Google Bisnisku : Definisi dan Cara Pendaftaran

Anggi Novita Sari

Google Bisnisku : Definisi dan Cara Pendaftaran

Kadjiro – Apakah kamu sedang berselancar dan mencari informasi mengenai cara daftar Google Bisnisku? Bisa dikatakan, seiring perkembangan bisnis digital yang masif, Google Bisnisku menjadi tools penunjang yang cukup penting bagi pebisnis. 

Para pakar mengatakan, bahwa Google Bisnisku secara efektif bisa meningkatkan visibilitas bisnis. Dengan demikian, tentu peluang untuk mendapatkan konsumen baru lebih terbuka dan kesadaran brand target market juga akan terus meningkat. 

Lalu, bagaimana cara untuk mendaftar layanan Google Bisnisku? Yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Mengenal Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan salah satu tools dari Google yang digunakan untuk mempermudah konsumen mengetahui informasi tentang profil sebuah bisnis. Selain itu, tools ini menjadi cara yang paling efektif untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di dalam Google Maps.

Lebih dari itu, penggunaan Google Bisnisku juga secara efektif tidak langsung akan meningkatkan brand awareness target market. Pasalnya di dalam akun Google Bisnisku, para pebisnis bisa menambahkan berbagai informasi penting terkait bisnis seperti nama usaha, alamat, nomor telepon, website dan jam operasional. 

Hal menarik lain dari Google Bisnisku, yaitu fitur review. Fitur ini akan mempermudah para konsumen untuk memberikan testimoni terkait kualitas layanan bisnis yang didapatkan. Bahkan, tingkat kepuasan konsumen juga bisa dilambangkan dengan bintang. 

Dari sisi pebisnis, adanya fitur review ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan. Review yang didapatkan juga menjadi acuan untuk senantiasa memperbaiki layanan dan mengetahui bagaimana respon konsumen dengan pelayanan yang ada saat ini. 

Google Bisnisku juga menyediakan berbagai macam fitur tanya jawab. Tentu saja, fitur yang satu ini cukup efektif untuk mempermudah proses interaksi dengan konsumen secara langsung. 

Tidak hanya itu, target konsumen juga akan mendapatkan informasi tambahan yang sekiranya penting dan belum dicantumkan di dalam profil bisnis tersebut. Oleh karena pentingnya fitur ini, kamu selaku pebisnis sebaiknya harus memberikan jawaban yang relevan. 

Cara Daftar Google Bisnisku 

Dengan fitur penunjang bisnis yang lengkap dan beragam manfaat didapatkan, Google Bisnisku juga bisa menjadi tool yang sebaiknya kamu gunakan terkait pengelolaan bisnis. Untuk mendaftarnya, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah sebagai berikut :

  1. Membuka Laman Google Bisnisku 

Langkah pertama yang kamu perlukan untuk mendaftar Google Bisnisku, yaitu membuka halaman resminya. Di halaman tersebut, kamu akan melihat tulisan “start now” atau “mulai sekarang”. Kamu bisa klik di bagian tombol tersebut agar mulai masuk ke tahap berikutnya. 

  1. Menuliskan Nama Bisnis 

Setelah memilih opsi menu “mulai sekarang” kamu akan berada di dalam halaman yang berisikan mengenai naam bisnis. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan nama bisnis yang sesuai dengan bisnis di bagian tersebut. 

Terkait nama bisnis, pastikan bahwa nama bisnis kamu mudah dan tidak sulit diingat. Pasalnya, nama bisnis yang mudah diucapkan dan diingat ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap tingkat kesadaran brand target konsumen. 

  1. Mengisi Alamat Bisnis 

Apabila kamu sudah selesai mengisi naam bisnis, maka bisa klik opsi menu “next” atau “berikutnya”. Setelah itu, kamu bisa masuk ke halaman berikutnya yang berisikan mengenai nama alamat bisnis. 

Isikan alamat bisnis kamu sesuai dengan toko maupun kantor yang sedang ditempati. Pastikan juga bahwa alamat yang kamu masukkan sudah lengkap. 

Nantinya, kamu akan diminta dengan sistem Google Bisnisku untuk menempatkan penanda sesuai dengan lokasi maupun toko kantor. Titik lokasi ini juga bisa mempermudah konsumen yang ingin berkunjung menggunakan bantuan dari Google Maps

  1. Memasukkan Kategori Bisnis 

Langkah untuk daftar Google Bisnisku berikutnya, yaitu memasukkan kategori bisnis. Kamu juga perlu memasukkan kategori yang sesuai dengan bisnis. Misalnya di saat kamu mengelola sebuah bisnis salon di Semarang, maka kamu bisa memilih kategori “salon”. 

Nantinya, Google akan mengelompokkan bisnis sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan. Dengan begitu, jika ada yang mencari kata kunci “salon di Semarang” maka informasi mengenai bisnis kamu akan muncul di dalam pencarian tersebut. 

  1. Mengisi Detail Kontak 

Setelah menentukan kategori bisnis, kamu perlu mengisi detail kontak. Pastikan bahwa kamu memasukkan nomor telepon maupun HP yang bisa dihubungi oleh pelanggan. Apabila kamu mempunyai halaman website, maka bisa mencantumkan di dalam Google Bisnisku. 

Adanya halaman website ini, kamu akan dibantu di dalam meningkatkan kredibilitas terhadap bisnis. jadi, sebaiknya kamu juga mempunyai halaman website yang khusus untuk bisnis yang sedang dijalankan. 

  1. Memilih Opsi Verifikasi 

Verifikasi Google Bisnis adalah tahapan berikutnya yang harus kamu lakukan. Tahapan kali ini sangat penting dilakukan oleh pemilik bisnis tersebut. Jadi, kamu jangan sampai melewatkan proses verifikasi lain. 

Bukan tanpa tujuan, verifikasi ini dibutuhkan guna menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan. Contohnya, seperti pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi mengenai bisnis. 

Selain itu, bisnis yang sudah diverifikasi ini juga akan dianggap mempunyai reputasi lebih baik dibandingkan lainnya. Disaat kamu sudah mengisi semua informasi dengan benar dan lengkap, maka bisa memilih opsi verifikasi di saat itu juga. 

Isilah nama penerima surat, lalu pilih opsi menu “kirim kartu pos”. Setelah itu, kamu juga hanya perlu menunggu surat dari Google datang ke lokasi kamu. 

  1. Mulai Verifikasi 

Lama pengiriman surat dari Google ini berbeda-beda dan salah satu hal yang mempengaruhinya adalah letak lokasi. Setelah surat tiba di alamat, maka kamu bisa melakukan verifikasi. 

Di dalam surat ini, kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang harus di masukkan di dalam Google Bisnisku. Kamu bisa membuka Google Bisnisku, lalu pilih bagian verifikasi lokasi. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan kode verifikasi yang kamu dapatkan sebelumnya. 

  1. Mengedit Profil Google Bisnis

Setelah tahap verifikasi selesai, kamu bisa mulai melengkapi profil Google Bisnisku. Kamu bisa menambahkan informasi tambahan tentang bisnis kamu di dalam akun tersebut. Misalnya, deskripsi bisnis, foto, jam operasional, fasilitas dan menu. 

Itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara mendaftar di Google Bisnisku. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa menambah informasi, khususnya pemilik bisnis. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar