7 Tips Mencegah Akun Facebook Di Bobol

TRISULA

Sekarang sangat marak terjadi akun Facebook dibobol . Dengan berbagai macam cara dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab diluar sana. Demi mendapatkan data-data pribadi anda. 

Akun Facebook dibobol

Maka dari itu sosial media dibalik berbagai manfaat yang diberikan juga ada kelemahan-kelemahan. Jangan pernah merasa aman ketika berselancar disosial media. Harus tetap berhati-hati dalam menggunakanya. 

Ada berbagai macam kasus seperti akun Facebook tiba-tiba tidak dapat dibuka. Tentu itu pertanda bahaya jika akun Facebook tersebut terhubung dengan akun-akun penting seperti e-wallet, bank dan lain-lain. Anda harus segera bertindak menghubungi pihak facebook, bank dll. Karena bila terlambat scammers (pelaku kejahatan siber) dapat menghilangkan saldo anda menjadi 0 rupiah. 

Tetapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk menghindari scammers dan Phishing di Facebook. Sebelum membaca lebih lanjut tips menghindari Phising di Facebook. Anda perlu mengerti terlebih dahulu alasan kenapa seseorang meretas akun facebookmu.

Kenapa seseorang membobol akun facebook? 

Akun Facebook dibobol

Karena mereka membutuhkan data-data pribadi anda. Mereka dapat menggunakan data itu untuk mengakses ke rekening bank dan akun-akun penting lainya. Keamanan login anda sangat penting untuk berbagai alasan. Salah satunya adalah anda mungkin memiliki kartu kredit atau akun online shop yang terhubung dengan akun facebook anda. 

Setelah scammers mendapatkan informasi penting dari akun. Mereka akan bekerja secara cepat. Dengan alat canggih yang mereka ciptakan untuk mengacak ribuan kata sandi dalam kecepatan per menit. Sampai sesuatu yang mereka harapkan terjadi dan berhasil. Maka dari itu agar tetap aman, anda perlu menjaga informasi pribadi anda. 

1. Hapus Informasi detail di profil facebookmu

Akun Facebook dibobol

Akun Facebook dibobol

Pada zaman dulu facebook tidak masalah mendaftar dengan informasi sedikit. Namun sekarang mereka tidak mengizinkan manusia anonim di websitenya. Jadi berhati-hatilah menuliskan detil informasi diprofilmu. 

Karena informasi dari profilmu banyak menyiratkan kemungkinan kata sandi. Itulah yang coba dipelajari para scammers dengan alat yang mereka miliki. Informasi seperti tanggal lahir, sekolah, pekerjaan ,hobi, minat adalah tambang emas bagi para scammers. 

Akan lebih baik informasi-informasi seperti itu di privasi hanya untuk diri sendiri atau teman terdekat. Atau dihapus saja demi alasan keamanan.  

Mungkin solusi menggunakan akun anonim tanpa menjelaskan riwayat tempat kerja dll di profil akan lebih baik. Anda tetap bisa berkomunikasi lewat Facebook dengan teman yang memang sudah dikenal melalui messenger. 

2. Kelola pengaturan privasi

Akun Facebook dibobol

Privasi adalah sesuatu yang penting. Pahami siapa saja yang boleh melihat data pribadi anda. Jangan diumbar di internet dimana kejahatan siber ada dimana-mana. Dapat menyerang kapan saja. Untuk itu perlu pengetahuan tentang kejahatan scammers dan Phishing juga. 

Anda dapat masuk ke menu pengaturan Facebook. Pengaturan&privasi > Pusat privasi. Nonaktifkan jika informasi pribadi seperti no hp, email dan detil-detil lainya dari publik ke pribadi. 

3. Hapus akses dari aplikasi mencurigakan

Akun Facebook dibobol

Ketika kamu menggunakan aplikasi sering ada perintah menghubungkan ke akun Facebook untuk mendaftar. Jika benar segera periksa daftar aplikasi yang pernah anda hubungkan dengan Facebook hapus saja jika ada yang mencurigakan. Mungkin ada beberapa aplikasi yang tidak resmi lebih baik dihapus saja. 

Caranya masuk ke Setelan&privasi > Setelan >Aplikasi dan situs web. Hapus saja semua yang mencurigakan demi keamanan data-data pribadi anda.

4. Jangan Klik url aneh di Facebook

Akun Facebook dibobol

Anda pasti sering menemui link-link aneh difacebook. Mungkin pada awalnya anda menganggap itu hanya ulah orang iseng. Tapi lebih dari itu , merupakan salah satu cara para penjahat siber menjebak mangsanya. Link-link dengan caption tentang sesuatu yang sedang viral, heboh atau pornografi mereka gunakan untuk memancing orang untuk mengkliknya.

Jadi harap berhati-hati. Jika ingin membaca berita yang sedang viral pastikan langsung menuju website yang kredibel jangan sembarang masuk ke web yang mencurigakan. 

5. Kenali ciri ciri web Phishing

Akun Facebook dibobol
Perbedaan web phising dan asli

Phishing adalah web tiruan yang tujuanya mendapatkan email dan kata sandi dari form login palsu. Untuk mengetahui web phising lihatlah alamat url-nya, ada perbedaan url dengan web aslinya, jangan terkecoh biasanya mereka menggunakan url yang sangat mirip. Seperti penggunaan huruf dobel , facebook.com menjadi ffaacebook.com. 

Tidak mengerti ciri ciri phising akan sangat berbahaya, apalagi akun Facebook yang terhubung dengan akun bank, e-wallet dll.

6.Hanya add atau terima teman yang dikenal

Menambah pertemanan dengan orang baru memang tujuan sebuah platform media sosial. Tetapi harus tetap berhati-hati dalam memilih pertemanan. Kita tidak tahu maksud dan tujuan mereka ingin berteman. Bisa jadi ingin mencari petunjuk informasi untuk bahan peretasan. Jadi hanya memilih teman yang dikenal menjadi langkah bijak untuk bermain sosmed di saat ini.

7. Gunakan Kata Sandi Yang Kuat

Akun Facebook dibobol

Ketika memilih kata sandi sebuah akun kebanyakan orang mengambil dari hal-hal yang mudah diingat. Seperti tanggal lahir , makanan favorit , film dll. Mengkombinasikan dengan karakter huruf dan angka akan memperkuat kata sandi. Buatlah kata sandi yang unik supaya tidak mudah dibobol oleh scammers. 

Jika anda merasa akun Facebook dibobol. Langkah cepat nya adalah segera ubah kata sandi Anda dan keluar dari perangkat yang terhubung dengan Facebook. Biasanya bila ada login dari perangkat yang tidak dikenali akan ada pemberitahuan di menu notification. Jika itu terjadi segera lakukan dengan cepat untuk mengubah sandi. 

Kesimpulan 

Jika semua cara diatas telah dilakukan , maka anda bisa tenang dalam aktifitas berselancar di Facebook. Namun tetap dengan lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakanya. Sambil terus update tentang cara baru kejahatan siber. Semoga informasi ini bermanfaat . Terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar