Daftar Aplikasi Wajib untuk Bisnis UMKM yang Harus Dimanfaatkan 

Anggi Novita Sari

Aplikasi Android untuk Bisnis UMKM

KadjiroMembuka sebuah bisnis rasanya kurang lengkap, ketika tidak disertai dengan beberapa aspek yang bisa menunjang keberhasilan bisnis tersebut. Salah satu aspek yang harus kamu perhatikan di era digital seperti saat ini adalah teknologi. 

Tidak perlu rumit, dukungan teknologi yang dibutuhkan di saat memulai bisnis adalah aplikasi pendukung bisnis. Dengan hadirnya beberapa aplikasi tersebut bisa membantu kamu dan tim di dalam mengelola bisnis supaya berjalan lebih baik dan produktif. 

Di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap mengenai beberapa rekomendasi aplikasi wajib untuk bisnis UMKM. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Aplikasi Wajib untuk Bisnis UMKM 

Memang, untuk mengembangkan bisnis menjadi terkenal bukan perkara yang mudah. Akan tetapi, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi wajib untuk bisnis UMKM di bawah ini supaya proses pemasaran produk berjalan dengan lancar. Berikut daftar aplikasi wajib untuk bisnis UMKM yang harus kamu gunakan :  

  1. Media Sosial 

Media sosial di Indonesia kini semakin berkembang pesat, sehingga membuat para pelaku bisnis memanfaatkan beberapa platform tersebut sebagai tempat untuk memasarkan produk maupun jasanya. Maka dari itu, media sosial adalah aplikasi pertama yang wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis. Misalnya, Instagram dan Facebook. Instagram dan Facebook sudah mengupdate fiturnya untuk membantu penjualan para pebisnis online. 

Fitur Facebook Marketplace merupakan tempat bagi para pengguna untuk mencari, membeli dan menjual barang. Sedangkan, untuk fitur Instagram Shopping berguna ketika ada produk yang berhasil mencuri hati konsumen maka ia bisa langsung mencari dan membeli. Dengan semua fitur yang ditawarkannya tersebut, tentunya kamu bisa memasarkan produk secara lebih luas dan murah. 

  1. Google Drive 

Google Drive adalah layanan penyimpanan file berbasis online. Fungsi dari Google Drive ini sangat beragam seperti menyimpan, berbagi, backup file dalam jumlah besar.  Selain itu, fungsi Google Drive ini rupanya juga sudah mulai menggeser dari peran penyimpanan fisik seperti harddisk atau flashdisk

Untuk perihal ini tentu sangat membantu kamu, ketika ingin membangun sebuah bisnis. Banyaknya referensi ide, foto atau hal lain yang kamu butuhkan suatu hari nanti bisa kamu simpan rapi di dalam aplikasi Google Drive. 

Pada saat menggunakan Google Drive, kamu bisa menyimpan beberapa file dengan kapasitas 15 GB secara gratis.  Selain kegunaanya untuk menyimpan data penting, Google Drive juga bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan file seperti menu makanan secara online. 

Perihal tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM kuliner di era serba canggih seperti sekarang. Bahkan, dengan hal tersebut mempermudah konsumen di saat akan memesan makanan dan tidak harus membaca buku tapi cukup scan barcode saja. 

  1. WhatsApp Business 

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, aplikasi messaging menawarkan WhatsApp for Business. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini bisa digunakan oleh para pelaku bisnis supaya lebih mudah terhubung kepada pelanggan bisnis lainnya. 

Selain mempunyai fitur chat yang sama dengan WhatsApp reguler, perbedaan yang mendasar dari WhatsApp Business adalah memberikan informasi lebih lengkap. Misalnya, jam buka toko, alamat email, situs web dan lain-lain. 

  1. Marketplace 

Aplikasi marketplace sangat penting sekali dimanfaatkan bagi para pemilik usaha UMKM. Selain mempunyai toko fisik yang bisa dikunjungi oleh pembeli, pengusaha pemula juga harus mengawali bisnisnya dengan cara membuka toko online di beberapa aplikasi marketplace. 

Ada beberapa aplikasi marketplace yang populer di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. Beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia biasanya akan memberikan banyak diskon seperti promo akhir tahun, lebaran, hari natal dan hari tertentu lainya. 

Ada juga promo gratis ongkir dan cashback yang sangat beragam mulai dari 10%-75%. Dengan memasarkan produk dari aplikasi marketplace ditambah adanya promo-promo tersebut, maka pebisnis bisa meningkatkan penjualan dengan pesat apabila dikelola dengan baik. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Wajib untuk Bisnis UMKM 

Kehadiran beberapa aplikasi wajib untuk UMKM  akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelakunya. Sebagai berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan aplikasi wajib untuk bisnis UMKM : 

  1. Mempermudah Tampilan Bisnis Digital 

Bagi para pemilik usaha baru atau sedang merintis, mempunyai tampilan bisnis digital yang menarik ini akan menjadi nilai tambah. Akan tetapi, seringkali perintis usaha UMKM belum mempunyai kemampuan visual secara mumpuni. 

Belum lagi adanya keterbatasan di dalam perihal biaya untuk menyewa jasa visual. Padahal, semakin menarik tampilan bisnis yang kamu miliki maka semakin besar potensi untuk menarik pelanggan baru. 

Kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak website maupun aplikasi yang bisa membantu kamu di dalam mewujudkan visualisasi bisnis diinginkan. Membuka bisnis online saat ini tidak lagi sulit untuk dilakukan, karena kamu bisa mengakses ilmu seperti cara mengambil gambar yang menarik. 

Bagi kamu yang mempunyai usaha di dalam bidang kuliner, maka bisa menggunakan layanan ojek online. Tampilkan beberapa foto menarik dari makanan maupun minuman yang kamu jual. Semakin menggugah selera, maka semakin besar juga produk kamu akan dilirik konsumen. 

  1. Mengelola Keuangan Menjadi Lebih Praktis 

Apabila kamu mempunyai usaha, ada banyak hal yang harus ditangani. Dengan menggunakan aplikasi UMKM, kamu bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan hanya dari satu aplikasi saja. 

Mengelola keuangan juga bisa lebih praktis, karena semua sudah tersedia di dalam satu platform terpusat. Pencatatan keuangan, pengelolaan produk dan analisis penjualan bisa dilakukan di dalam satu aplikasi. Hal ini akan lebih praktis, jika kamu harus mencatat keuangan secara manual yang beresiko tinggi terjadinya human error

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai beberapa aplikasi wajib UMKM yang bisa membantu kamu di dalam mengelola bisnis UMKM. Semoga penjelasan diatas bisa menambah informasi bagi para pebisnis pemula,ya.

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “Daftar Aplikasi Wajib untuk Bisnis UMKM yang Harus Dimanfaatkan ”

  1. Ping-balik: 4 Tips Memilih Jasa Desain Website yang Profesional – Kadjiro
  2. Ping-balik: Aplikasi Omnichat, Solusi Komunikasi Bisnis Supaya Semakin Sukses! – Kadjiro

Tinggalkan komentar