Begini Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

TRISULA

Cara memperbaiki headset mati sebelah

Kadjiro.com – Penggunaan aksesoris handphone sepeti headset memang banyak digunakan oleh orang-orang. Walaupun ditengah gempuran produk tws diinternet, namun buat sebagian besar orang masih nyaman dengan headset bawaan hp yang masih memakai kabel. Karena dinilai secara kualitas suara masih lebih baik dari sebuah Tws.

Atau mungkin harga tws yang masih mahal untuk kualitas terbaik. Maka kebanyakan orang masih setia dengan headset kabelnya.  Namun terkadang ada masalah headset rusak atau yang sering terjadi yaitu putus sebelah. tentu hal ini akan sangat menyebalkan dan mengurangi kenyamanan mendengarkan musik.

Buat sobat yang sekarang sedang mengalami headset putus sebelah. Tenang dulu, jangan buru-buru membuangnya atau mengganti headset baru.

Baca artikel ini sampai selesai, Karana saya akan memberikan tutorial cara memperbaiki headset mati sebelah, mudah dan ngga ribet. Jadi sobat tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli headset baru atau membawanya ke tukang servis. Tetapi sebelum itu perlu diketahui sebenarnya apa sih penyebab headset bisa mati sebelah ?

Penyebab headset mati sebelah

Akibat pemakaian yang terlalu sering atau penggunaannya yang kurang berhati-hati dapat menjadi sebab headset mati. Namun juga faktor kualitas dan umur sebuah headset yang sudah lama menjadi sebabnya . Dibawah ini penyebab umum headset mati sebelah :

1. Solderan lepas karena ketarik
2 . Jalur kabel putus digigit tikus dsb.
3. Kabel sering ditekuk tekuk
4. Headset kemasukan pasir/air
5. Lubang Jack di handphone Rusak
6. Sering dipakai tidur

Cara memperbaiki headset mati Sebelah

Sebelum memperbaiki ada baiknya sobat mempersiapkan alat -alat dasar elektro seperti Solder, Timah, Cairan flux, dan  Avo meter . Alat -alat tersebut dapat dibeli di toko alat listrik terdekat. Harganya juga sangat murah. Sebenarnya tidak perlu membeli semuanya, solder dan timah saja sebenarnya sudah cukup, tergantung akar Masalahnya.

Cek Semua Part-part headset

Cara memperbaiki headset mati sebelah
YouTube: techmanz
Untuk pertama cek dulu bagian – bagian headset, dari mulai kabel, Jack /colokan, kemudian driver / kepala headset.

Selanjutnya setelah ketemu akar masalahnya, kamu bisa langsung memperbaikinya. Biasanya kerusakan yang sering terjadi ada di 3 bagian yaitu kabel, Jack atau colokan dan driver.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa akar penyebab yang sering terjadi pada headset mati sebelah, beserta cara memperbaikinya. Simak dibawah ini :

1. Solderan didalam driver lepas.

Apabila solderan didalam driver lepas maka suara headset akan mati sebelah. jadi cek terlebih dahulu dengan cara membuka casing driver secara pelan-pelan. 
Apabila benar lepas solderan kabel pada driver, lakukan penyolderan ulang dengan hati -hati. Pakai cairan flux supaya timah lebih mudah merekat.

Note : jangan terlalu lama menempelkan solder pada driver, karena driver merupakan komponen yang sensitif yang bisa saja mati karena terkena panas berlebihan.

2. kerusakan pada Jack audio

Cara memperbaiki headset mati sebelah
Bila kerusakan terletak pada Jack audio nya maka harus mengganti dengan Jack yang baru atau bila kamu tidak mau ribet , sekalian beli sepaket dengan kabelnya. Banyak dijual murah kabel headset ditoko online dari yang puluhan ribu sampai ratusan ribu. Pilihan jenis kabel juga akan mempengaruhi suara lho..

3. Jalur di tengah mic putus

Cara memperbaiki headset mati sebelah
Kamu juga bisa cek jalur pada mic biasanya mengalami putus disolderanya. Cara memperbaikinya buka mic pada headset dengan pelan agar tidak rusak, apabila benar ada solderan yang lepas atau kabel putus bisa langsung disolder saja.

4. Driver Rusak

Cara memperbaiki headset mati sebelah
Nah apabila semua jalur kabel dicek memakai Avo meter dan masih normal  selanjutnya, cek pada drivernya menggunakan Avo meter apabila keluar suara keresek pada driver itu artinya driver masih normal. Tetapi apabila tidak keluar suara sama sekali berarti driver sudah rusak atau mati.

Solusi nya apabila mati, sebaiknya sobat membeli headset baru atau mengganti dengan driver baru. di marketplace  tersedia berbagai macam driver headset yang tak kalah bagus dengan headset bawaan hp. Harganya juga sangat murah, hanya puluhan ribu saja tetapi kualitas suaranya sangat bagus bahkan melebihi headset bawaan handphone.

5. Kabel Rusak

Cara memperbaiki headset mati sebelah
Apabila kabel pada headset sudah kusut dan banyak jalur yang putus setelah di cek menggunakan Avo meter. Sebaiknya ganti dengan kabel yang baru. Sobat dapat membeli kabel headset di toko online seperti shopee atau tokopedia.

Ketikan saja kata kunci “kabel headset” nanti akan muncul hasilnya. Pilih yang sesuai dengan budget yang dimiliki, apabila sobat ingin mendapatkan peningkatan kualitas suara lebih bagus.  pilih kabel yang juga bagus tetapi harganya akan lebih mahal.

Akhir kata ..

Itu dia beberapa cara memperbaiki headset mati sebelah. Jadi jangan buru-buru untuk membuang dan membeli headset baru, cek dulu apakah solderan didalam driver ada yang lepas. Hanya modal solder dan timah masalah headset mati akan terselesaikan.  Semoga dapat membantu ya. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar