10 Manfaat Menggunakan Website untuk Pebisnis Pemula

Anggi Novita Sari

Manfaat Website untuk Bisnis 

Kadjiro – Di era digital seperti saat ini, manfaat website untuk bisnis sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Website merupakan salah satu platform penting yang membantu di dalam strategi marketing bisnis kamu menjadi lebih efektif. 

Selain karena bisa menjangkau lebih banyak target customer, website juga dijadikan sebagai media digital yang juga akan meminimalisir biaya atau waktu karena sistemnya sangat fleksibel. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai pentingnya website untuk bisnis, kamu bisa simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

Manfaat Website untuk Bisnis 

Disadari maupun tidak, sebenarnya ada berbagai manfaat website untuk bisnis yang bisa diperoleh oleh para pengusaha. Setidaknya, berikut adalah fungsi website untuk bisnis yang harus kamu ketahui : 

  1. Meminimalisir Biaya 

Pertama dan paling utama, manfaat website untuk bisnis adalah meminimalisir biaya. Sampai disini, mungkin kamu tidak yakin dengan pernyataan tersebut mengingat biaya untuk membuat website selama ini masih terkenal mahal. 

Namun sebenarnya, pentingnya website untuk bisnis adalah kamu tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan iklan di surat kabar yang harganya lebih mahal. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga bisa melihat pasar yang lebih potensial dan efektif untuk memperluas jangkauan pasar. 

Meski pembuatannya cukup mahal, sebenarnya biaya maintenance website untuk usaha kecil masih relatif terjangkau. Adapun estimasi biaya yang ditawarkan, yaitu Rp500.000,00 perbulan. Dengan harga tersebut masih terjangkau bukan?

  1. Hemat Waktu 

Tanpa adanya website, pemilik bisnis mungkin masih membutuhkan waktu lebih banyak untuk menghubungi klien, bertatap muka dan membagikan brosur. Di dalam hal ini, fungsi dari website untuk bisnis adalah membuat katalog online yang bisa memuat banyak informasi tentang produk maupun jasa. 

Selain itu, website juga bisa diakses dengan mudah oleh calon pelanggan tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Jadi bisa disimpulkan, salah satu manfaat dari website untuk bisnis adalah bisa menghemat waktu. 

  1. Mempermudah Akses Informasi dan Pemberitaan 

Manfaat website untuk bisnis selanjutnya adalah mempermudah akses pemberitaan. Sebab, calon pelanggan bisa mengakses semua informasi dari mana dan kapan saja. 

Bahkan di saat waktu yang sama, pelanggan juga bisa melakukan transaksi. Sedangkan pemilik bisnis juga bisa mengelola pesanan dan melakukan pengiriman barang dengan mudah. Cukup efisien dan menarik bukan? 

  1. Mengenalkan Profil Perusahaan 

Salah satu platform digital yang bisa digunakan untuk memperkenalkan company profile perusahaan adalah menggunakan website. Di dalam hal ini, kegunaan website untuk bisnis merupakan menampilkan profil perusahaan secara lengkap. 

Misalnya, produk, jasa atau informasi terbaru secara cepat. Bisa dikatakan, hal ini menjadi salah satu manfaat website untuk bisnis yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan. 

  1. Memberikan Layanan Digital 24 Jam 

Selanjutnya, manfaat website untuk bisnis yang sangat penting bagi pemilik bisni adalah memberikan layanan 24/7 kepada pelanggan. Tentunya, hal ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan rasa kepercayaan para pelanggan 

Di dalam hal ini, kamu bisa menambahkan FAQ atau fitur live chat. Dengan hal tersebut, maka para calon pelanggan atau pengunjung bisa mudah menghubungi pemilik bisnis. 

  1. Sebagai Media Display Produk atau Jasa 

Manfaat website berikutnya adalah sebagai media display produk maupun jasa. Hal ini juga sering disebut dengan portofolio online. 

Dengan memasukkan display produk maupun jasa, pengunjung bisa mendapatkan informasi secara lengkap dan detail. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan testimoni guna meningkatkan rasa kepercayaan terhadap pelanggan. 

  1. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas 

Website adalah media platform terbaik untuk melakukan promosi produk atau jasa. Sebab, website bisa diakses secara global dan bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Berdasarkan perkembangan teknologi dan internet, tidak hanya produk sehari-hari atau jasa saja yang bisa dipromosikan secara online. Akan tetapi, mobil maupun rumah juga bisa diiklankan di dalam website. 

  1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis 

Kegunaan website untuk bisnis selanjutnya adalah meningkatkan kredibilitas bisnis itu sendiri. Kenapa demikian? 

Pasalnya, saat ini semakin banyak para konsumen yang menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, hal ini juga cukup berpotensi untuk meningkatkan kredibilitas dengan menggunakan sebuah website. 

  1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Customer 

Selain bisa meningkatkan kredibilitas bisnis, manfaat website untuk bisnis adalah meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Artinya, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan jawaban yang sedang dicari. 

Bahkan, untuk konsumen juga membutuhkan informasi yang selalu up-date mengenai produk atau jasa. Sehingga, penting sekali untuk para pemilik bisnis menggunakan bantuan website. 

  1. Membantu Persaingan dengan Para Kompetitor 

Tahukah kamu jika mempunyai website ini juga menjadi diferensiasi dengan para kompetitor? Hal ini dikarenakan, website merupakan satu brand identity yang bisa membedakanmu dengan kompetitor. 

Bahkan tidak mungkin, ketika manfaat website untuk bisnis bisa membantumu untuk memenangkan persaingan tersebut. Tentunya, hal tersebut juga harus dibarengi dengan konsistensi untuk meningkatkan optimasi website. 

Di dalam hal ini, kamu bisa melakukan optimasi SEO dengan memanfaatkan fungsi dari pencarian lokal. Tidak ada salahnya, kamu membuat akun pada Google Bisnisku dan selalu update konten yang dibutuhkan oleh pengunjung. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 10 manfaat menggunakan website untuk bisnis. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis pemula yang ingin melakukan promosi terhadap produk dan jasanya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “10 Manfaat Menggunakan Website untuk Pebisnis Pemula”

  1. Ping-balik: 7 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-Tiba Muncul, Mudah! – Kadjiro

Tinggalkan komentar