10 Tips Beli Laptop Bekas, Agar Aman dan Berfungsi dengan Baik

TRISULA

Tips beli laptop bekas
Kadjiro.com  – Masboss .. laptop bagi sebagian orang memang menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan, karena kepraktisannya bisa digunakan dimana saja dan tidak memakan tempat atau ruang yang banyak, berbeda dengan PC yang hanya bisa dipakai tempat itu saja. Karena kepraktisannya itulah laptop sering dipilih sebagai alat untuk bekerja, belajar atau sarana hiburan.

Ada banyak sekali jenis dan tipe laptop yang beredar dipasaran dari berbagai merek. Juga spesifikasi dan harga yang menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaanya, seperti laptop dengan spesifikasi standart akan sangat worth it untuk pelajar, sedang untuk spesifikasi tinggi akan sangat dibutuhkan oleh editor atau gamers yang mengharuskan peforma yang cepat.

Bila sobat sedang mencari sebuah laptop, namun tetap menyesuaikan dengan budget yang ada, maka pilihanya adalah mencari laptop bekas. Bekas bukan berarti kualitas jelek lho… Sobat tetap bisa memiliki laptop yang bagus meskipun bekas pemakaian orang. 

Nah, Agar tidak salah beli atau tertipu dibawah ini saya akan memberikan tips beli laptop bekas lengkap. Sobat tidak perlu menguasai perihal pengecekan hardware atau software yang ribet. Cukup memerhatikan hal-hal penting saja, silakan simak :

Tips Beli Laptop Bekas 

1.  Pilih Toko Atau Penjual yang Terpercaya

Hal pertama dan terpenting dalam membeli laptop bekas adalah memilih toko atau seller yang terpercaya, bila membeli di toko offline pastikan toko tersebut sudah berjualan sejak lama, itu menandakan toko tersebut memang berpengalaman dan terpercaya dibidang jual beli laptop bekas.  

Apabila membeli online pastikan seller memiliki rating dan ulasan yang bagus.
Yang menandakan kepuasan pelanggan yang pernah membeli ditoko tersebut. Jangan memilih toko yang jumlah penjualanya masih nol.

2. Gunakan sistem Cod

Kalau sobat ingin beli laptop bekas utamakan bertransaksi langsung ditempat agar dapat mengecek barang secara langsung dan menyeluruh. hal ini akan menghindari penipuan dan lain-lain. Karena sebuah laptop dibeli dengan biaya yang lumayan besar, jadi hindari transfer uang terlebih dahulu.

Disarankan meminta kepada penjual dibuatkan link shopee atau tokopedia, bertujuan untuk berjaga-jaga apabila barang tidak sesuai deskripsi nanti bisa dilakukan retur atau pengembalian dana.

3. Tahun Keluaran Laptop

Tips beli laptop bekas selanjutnya, jangan beli  laptop keluaran lama, karena biasanya kondisi hardware dan software sudah mengalami penurunan performa. Paling tidak umur laptop tidak lebih dari 3 tahun setelah rilis.

Hal ini juga terkait dengan ketersediaan sparepart, biasanya keluaran lama akan sulit mencarinya kalaupun ada biasanya juga sparepart bekas yang sangat tidak direkomendasikan.

4. Cek Kondisi Sesuai deskripsi

Apabila laptop bekas telah tiba cek semuanya sesuai deskripsi, dari model tipe, pastikan semuanya sesuai dan tidak ada kesalahan pengiriman apabila membeli ditoko online.

Kamu bisa melakukan pengecekan melalui Setting pada laptop , atau ketikan pada command run ( tekan tombol Start + R pada keyboard) kemudian ketikan ‘dxdiag’ , lalu tekan enter.

5. Periksa Seluruh Body

Kemudian periksalah keseluruhan body pada laptop bekas pastikan barang masih mulus dan tidak ada cacat/lecet pada bagian engsel, keyboard, layar, Port lubang dan lainya. Apabila ditemukan cacat pastikan itu lecet ringan, dan bukan lecet parah yang disebabkan laptop terjatuh.

Karena apabila laptop pernah terjatuh tentu akan mempengaruhi kondisi komponen didalamnya. Sepeti mengalami kerusakan dan lain sebagainya ,yang mungkin akan berpengaruh kepada penurunan performa laptop setelah digunakan beberapa bulan kedepan.

6. Periksa Keyboard dan Touch pad

Salah satu bagian terpenting pada laptop adalah keyboard dan touch pad. Untuk kenyamanan melakukan pekerjaan tentu harus didukung dengan keyboard dan touch pad yang masih berfungsi dengan baik. Selain itu biaya ganti keyboard terbilang tidak murah jadi harus benar benar dicek agar bisa digunakan dalam waktu lama.

Pastikan tidak ada tombol yang error atau keras ketika ditekan. Bila ditemukan keyboard yang keras atau tidak berfungsi ada kemungkinan telah diganti dengan versi yang tidak original. Jadi walaupun beli laptop bekas harus tetap memperhatikan keaslian setiap komponenya.

7. Periksa Lcd atau Layar

Lcd merupakan bagian vital dan penting pada sebuah laptop. Periksa secara teliti dari semua bagian layar dari ujung ke ujung, umumnya bisa langsung dilihat dengan mata. Pastikan tidak ada garis garis, atau gradasi warna yang tidak normal.

Cek juga pada saat layar mati dan pastikan tidak ditemukan bintik-bintik, atau muncul warna yang berbeda disetiap sudut layar. Tips mengeceknya bisa juga dengan memasang wallpaper hitam polos dan memastikan tidak adanya perbedaan warna pada seluruh bagian layar. 

Tips lainya untuk mengecek layar laptop bekas itu normal atau tidak dengan melakukan buka tutup pada layar secara pelan-pelan apabila terdapat kedipan layar seperti hitam putih atau kedipan garis yang muncul dan hilang bisa dipastikan kondisi layar sudah mulai mengalami kerusakan.

Jangan mengambil resiko dengan membeli laptop bekas dengan kondisi atau ciri-ciri seperti diatas. Karena dalam beberapa bulan kedepan bisa saja kondisinya bertambah parah. Dan biaya ganti sebuah layar lcd original bisa sangat mahal.

8. Pastikan Laptop Tidak panas

Kondisi laptop mudah panas dapat menjadi indikasi penurunan kinerja sistem pendingin pada laptop. Hal ini bisa membuat performa prosesor dan komponen lainya juga menurun. Efek parahnya apabila digunakan untuk penggunaan yang berat dalam jangka panjang laptop dapat saja mengalami matot alias mati total yang disebabkan oleh prosesor yang rusak parah.

Biaya perbaikan atau penggantian prosesor yang merupakan komponen utama sebuah laptop tentu harganya juga tidak lah murah.

Cara ceknya gunakan laptop dalam penggunaan yang ringan, apabila terasa kenaikan suhu yang tidak wajar maka bisa dipastikan komponen kipas pada laptop bekas  tersebut mengalami penurunan. Segera lakukan pengembalian unit apabila mengalami hal tersebut.

9. Cek kondisi Baterai

Baterai juga memegang peranan penting pada laptop, laptop yang memiliki baterai awet akan lebih nyaman ketika pemakaian diluar ruangan tanpa mencolokkan charger pada stop kontak. 

Ketika baru beli laptop bekas periksa juga pada bagian baterai apabila dalam penggunaan ringan selama beberapa menit mengalami penurunan baterai yang cepat atau ngga wajar, itu artinya baterai telah mengalami penurunan signifikan alias boros.

Bila menemui kondisi seperti diatas yaitu baterai sangat boros biasanya pengaruh dari  umur dan penggunaan laptop tersebut. Hal itu tentu sejalan dengan performa prosesor dan komponen lainya yang juga mengalami penurunan.

Apabila sobat terlanjur membeli laptop bekas dengan kondisi tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan penukaran unit, atau pengembalian uang. 

10. Meminta Garansi

Dan yang terakhir adalah memastikan bahwa toko yang sobat pilih memberikan garansi produk, semakin lama semakin bagus. Demi kenyamanan transaksi karena laptop merupakan gadget yang lumayan mengeluarkan biaya yang besar. Jadi perlu untuk ada jaminan kualitas dan ketahanan selama beberapa waktu kedepan.

Atau sobat dapat membeli laptop bekas yang belum ada pemakaian setahun, karena dengan garansi yang tersisa, apabila ada kerusakan pada laptop biaya perbaikan masih ditanggung garansi.

Kesimpulannya..

Dalam membeli barang second atau bekas pemakaian orang  memang selalu ada resiko resiko yang akan ditanggung. Seperti halnya membeli laptop bekas. Jadi untuk menghindari penipuan dan lain sebagainya penting menjadi smart buyer dengan memperhatikan tips beli laptop bekas seperti yang saya paparkan diatas. Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih .

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar