Cara Daftar Google News Terbaru dan Pasti di Terima

TRISULA

Cara daftar google news

Kemarin saya mendaftarkan blog ke google news. Kenapa saya daftar google news ? supaya mendapatkan lebih banyak tambahan trafik. Jadi saya mau mencoba menulis artikel jenis berita-berita.

Saya tidak mau membatasi diri dengan membahas satu topik saja diblog ini. Saya masih ingin mengeksplore berbagai macam cara mendapatkan trafik. Hingga nanti ketemu cara yang paling cocok untuk diri saya. Yang nantinya akan saya teruskan sampai beberapa bulan kedepan.

Baca juga : Tips Blog Umur 1 Bulan Bisa Cepat Diterima Adsense 

Tanpa berlama – lama bagi sobat yang ingin mendapatkan trafik dari google news. Maka pertama blog/situs harus memenuhi syarat agar diterima di google news. Kira kira apa saja syaratnya agar di terima google news , simak dibawah ini :

Table of Contents

Cara supaya diterima Google news

Sebenarnya saya tidak tahu pasti syarat pasti sebuah situs dapat diterima Google news. Cuman disini saya hanya berbagi pengalaman pribadi mendaftarkan blog ini dan Alhamdulillah bisa diterima. Menurut pengamatan saya pribadi faktor yang membuat sebuah blog diterima adalah:

Rajin update konten setiap hari baik sebelum dan ketika masa peninjauan.  Ya, dengan rajin update maka sebuah blog akan dinilai sebagai situs yang terus memberikan informasi terbaru. Jadi menurut google akan dikategorikan sebagai blog news.

Dari yang saya baca dari blog lain mengatakan bahwa umur blog harus lebih dari 6 bulan , nyatanya blog ini baru berumur 1,5 bulan dan diapprove.

Tetapi sebelum itu perhatikan juga bahwa sebuah blog harus sudah siap.  jadi jangan mendaftarkan disaat masih dalam pembuatan misalnya, masih melakukan edit template, navigasi dan lainya.

Setelah memahami persyaratannya dan apa saja yang membuat blog diterima , selanjutnya bagaimana cara mendaftar untuk mengirim pengajuan ke google publisher. Simak tata caranya sebagai berikut :

Cara daftar google news terbaru

1. Buka url publishercenter.google.com
2. Pilih +Tambah Publikasi
3. Isi bagian nama publikasi ( contoh : kadjiro news ). Alamat situs dan pilih lokasi.

4. Selanjutnya setelah masuk ke settingan publikasi. Pertama, pilih setting publikasi lalu isi semuanya yang diperlukan seperti :

  • Informasi dasar – isi dengan nama publikasi dan bahasa utama Indonesia
  • lokasi – pilih lokasi indonesia
  • Url properti lokasi situs utama – isi dengan url blog sobat dan lakukan verivikasi google search console.
  • Url properti situs lainya – isi juga dengan url blog sobat. Misalnya, url link label blog.
  • Kontak – isi dengan email sobat.
  • Gaya visual – untuk membuat logo pada tampilan google news supaya terlihat lebih profesional . Kemudian klik “Simpan” dipojok kanan atas.

5.  Selanjutnya Masuk ke pengaturan google berita (belum dimulai ) klik edit , isi semua pengaturan yang diperlukan. Ada pengaturan umum, setelan konten dan tinjau publikasikan.

Umum

A. Informasi dasar- isi bagian “kategori” dengan jenis berita dari blog sobat. Bisa Game, olahraga atau yang lainya.
B. Distribusi – untuk mendistribusikan berita, pilih Indonesia apabila publikasi memuat berita Indonesia. Selanjutnya pilih “izinkan semua properti” . Kemudian klik “simpan”

Setelan Konten

A. Rubrik – Kamu dapat memilih jenis konten yang ingin dimasukan ke google news. Untuk menyinkronkan konten bisa memakai url Feeds, Lokasi web dan video YouTube.
B. Grup Akses – isi nama grub dan tambahkan email sobat. Kemudian klik “simpan” .

Tinjau dan publikasikan

Pada menu ini akan dimunculkan semua settingan yang masih salah atau belum rampung. Kamu dapat klik “tinjau“untuk memperbaiki masalah tersebut.

Setelah semua beres , tombol “tinjau” akan hilang lalu tekan saja publikasikan untuk mengirim permintaan review kepada google. Kita tinggal menunggu saja prosesnya dan notifikasi approve akan dikirimkan ke email.

6. Pada pengaturan label konten isi semua sesuai dengan label disitus sobat. Misal disitus terdapat label mobile legends masukan url label itu untuk membuat label di google news.

7. Setelah selesai sobat dapat menunggu prosesnya sampai menerima notifikasi lewat email. Jika blog/situs sobat memenuhi syarat untuk menampilkan berita di google news. Maka akan tertulis ” Sedang Tayang” pada beranda Publisher Center. Dan Mulai saat itu setiap ada postingan baru di blog sobat, akan secara otomatis masuk ke google news. Biasanya proses review bisa sampai satu Minggu.

Pada saat proses menunggu sebisa mungkin update konten setiap hari untuk menunjukan ke google bahwa kamu memang serius membuat publikasi digoogle news. dengan tips seperti ini biasanya akan pasti diterima seperti pada kasus blog saya ini.

Baca juga : Solusi Gambar Postingan Tidak muncul di google news  

Kira-kira seperti itu cara daftar google news. Supaya sobat bisa mendapatkan tambahan trafik yang banyak dari setiap update postingan berita. Sehingga page view dapat meningkat dan penghasilan dari adsenspun bisa meningkat juga. Itu harapannya , tetapi sebelum itu sobat perlu mempelajari bagaimana menulis konten berita yang menarik sehingga akan mudah di klik oleh orang. Dengan tata cara yang pasti berbeda dengan jenis konten artikel tutorial atau curhatan.

Semoga informasi ini dapat membantu sobat yang sedang bingung bagaimana cara mendaftarkan blog ke google news. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar