

Nah, itu dia panduan cara jualan di shopee  agar cepat laku beserta proses-prosesnya dari awal pendaftaran sampai bisa menjual produk dan uang bisa masuk ke akun shopeemu. Gimana ? Mudah bukan!  Selanjutnya saya akan memberikan tips untuk menaikan omset penjualan dibawah ini : 

Startegi jitu jualan di shopee agar cepat laku 

Cara jualan di shopee

Siapapun pasti ingin produknya banyak pembeli. Nah,kali saya akan memberikan startegi menaikan penjualan bukan hanya sekali tetapi berkali-kali lipat hingga terjual ribuan. Apa strateginya ? Yaitu membangun reputasi toko.

Kenapa membangun reputasi toko penting ?

Karena calon konsumen tidak ingin membeli produk dari toko yang tidak jelas. Misalnya penjualan masih nol atau rating dan ulasan belum ada. Maka dari itu anda perlu mempelajari cara menaikan reputasi toko untuk membuat calon konsumen tertarik dan percaya kepada toko anda.

Bagaimana caranya? Simak dibawah ini : 

1. Mempelajari toko kompetitor 

Sebelumnya anda lihat hasil teratas dari pencarian kira-kira apa yang anda pelajari dari toko-toko tersebut yang tidak ada pada toko anda. Apakah jumlah penjualan , rating ulasan, atau settingan tertentu. Anda tentu dapat membedakannya sendiri. Jika begitu segera lakukan perbaikan untuk membuat tokomu sama dengan seller top dipencarian.

2. Suruh teman untuk membeli produkmu

Cara jualan di shopee

Rating sebuah toko sangatlah penting untuk membuat orang percaya. Bagaimana anda bisa mendapat rating dan ulasan kalau jumlah penjualan masih nol. Caranya adalah dengan meminta teman-teman terdekat untuk melakukan pembelian lewat shopee. Jika ada orang dekat yang tertarik dengan produkmu arahkan untuk membeli lewat shopee. Dan suruh untuk memberikan ulasan dan rating yang bagus. 

Ini cara yang diperbolehkan karena murni sebuah pembelian. Tetapi ada sebagian orang yang melakukan cara curang untuk menaikan reputasi toko secara cepat yaitu dengan melakukan fake order. Apa itu fake order? Yaitu pemilik toko melakukan pembelian sendiri , caranya dengan menurunkan harga dan melakukan pembelian dalam jumlah besar. Anda perlu hati-hati dengan toko yang jumlah penjualanya ribuan tetapi ulasan dari pembeli bisa dihitung jari. Bisa jadi itu toko yang melakukan fake order. Jangan anda melakukan cara seperti itu karena bila Ketahuan pihak shopee akun anda bisa terkena banned.  

3. Bakar duit untuk menarik pelanggan 

Kebanyakan penjual shopee memasang harga-harga yang sangat murah. Kadang saya heran darimana dia mendapatkan keuntunganya. Bisa jadi toko tersebut melakukan bakar duit. Yang saya maksud bukan bakar duit beneran dibakar ya, tapi menurunkan harga dibawah pasaran dengan tujuan menarik banyak pelanggan. Apabila penjualan naik drastis dan menerima banyak ulasan dengan rating yang bagus. Otomatis reputasi toko akan naik. Hasilnya tokomu akan direkomendasikan oleh shopee menjadi top seller.  Dan perlahan akan naik ke posisi atas pencarian. 

Tujuanya memang untuk Menaikan reputasi toko agar lebih direkomendasikan shopee. Setelah itu anda bisa menaikanya lagi ke harga normalnya sesuai dengan pasaran. 

Memang untuk awal-awal berjualan harus berkorban mengalami kerugian tetapi untuk jangka panjang cara ini bagus untuk kemajuan tokomu. 

4. Kasih harga coret atau diskon besar 

Cara jualan di shopee

Apa itu harga coret ? Ada sebuah fitur dishopee dimana harga asli dicoret diganti dengan harga baru yang lebih murah. Ini sama seperti gimik diskon. Hal ini tentu akan lebih menarik seseorang untuk membeli produk dari pada memasang harga normal saja. Orang -orang yang awalnya tidak niat untuk membeli tetapi karena ada gimik diskon harga coret akhirnya melakukan pembelian. Karena pola pikir manusia “mumpung” diskon jadi akan sulit melewatkannya. 

Jika kamu memang ingin memberikan diskon pada sebuah produk. Misalnya harga awal 100rb lalu kamu aktifkan diskon 50% maka harganya menjadi 50rb. Tetapi jika kamu hanya ingin membuat gimik diskon saja pada sebuah produk seharga 100rb, caranya naikan dulu harganya menjadi 200rb kemudian baru aktifkan diskon 50% . Jadi kamu tetap akan mendapatkan harga normalnya. Itu salah satu tips yang bisa kamu coba. 

Cara settingnya masuk Toko Saya > Promosi Toko > Promo toko > Buat promo diskon baru.  Isikan nama promonya dan jangka waktu promo berlaku. Kemudian pilih berapa persen diskonya.  Lalu tambahkan produk yang ingin diaktifkan diskon. 

Ingat jangan berlebihan memberikan diskon karena itu melanggar kebijakan shopee. Jika dirasa berlebihan akan muncul pop up pemberitahuan. 

5. Aktifkan fitur voucher promo diskon 

Cara jualan di shopee

Dengan mengaktifkan promo diskon tentu akan lebih menarik dari pada tidak ada. Jadi manfaatkan itu untuk menggaet banyak pembeli. Dan hal itu akan membuat orang senang karena diberi diskon. Walaupun diskon hanya 5rb sampai 10rb tapi efeknya sangat besar. Orang akan lebih memilih toko yang memberikan promo diskon walaupun itu kecil. Karena orang indonesia sangat menyukai hal-hal yang berbau promo/diskon.

Cara mengaturnya pilih Toko saya > Promosi Toko > Voucher > buat voucher baru.  kemudian ada dua pilihan voucher Toko dan voucher produk.  Pilih dan tentukan jumlah voucher diskon yang diinginkan. 

6. Aktifkan semua pilihan jasa pengiriman dan metode cod

Dengan mengaktifkan banyak pilihan jasa kirim tentu akan lebih disukai pembeli. Karena setiap jasa kirim memberikan tarif yang berbeda-beda. Orang akan lebih menyukai jasa kirim langganannya. Jika jasa kirimnya tidak tersedia orang tersebut bisa saja beralih ke toko lain. Maka dari itu aktifkan saja semuanya tidak ada ruginya.

Ada juga orang yang menyukai pembayaran via cod. Karena dinilai lebih gampang tidak perlu transfer-transfer ke atm. Jadi aktifkan saja pilihan cod pada settingan.

7. Berikan budget untuk saldo iklan shopee

Jika tokomu ingin nangkring diurutan paling atas pencarian. Caranya dengan memanfaatkan fitur iklan shoppe. Dengan memanfaatkan itu jualan di shopee akan cepat laku dan omset akan meningkat drastis. Dengan mengisi saldo iklan, tokomu akan direkomendasikan oleh shoppe diposisi paling atas. Dimana akan langsung terlihat ketika orang mengetik dipencarian. Cara ini sangat efektif untuk menaikan omset penjualan tetapi harus mengeluarkan budget untuk menggunakanya. 

Caranya masuk ke Toko saya > promosi toko > Iklan shopee . Kemudian ikuti saja semua tahapan untuk mengaktifkannya. 

Tanpa reputasi yang bagus toko anda akan sulit bersaing dengan kompetitor. Shopee cenderung merekomendasikan toko yang memiliki jumlah penjualan yang tinggi dan ulasan yang bagus. Maka dari itu perlu mengetahui tips-tips diatas untuk menaikan reputasi tokomu dimata pembeli dan algoritma shopee. Sehingga produkmu di shoppe akan lebih cepat laku. Maka dengan berjalanya waktu akan mungkin untuk mencapai ribuan penjualan. Tunggu apalagi segera praktekan dan lihat hasilnya. Semoga artikel cara jualan di shopee ini bermanfaat jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar