9 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka yang Mudah

Anggi Novita Sari

Kadjiro – YouTube menjadi salah satu platform berbagi konten yang saat ini sangat populer. Ada beragam konten yang disajikan bukan hanya sebatas hiburan, tapi juga ada unsur informasi dan edukasi. Tidak heran, ketika YouTube menjadi platform yang paling digemari oleh kalangan masyarakat. 

Namun ada kalanya beragam konten YouTube tersebut tidak bisa diakses di beberapa perangkat, baik yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Bahkan, konten tersebut juga tidak dapat diakses dari komputer, laptop dan smart TV

Apabila sudah begitu, kamu jangan langsung panik. Cek terlebih dahulu penyebab dan permasalahannya. Sebab, ada beberapa faktor konten YouTube tidak dapat dibuka. Bagi yang dengan cara mengatasi penyebab YouTube tidak bisa dibuka, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka 

Sebagai berikut adalah 9 cara mengatasi YouTube tidak bisa dibuka yang bisa kamu lakukan : 

  1. Mengecek Koneksi Internet 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet. Apakah perangkat kamu mempunyai koneksi yang baik atau justru bermasalah. 

Apabila menggunakan jaringan WiFi, pastikan perangkat kamu sudah terhubung dengan jaringan WiFi tersebut. Begitu juga, ketika kamu menggunakan data seluler. Pastikan paket data kamu sudah aktif dan periksa jaringan operator seluler yang kamu gunakan. 

  1. Membersihkan RAM 

Periksa juga kondisi RAM, apakah cukup memadai atau justru sudah penuh. Jika sudah penuh, sebaiknya kamu menghapus file sampah atau file yang tidak terlalu penting supaya performa smartphone kamu tetap optimal. Selain itu, kamu juga bisa membuat aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan. 

Apalagi konten di dalam YouTube menampilkan konten video yang membutuhkan RAM perangkat yang cukup;.Sebab, jika RAM di perangkat kamu tidak memadai, maka sangat mungkin terjadi crash dan tidak bisa memutar konten YouTube yang diinginkan. 

  1. Menghapus Data Aplikasi YouTube 

Selain menyimpan cache, Youtube juga menyimpan berbagai data berupa konfigurasi, informasi akun dan thumbnail video. Hal ini akan memberatkan memori perangkat ponsel kamu. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu menghapus data dari aplikasi YouTube tersebut. 

  1. Install Ulang Aplikasi YouTube 

Penyebab lain yang mungkin saja terjadi di aplikasi YouTube adalah tidak terinstall dengan baik. Karena ada kesalahan di dalam proses instalasi YouTube, sehingga aplikasi yang satu ini tidak dapat berjalan dengan lancar. Maka dari itu, sebaiknya kamu melakukan instalasi ulang aplikasi Youtube. 

  1. Update Aplikasi YouTube 

Google, sebagai pemilik YouTube, secara rutin memperbarui aplikasi berbagi video yang paling populer satu ini. Apabila kamu belum pernah melakukan pembaruan aplikasi YouTube sebelumnya, sangat mungkin aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dengan optimal. Maka dari itu, sebaiknya kamu melakukan pembaruan supaya bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan berbagai fitur terbarunya. 

  1. Memeriksa Aktivasi Domain 

Terkadang YouTube tidak mau dibuka dengan memberikan pemberitahuan “Kamu tidak dapat masuk YouTube dengan akun Google”. Ini artinya akses kamu sudah dibatasi dengan pihak administrator. 

Maka dari itu, periksa aktivasi domain di dalam aplikasi YouTube. Jangan-jangan akses kamu ke YouTube sudah diblokir. Maka dari itu, beri tahu administrator domain untuk menambahkan layanan agar kamu dapat membelinya dengan akun emailmu. 

  1. Memulihkan Akun YouTube 

Alasan lain mengapa YouTube tidak dapat dibuka adalah akun tidak dapat diakses karena ada peretasan. Maka dari itu, ada baiknya kamu memulihkan akun kamu. Untuk melakukannya, kamu bisa membuka alamat email akun YouTube dan klik “keamanan dan pemulihan”. Setelah itu, sistem akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk melakukan konfirmasi bahwa akun tersebut adalah milik kamu dan melakukan langkah pemulihan lebih lanjut hingga mereset kata sandi.

  1. Menggunakan VPN 

Terkadang, kamu mungkin menghadapi masalah di saat mencoba mengakses Youtube karena pembatasan geografis atau sensor pemerintah. Di dalam situasi seperti ini, kamu mungkin melakukan pertimbangan untuk menggunakan Virtual Private Network (VPN). 

VPN memungkinkan kamu untuk merubah lokasi fisik secara virtual dengan mengarahkan lalu lintas internet melalui server di lokasi lain. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengatasi permasalahan pembatasan geografis dan mengakses konten yang mungkin dibatasi di wilayah kamu. 

Namun, perlu kamu ingat bahwa penggunaan VPN harus sesuai dengan hukum setempat. Bahkan, ada juga beberapa layanan streaming seperti YouTube yang mungkin mempunyai kebijakan terkait penggunaan VPN. 

  1. Menghubungi Layanan Dukungan YouTube 

Apabila kamu menghadapi masalah di saat mengakses YouTube setelah memeriksa koneksi internet dan mencoba menggunakan VPN (jika diperlukan), langkah terarkhi yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi layanan dukungan YouTube. YouTube biasanya akan menyediakan berbagai cara untuk menghubungi dukungan, seperti melalui email, formulir kontak atau forum komunitas. 

Kamu bisa menjelaskan masalah yang kamu alami dengan detail dan mencari bantuan langsung dari tim dukungan YouTube. Mereka bisa memberikan panduan lebih lanjut atau memberitahu kamu, ketika ada masalah teknis yang sering terjadi di pihak mereka yang mempengaruhi akses ke platform tersebut. 

Menghubungi layanan YouTube merupakan langkah yang paling akhir, ketika masalah kamu tidak bisa dipecahkan dengan langkah-langkah sebelumnya. Sangat mudah, bukan? 

YouTube tidak bisa dibuka ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti koneksi yang buruk, masalah pada provider dan masalah pada perangkat. Namun, ada satu cara untuk mengatasi masalah ini dengan cara melakukan troubleshooting

Jika semua cara sudah dicoba tapi masalah tetap masih berlanjut, sebaiknya menghubungi layanan dukungan YouTube. Dengan begitu, kamu bisa menikmati video favorit kembali di dalam waktu singkat. Selamat mencoba dan semoga berhasil,ya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar