Mudah! Cara Pasang Set Top Box dan Cara program Tv digital

TRISULA

KADJIRO.COM – Apakah anda sedang mencari cara pasang set to box dan cara program tv digital? Jika iya maka anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena sesuai dengan program pemerintah yang memindahkan siaran tv analog ke digital. Mulai bulan April kemarin.

Cara program tv digital

Orang orang berbondong membeli STB digital karena siaran analog akan dihentikan oleh pemerintah . Makanya saya akan memberikan tutorial cara program tv digital dibawah. baik menggunakan stb atau tanpa stb . Simak baik baik. 

Pengenalan port/lubang di stb

Cara program tv digital

1. Port ANT IN . Masukan colokan antena ke port ini. 
2. Port ANT OUT. Sambungkan ke lubang antena di tv. Fungsinya untuk tetap menerima siaran analog.
3. Port HDMI untuk kabel HDMI dari tv LED. 
4. Port RCA untuk kabel rca dari tv tabung. 
5. Port USB untuk memutar file file dari flashdisk atau USB. 

Cara program tv digital memakai STB

Cara program tv digital

1. Colokan kabel antena ke port ANT IN. 
2.Untuk tv tabung Sambungkan stb ke tv dengan kabel Rca Sama seperti menyambung tv ke dvd. Untuk tv led gunakan kabel HDMI .
3. Tekan power TV dan STB
4. Tekan av pada remot tv tabung.
5. Tekan input pada remot tv LED kemudian pilih HDMI. 
6. Proses awal atau instalasi. Pilih negara Indonesia dan kode pos masing masing daerah. Kemudian Tekan ok pada remot. Tunggu sampai proses pencarian selesai. 

Cara program tv yang support siaran digital 

Pastikan tv support siaran digital. Model tv keluaran terbaru rata-rata sudah mendukung siaran digital. Apabila anda ingin membeli baru Pastikan untuk menanyakan apakah support Siaran digital atau tidak. Supaya anda tidak perlu membeli set top box. Tentunya dengan harga lebih mahal.

Caranya

Sebagai contoh pada merk tv TCL. Untuk merek lain mungkin berbeda tampilan atau urutannya saja. Tapi prinsipnya sama.

Tekan Input pada remot pilih DTV kemudian pilih Setting lalu Pencarian /Auto Tuning . Settinganya : Indonesia , DTV, DVB-T. Tekan Ok pada remot. Otomatis akan melakukan pencarian.

Untuk mendapatkan gambar yang jernih dan Chanel yang banyak perhatikan hal-hal dibawah ini : 

Siapkan Antena indor atau outdor yang bagus 

Ada berbagai macam merek antena dipasaran. Pilihlah yang support sinyal digital. Pada umumnya rata rata yang beredar dipasaran entah itu antena model remote , model jaring , kotak , aluminium sudah mendukung sinyal digital. Tinggal pilih sesuai dengan budget anda.

Kualitas kabel Antena yang bagus

Selain itu kualitas kabel juga mempengaruhi kualitas sinyal, pilihlah yang bagus. Misal tipe coaxial RG6. Biasanya kabel yang bagus itu asli tembaga bukan alumunium.

Tinggi dan arah antena

Arah antena juga mempengaruhi sinyal , pastikan ke arah yang tepat. Anda bisa meminta bantuan orang untuk memutarnya. Selain itu tinggi tiang antena juga berpengaruh bila daerah jauh dari perkotaan. 

Pilih STB yang bagus

Apabila tv yang lama belum support Siaran digital anda dapat menambahkan STB ( Set top box ). Ada berbagai macam merek dipasaran. Cari merek dari brand yang sudah populer seperti Polytron, matrix, Tanaka, visat dll. Untuk mendapatkan kualitas dan fitur yang bagus dan menghindari barang mudah rusak.

Ada juga stb yang dapat terhubung ke internet. Tetapi harganya akan lebih mahal.

Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Rata rata harganya 200 sampai 400rban.

Dan Pastikan anda membeli STB yang sudah memiliki sertifikat dari kominfo. Itu artinya stb dapat menerima siaran digital di Indonesia. 

Kesimpulan

Bagaimana? mudah bukan pasang dan memprogram tv digital. Anda dapat melakukanya sendiri tanpa memanggil tukang. Sekian pembahasan tentang cara memasang set top box dan cara program tv digital . Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar