Penjelasan Apa itu Offlaner dan tugasnya di exp lane

TRISULA

Apa itu offliner

Kabar gembira buat kalian user offlaner yang hobi adu mekanik di exp lane. Karena kali ini saya akan membahas tentang exp Lane. Role yang sering dianggap tidak penting. Padahal kenyataanya sangatlah penting. Karena banyak yang belum memahaminya maka dari itu kali ini saya akan membagikan tips bermain exp Lane yang baik dan benar. Agar kalian lebih berguna dalam permainan. Dan juga untuk menambah wawasan kalian tentang cara bermain exp Lane di meta sekarang yang terus berubah ini.

Posisi offliner atau exp lane memang sering dipandang sebelah mata. Banyak orang menganggap offliner kerjaannya cuma adu mekanik tidak penting. Dan tidak mau membantu war di mid. Ya, itu offliner yang belum tahu tugas sebenarnya bermain exp Lane. 

Baca juga : Build Thamuz dan Counter Thamuz 2022

Seorang pemula yang baru bermain mobile legend mungkin akan bermain seperti itu. Tapi jangan khawatir saya akan memberikan penjelasan apa itu exp Lane, dan apa tugas seorang exp lane di meta sekarang. 

Apa itu offlaner atau exp lane ? 

Kepanjangan dari experience Lane yaitu jalur dari map mobile legend yang akan memberikan exp lebih banyak ketika membersihkan Minion atau membunuh Hero musuh. Orang yang bermain di posisi exp Lane biasa disebut offlaner. Di awal permainan posisi explane biasanya terletak didekat turtle entah itu diatas atau dibawah. 

Untuk menjadi offlaner kamu harus punya banyak hero yang luas supaya lebih bervariasi dalam permainan dan strategi. 

Ada beberapa tipe offlaner dimeta sekarang , seperti dibawah ini :

  • Tipe pick off Seperti Silvana dan Chou yang punya tugas menyerang satu target.
  • Tipe mengacak barisan belakang seperti Yu Zhong, Diroth , Thamuz, Leomord , balmond,  Masha dll. 
  • Tipe badan pada Hero tank seperti kufra , Esmeralda, Uranus , Ruby, khaled, Barats, Akai dll.

Tugas offlaner atau Exp Lane

Jaga Laning tower

Tugas pertama seorang offlaner adalah menjaga Lane agar tidak hancur. Bagaimana caranya?  Kamu harus menangin laning dengan cara bersihin Minion dan cicil-cicil darah lawan. Pilihlah item pertama yang tepat sesuai  lawan supaya dapat survive lebih lama di lane. 

Cut Minion

Ini tugas yang lebih expert yaitu ketika pertama game dimulai langsung fokus untuk cuting Minion, biar apa? Supaya bisa rotasi lebih cepat ke mid atau mencari informasi dimana keberadaan jungler musuh. Usahakan dari cutting minion di dua menit awal sudah mendapatkan level empat. Supaya dapat membantu ketika set up turtle. 

Jangan Berharap Bantuan 

Menjadi exp lane harus kuat dan mandiri Supaya dapat terus memberikan informasi kepada tim. Jangan asal asalan maju tanpa melihat backup mereka. Jangan berharap bantuan teman Karena di early, midlaner dan goldliner adalah prioritas tim karena mereka mudah mati. Jadi tank akan lebih fokus ke kedua role itu.

Waspada Map perhatikan Rotasi Lawan

Ketika fokus membersihkan atau cutting minion penting untuk selalu memperhatikan map. Supaya terhindar dari ganking lawan. Karena ketika exp mati tim akan mengalami banyak kerugian. 

Set Up Turtle / Cari Info Turtle 

Biasanya setelah cuting minion dan cari informasi keberadaan jungler musuh,  Langkah selanjutnya adalah set up turtle. Bila turtle masih free cici-cicil sampai setengah dan mintalah jungler untuk mengambilnya dengan retri. 

Apabila musuh lebih dulu turtle, fokus ganggu junglernya dan mintalah teman  kalian untuk segera datang dan mengkontes turtle. Turtle di mobile legend sangat penting untuk memberi gold tambahan.

Target Prioritas 

Ketika permainan baru memasuki early game, ketika war atau kontes turtle seorang exp lane punya dua target yaitu jungler dan midlaner. Prioritaskan untuk mengganggu  kedua role itu. Kemudian ketika late game target berubah ke arah goldlaner karena dia sudah memiliki damage yang besar. 

Offlaner Dalam Team Fight /War

Rotasi dapetin informasi

Sebelum melakukan tema fight, explaner terlebih dulu rotasi untuk dapetin informasi keberadaan midlaner atau goldlane. Setelah ruang untuk menyerang kedua role itu terbuka, kooordinasikan dengan tim untuk melakukan war. Lakukan Zoning out ke arah midlaner / goldlaner supaya pergerakan mereka terbatas dan tidak bisa memberikan damage. 

Rotasi Incar midlaner/goldlane fokus dan prioritaskan

Kenapa kedua role itu menjadi prioritas explaner, karena dimeta sekarang kedua role itu adalah penyumbang damage terbesar dalam permainan. Jadi usahakan untuk membuatnya tidak bisa ikut dalam team fight. Dan jangan lakukan zoning dari depan karena akan terhalang oleh tank lawan. Cari posisi dari samping/belakang supaya mereka kaget dan susah untuk kabur. 

Menjadi badan Tim 

Untuk Hero Hero tebal seperti Uranus ,Esme atau Barats . Tugas mereka adalah membadani tim dari serangan musuh. Dan paksa musuh untuk mengeluarkan semua source skillnya. Sehingga tidak bisa lagi menyerang kita dan ketika situasi seperti ini Paksakan saja untuk team fight, tim kita akan lebih diuntungkan karena unggul source skill. 

Biasanya ketika musuh sudah mengeluarkan semua source skillnya mereka akan mundur dengan sendirinya. 

Kesimpulan

Untuk mempelajari  bagaimana menjadi offlaner kalian bisa belajar dari pro player indo seperti R7 atau Antimage. Untuk menambah wawasan kalian supaya lebih jago adu mekanik, zoning out , cari informasi dan lain-lain. Dan yang terpenting tugas offlaner bukanlah kill atau damage yang besar. Tetapi ketika berhasil menzoning / menghalangi midlaner supaya tidak bisa ikut war. Tidak masalah mati tetapi berhasil tukar dengan damage dealer musuh.

Sekian pembahasan tentang apa itu offlaner dan tugasnya di exp Lane dari saya apabila banyak Kesalahan mohon dimaafkan. Jangan lupa tinggalkan komentar untuk kritik dan sarannya. Terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar