Match Persib Bandung vs PSIS, Kenapa Goal dewangga Dianulir ?

TRISULA

Persib bandung vs PSIS
Kadjiro.com – Pada pertandingan lanjutan bri liga 1 Indonesia Persib berhasil memenangkan pertandingan melawan psis dengan skor 2-1. Namun ada hal menarik dari pertandingan tersebut. Yaitu goal dewangga melalui umpan throw-in langsung masuk menuju ke gawang. Dan goal tersebut dianulir oleh wasit. Kira-kira apa alasannya ?

Hal ini menjadi perbincangan para netizen ditwitter sampai trending. Komentarnya bermacam-macam ada yang pro dan kontra. Tetapi yang dilakukan oleh wasit tersebut sudah benar sesuai dengan aturan sepakbola diseluruh dunia atau FIFA law of the game.

Menurut law 15 yang tercantum di IFAB Laws of the game 2021/2022 menyatakan sebuah goal tidak bisa dicetak langsung melalui throw-in. Dan bila bola lemparan kedalam masuk ke gawang lawan maka hanya menghasilkan tendangan gawang untuk lawan.

Pada pertandingan tadi lemparan dewangga dapat menjadi goal bila ada salah satu pemain PSIS yang menyentuh bola sebelum masuk ke gawang. Sayangnya bola langsung meluncur begitu saja melalui kedua kaki kiper Persib, yang juga terlihat kaget.

Kemudian ada hal menarik lagi pada pertandingan tersebut yaitu, pada goal penalty Persib yang dicetak oleh David da Silva. Pada percobaan tendangan pertama sempat digagalkan oleh kiper PSIS , namun wasit memutuskan untuk mengulang tendangan sehingga berhasil menjadi goal.

Kira-kira kenapa wasit mengulang tendangan penalty David daa Silva?  Jadi penyebabnya adalah kiper PSIS melakukan gerakan ilegal sebelum wasit meniup peluit pertanda. Jika itu goal maka akan tetap disahkan tetapi pada pertandingan tadi tidak goal, Jadi harus diulang.

Jadi dua keputusan wasit pada pertandingan tadi sudah benar dan sudah sesuai dengan aturan FIFA Law of the game 2021/22. Jadi buat netizen semuanya menjadi jelas ya, jadi ngga usah diributkan lagi. Positifnya adalah hari ini pencinta sepakbola Indonesia mendapatkan pengetahuan baru tentang aturan-aturan dalam sepakbola yang jarang dibahas.

Kenapa jarang dibahas, karena memang momen-momen seperti yang terjadi pada pertandingan persib melawan PSIS tadi. Jarang terjadi disepak bola.

Karena umumnya yang terjadi pada pertandingan sepakbola adalah bermain normal 90 menit , ada goal , pelanggaran , kartu kuning kartu merah dan hal umum lainya yang terjadi disepak bola.

Dengan hasil pertandingan tadi Persib berhasil memperoleh kemenangan pertama , setelah tiga pertandingan sebelumnya yang hanya mampu meraih satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Sementara dikubu PSIS , hasil ini sangat disayangkan karena gagal mendapatkan poin penuh. Setelah sebelumnya berhasil mengalahkan Barito putera FC. Dan gagal memperlebar jarak poin dari tim dibawahnya yaitu Persib Bandung.  (ZR)

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar