Begini Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar

TRISULA

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar – Pagi masbos , kipas angin merupakan alat yang banyak dipakai oleh orang Indonesia yang dimana iklim atau cuaca di sini pada musim tertentu mengalami kenaikan suhu. Yang membuat tubuh terasa panas. Sehingga membutuhkan alat bantu udara dingin seperti AC atau kipas angin. 

Untuk penggunaan AC mungkin membutuhkan biaya lebih yang buat kebanyakan orang belum sanggup membelinya. Jadi penggunakan kipas angin sangat cocok untuk kondisi orang diindonesia, yang harganya masih bisa jangkau kebanyakan orang. 

Baca juga : Cara Memperbaiki Blender 

Namun, dalam penggunaan  kipas angin tak jarang mengalami beberapa permasalahan seperti kipas angin tidak dapat berputar. Bagaimana bila kondisi seperti ini dialami. Apakah langsung membeli kipas angin baru atau membawanya ke tukang servis!

Tetapi bila kamu tidak ingin keluar biaya untuk perbaikan , sebaiknya melakukan perbaikan sendiri dirumah. Dengan tutorial cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar dibawah ini, saya jamin kipas angin sobat akan kembali bisa berputar lagi. Simak langkah-langkah nya :

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar 

Pertama, lakukan pengecekan dimana akar kerusakannya supaya lebih mudah dalam perbaikannya nanti. Dibawah ini bagian bagian yang bisa sobat lakukan pengecekan ,lakukan dengan hati-hati dan teliti : 

1. Cek bearing kipas atau klaker pada tutup mesin kipas

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar
Sumber :shopee

Untuk mengetahui kenapa kipas angin tidak bisa berputar hal pertama adalah melakukan pengecekan pada bagian bearing kipas atau klaker pada tutup mesin kipas, jadi pertama sobat harus membongkar kipas terlebih dahulu. Kemudian cek bearing nya apakah ada kotoran atau debu yang menyebabkan dinamo atau mesin jadi macet atau tidak baja berputar . 

Apabila benar ada beberapa kotoran yang menghambat perputarannya , lakukan pembersihan menggunakan kuas atau lap, bila terasa sulit membersihkan nya , Gunakan cairan WD yang banyak dijual di toko bangunan. Cairan itu berguna untuk mengurai kotoran akibat debu ,atau karat pada besi. 

Apabila kondisi bearing sudah rusak parah karena karat tebal atau kocak / goyang goyang , maka bisa ganti dengan bearing baru  yang sesuai dengan merek kipasnya. Banyak tersedia di toko alat teknik terdekat atau dibeli lewat toko online. Harganya bearing satu klaker sekitar 10rban. Tetapi bila sepaket dengan tutup bisa lebih mahal. 

2. Cek pada as rotor kipas angin 

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar
Sumber :tokopedia

Selanjutnya untuk mengetahui akar masalahnya lakukan pengecekan juga pada as rotor kipas. Biasanya kalau kipas ngga bisa berputar atau dengung disebabkan  as rotor mengalami bengkok yang mungkin akibat kipas pernah terjatuh keras. 

Solusinya untuk as rotor bengkok bisa dengan meluruskanya kembali dengan berbagai cara yang bisa dilakukan. Bila tidak bisa dilakukan , bisa membeli as rotor pada toko alat servis. Harganya murah cuma 15ribuan. Sesuaikan dengan merek kipas karena tiap kipas memiliki ukuran as rotor yang berbeda beda. 

3. Cek pada pada lilitan atau gulungan mesin kipas 

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar
Sumber :bukalapak

Selanjutnya Masalah paling parah yang sering terjadi pada kipas tidak mau berputar adalah gulungan kipas mengalami korslet atau gosong/terbakar karena pemakaian secara terus menerus dalam waktu sangat lama.  Untuk kondisi seperti ini dapat dilihat secara langsung dengan mata. Apabila ada tanda-tanda gosong atau berwarna hitam pada lilitan itu artinya mesin sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi. 

Solusinya bila lilitan gosong adalah dengan melakukan spul atau lilit ulang pada tukang spul. Tetapi karena sudah jarang ada tukang spul sekarang ini. Sobat bisa membeli sepaket mesin kipas baru yang banyak dijual di toko alat listrik atau di toko online. Harganya sekitar 60rban tergantung merek kipasnya.

4. Kapasitor melemah 

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar
Sumber :shopee

Bila sobat menemui kipas angin melemah perputarannya atau tidak mau berputar sama sekali itu bisa disebabkan oleh kapasitor yang melemah karena penggunaannya yang sudah sangat lama. Maka kapasitor dapat diganti dengan yang baru, harganya sangat murah dijual ditoko listrik sekitar 6ribuan. 

Untuk ciri-ciri kapasitor melemah biasanya kondisi fisiknya berubah seperti mengering atau menggembung. Namun untuk memastikan sebaiknya langsung mengganti dengan yang baru saja karena toh harganya juga murah .

5.Cek semua jalur Kabel pada kipas 

Cara memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar
Sumber: shopee

Biasanya masalah kipas angin mati atau tidak bisa berputar karena ada bagian jalur kabel pada kipas ada yang putus. Jadi cek semua jalur kabel mulai dari kabel power sampai kedalam kipas. Siapa tahu ada yang putus karena gigitan tikus atau serangga dirumah. Bila ditemukan kabel putus solusinya tinggal dilakukan penyambungan dengan sulasi listrik. Gimana mudah bukan ! 

Tips merawat kipas angin agar awet 

Setelah sobat mengetahui akar masalahnya dan berhasil memperbaikinya, selanjutnya kipas angin dapat digunakan kembali. Tetapi untuk menghindari masalah yang sama berikut tips cara merawat kipas angin agar awet

1. Rajin membersihkan kipas dari debu-debu

2. Memeriksa dinamo secara berkala biasanya banyak serangga yang masuk

3. Rajin melumasi bearing /klaker dengan minyak biar tidak macet dan putarannya lebih kencang.

4. Kalau bisa Hindari penggunaan terlalu lama atau full seharian. Kalau tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Selain menghemat listrik juga menghindari panas berlebihan yang bisa menyebabkan kapasitor melemah.

5. Hindari kipas terjatuh dengan menempatkan ditempat yang jauh dari anak-anak. Biasanya anak kecil ketika bermain sering menyenggol kipas hingga jatuh.

5. Jauhkan dari tempat yang rawan disinggahi serangga atau tikus , untuk menghindari kabel putus karena gigitan. 

Akhir kata .. 

Nah itu dia beberapa cara untuk memperbaiki kipas angin tidak bisa berputar atau berdengung. Jadi jangan buru-buru untuk membeli kipas angin baru atau membawanya ke tukang servis kipas. Setelah mempraktekan tutorial ini sobat dapat pengalaman baru memperbaiki kipas, yang mungkin dapat berguna juga dikemudian hari memperbaiki kipas angin milik sendiri atau disuruh tetangga sobat. semoga dapat bermanfaat terima kasih. 🙂 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar