cara menggunakan headset bluetooth dan tws sangat mudah

TRISULA

 

cara menggunakan headset bluetooth

headsets bluetooth kini sudah banyak penggunanya karena dinilai lebih praktis dan tidak ribet dibanding headset kabel. atas kepraktisan tersebut orang orang sekarang lebih memilih untuk menggunakan headset bluetooth. 

ada beerbagai macam jenis headset bluetooth yang bisa dibeli tentu saja sesuai dengan budget yang dimiliki. kualitas audio dan fitur yang tentu saja membedakan antara headset buetooth mahal dan murah. 

secara umum cara penggunaan semua headset bluetooth itu sama saja. dari yang harga mahal sampai yang murah. nah, apabila kamu baru saja membeli sebuah headset bluetooth tetapi masih bingung cara menggunakanya karena mungkin itu pertama kalinya kamu membeli sebuah headset bluetooth. tenang saja dibawah ini saya akan menunjukan caranya :

Cara Menggunakan Headset Bluetooth 

1. Aktifkan perangkat headset bluetooth

untuk langkah pertama tentu saja dengan menghidupkan headset bluetooth biasanya akan tersedia tombol on pada headset. ketika headset telah hidup umumnya akan ada indikator led yang menyala. untuk jenis tws yang menggunakan touch control kamu bisa menahan sentuhan pada tws hingga lampu led berkedip yang menandakan tws telah hidup. 

2. Nyalakan mode pairing 

untuk headset bluetooth keluaran lama mungkin ada tombol pairing tersendiri untuk bisa terhubung. pada tws model terbaru ketika dinyalakan akan otomatis berada pada mode pairing atau mencari perangkat disekitar yang sudah pernah terhubung sebelumnya. 

3. Aktifkan bluetooth pada perangkat 

selanjutnya nyalakan bluetooth pada perangkat yang ingin dihubungkan dengan headset bluetooth. misalkan pada handphone kamu bisa masuk ke menu setting kemudian pilih konektifitas lalu masuk ke bluetooth. selain itu kamu juga bisa menghubungkan dengan perangkat lainya seperti laptop atau dap apabila support bluetooth. 

4. Cari nama model headset bluetooth lalu hubungkan 

setelah kamu mengaktifkan bluetooth pada perangkat selanjutnya kamu pindai untuk mencari perangkat headset bluetooth. proses ini kadang membutuhkan waktu yang lama jadi harus bersabar, atau mungkin tidak ditemukan perangkat tws. bila kondisi seperti itu kamu bisa menyalakan ulang perangkat dan headset bluetooth. dan lakukan pemindaian ulang. 

5. hubungkan perangkat dengan headset bluetooth 

setelah ketemu perangkat dari pemindaian yang dilakukan kamu bisa langsung menghubungkan.dengan menekan tombol hubungkan maka akan otomatis terhubung antara perangkat dengan headset bluetooth. 

Apabila perangkat sudah pernah terhubung sebelumnya maka akan otomatis terhubung dari ketika hedset bluetooth dan perangkat dinyalakan. jadi tanpa perlu repot repot melakukan pemindaian perangkat. 

6. Headset bluetooth telah siap

setelah sudah terhubung antara perangkat dengan headset bluetooth maka kamu sudah bisa menggunakanya untuk mendengarkan musik atau menelpon. bagaimana mudah bukan cara menggunakan headset bluetooth.

cara ini juga bisa digunakan untuk semua jenis dan merek headset bluetooth termasuk tws {true wireless stereo}yang kini lebih disukai karena ukuranya yang mungil dan bisa dibawa kemana-mana. 

bila kamu masih belum mengerti perbedaan antara headset bluetooth dengan tws, jadi perbedaanya adalah: 

perbedaan headset bluetooth dengan tws 

cara menggunakan headset bluetooth

1. perbedaan tujuan penggunaan 

headset bluetooth memiliki bodi yang menyatu antara kana dan kiri jadi secara berat dan ukuran lebih besar. mungkin bila tujuanya untuk olahraga atau jogging tws tmpak lebih baik karena ukuran yang kecil dan ringan sehingga akn mudah dibawa kemana-mana. 

2. cara charger 

untuk cara chargernya memiliki perbedaan juga. pada headset bluetooth caranya dengann langsung mencolokan charger pada headset. sedangkan pada tws tersedia casing dock yang otomatis melakukan charger apabila dimasukan kedalamnya. dock pada tws memliki fungsi seperti power bank jadi selama daya masih terisi bisa digunakan untuk mencharger tws.

3. perbedaan pada ukuran 

memliki ukuran yang sangat berbeda tws memiliki ukuran yang lebih compact dan rigkas sehingga akan lebih ringan dan cocok di pakai berolahraga. sedangkan pada headset bluetooth ukuranya lebih bongsor tetapi kelebihanya ada pada resolusi audio yang lebih baik karena ukuran diver lebih besar. 

4. pada preferensi penggunaanya 

keduanya sama sama bisa digunakan untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan telepon. headset bluetooth terlihat lebih baik untuk bermain games. sedangkan tws lebih cocok untuk berolahraga atau sebagai teman ketika melakukan perjalanan jauh. 

5. perbedaan fitur 

perbedaan selanjutnya yaitu pada fitur dimana tws dapat digunakakan salah satu budsnya misalkan hanya buds kiri. pada headset bluetooth hal itu tidak bisa dilakukan karena speaker kanan dan kirinya menyatu jadi satu. juga mikrofon pada headset bluetooth hanya bisa digunakan pada laptop dan komputer saja.

itulah beberapa perbedaan antara headset bluetooth dengan tws. alaupun sama sama memakai jaringan bluetooth untuk bisa befungsi namun secara bentuk dan tujuan penggunaanya sangatlah berbeda.

akhir kata demikianlah artikel tentang cara menggunakan headset bluetooth semoga dapat membantu kamu yang masih kebingungan cara memakainya. selain untuk headdset bluetooth cara ini bisa juga digunakan pada tws. 

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “cara menggunakan headset bluetooth dan tws sangat mudah”

  1. Ping-balik: 8 Earphone Wireless Terbaik untuk Menemani Aktivitas Sehari-Hari – Kadjiro
  2. Ping-balik: 9 Penyebab dan Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah – Kadjiro

Tinggalkan komentar