cara mencari ide menulis artikel blog saat otak buntu

TRISULA

cara mencari ide menulis artikel

terkadang kita dibuat bingung ketika akan memulai menulis sebuah artikel yang menarik. apalagi buat saya sendiri yang masih baru ngeblog selama 3 bulan ini. ide sepertinya sudah terserap habis pada bulan pertama dan kedua. untuk bulan ketiga ini otak harus berusaha keras lagi untuk bisa memunculkan ide, namun yang terjadi semakin berusaha mencari ide otak malah ngelag. cuma diem dieman saja didepan layar monitor. 

mungkin kamu juga mengalami hal yang sama dengan saya. namun kamu jangan menyerah karena itu. juga jangan berpikir berhenti ngeblog. kondisi seperti itu merupakan ujian seorang blogger. banyak blogger pemula yang memutuskan berhenti menulis karena merasa sudah tidak mampu lagi memunculkan ide. sementara ada beberapa orang yang masih konsisten memunculkan ide- ide tulisan yang menarik. kira kira apa yang membedakan blogger satu dengan yang lainya.

mungkin jawaban saya adalah Tertantang dan MAU BELAJAR. 

buat sebagian blogger semakin merasa susah melakukanya maka yang terjadi semakin tertantang buat mengerjakanya. selanjutnya dia terus mempelajari yang berkaitan dengan blog. dengan banyak membaca artikel tentang blogging.

alhasil pikiran menjadi lebih terbuka lagi  dan dari situ terkadang akan muncul ide untuk bisa dituangkan menjadi tulisan. 

nah apabila kamu sedang mengalami kebuntuan mencari ide tulisan blog, kamu bisa melakukan beberapa tips dibawah ini : 

    cara mencari ide menulis artikel blog saat otak buntu 

    1. buat rileks dulu

    rasanya tidak seperti biasanya, kemarin begitu mudah membuat artikel bahkan sehari bisa menulis 5 postingan. tetapi kenapa saat ini buat memulai satu paragraf saja sulitnya minta ampun. nah, bisa jadi kamu sedang mengalami kejenuhan ngeblog. oleh karena itu bila merasa bosan atau berat buat nulis coba untuk bersantai lebih dulu, cari udara segar diluar seperti jogging atau jalan-jalan keluar supaya otak lebih fresh.

    apabila otak sudah segar biasanya akan mudah mndapatkan ide ide baru buat menulis, sebetulnya salah satu trik menulis produktif itu pintar-pintar kita mengetahui waktu yang tepat untuk memulai menulis. jangan paksakan diri ketika mood sedang buruk karena mau dipaksa bagaimanapun ide akan sulit muncul ketika sedang kurang mood.

    ketika mood buruk lebih baik dibikin rileks dulu dengan berolahraga atau cari udara segar diluar. 

    2. membaca blog orang lain 

    Seorang blogger harus membiasakan juga untuk membaca blog orang lain. dari aktifitas tersebut selain menambah pengetahuan dan ilmu juga bisa memunculkan ide untuk menulis konten di blog kamu. bukan berarti melakukan plagiat konten ya! kamu bisa menulis konten dengan keywords yang sama namun dengan point-poin dan sudut pandang yang berbeda. atau bila ada kesamaan tertentu kamu bisa memberikan nilai lebih seperti penjelasan yang lebih lengkap. 

    sah-sah saja kok mengambil ide konten dari blog orang lain asal tidak plagiat plek. kamu bisa melakukan modifikasi. dan hal tersebut sudah umum dan banyak dilakukan oleh blogger yang sudah terkenal sekalipun. 

    3. mengambil ide dari aktifitas sehari-hari 

    ada banyak lho sebenarnya ide dari aktifitas sehari-hari namun terkadang kita tidak menyadarinya. apabila kamu hobi bermain game, bisa membuat tutorial game. atau pada satu hari kamu sedang membuka rekening bank baru itu juga bisa dijadikan tulisan, karena diluar sana pasti akan ada yang mencari informasi tersebut. 

    4. Dari sosial media 

    sosial media tempatnya orang berbagi segala sesuatu. kamu bisa mendapatkan ide dari postingan akun yang di ikuti. atau cek trending di twitter yang artinya  orang sedang tertarik membahas hal tersebut dari trending itu kamu bisa membahas hal yang masih berkaitan. seperti misalnya ada trending tentang bencana gempa bumi, kamu bisa memberikan panduan cara menyelamatkan diri dari gempa,  dan masih banyak sekali yang bisa di eksplore. 

    5. berbagi apa yang kamu ketahui atau skill 

    apabila kamu ahli di bidang tertentu kamu bisa menggalinya untuk dituangkan kedalam sebuah tulisan. bila saat ini sedang menjalankan sebuah usaha tetentu, kamu bisa memberikan tips memulai usaha, cara menarik pelanggan, menentukan harga jual, dan akan banyak sekali topik yang bisa dibahas dari bidang yang kamu geluti. untuk mempermudah branstorming buatlah mind maping di buku tulis atau di komputer. 

    6. membaca buku

    buku merupakan gudangnya pengetahuan. dengan membaca buku pengetahuanmu tentang suatu hal akan semakin terbuka dan mendalam. selain itu juga bisa menambah perbendahraan kosa kata yang akan meningkatkan kualitas tulisanmu. sangat mungkin dari kegiatan membaca memunculkan ide baru tulisanmu. bisa tentang topik yang dibahas dibuku tersebut, atau membuat ulasan tentang buku yang sedang dibaca. 

    7. menonton film

    selain sebagai hiburan dikala penat dari pekerjaan. biasanya ketika selesai menonton sebuah film pasti meninggalkan kesan tertentu. seperti makna yang disampaikan film tersebut. dari kesan tersebut kamu bisa membuat tentang review film untuk mengajak pembaca menonton juga karena film tesebut memang bagus. atau dari pesan yang disampaikan dalam film dapat kamu kembangkan menjadi ide tulisan. 

    8. menulis jurnal harian

    dalam satu hari kita telah melakukan banyak hal dari mulai bangun tidur sampai akan pergi tidur lagi. sangat disayangkan apabila kita hanya melewatkan kejadian seharian. oleh karena itu setelah aktifitas seharian coba menulis bebas tentang apa yang telah dilakukan. maka biasanya dari hal tersebut akan memuncukan ide untuk dibikin sebuah tulisan. seperti misalnya teringat pada hari itu tidak sengaja ketemu mantan, nah dari kejadian itu bisa lho dikembangkan jadi sebuah tulisan. dan pasti banyak orang yang akan relate dengan kejadian tersebut.

    itulah beberapa tips mencari ide tulisan blog berdasarkan pengalaman pribadi. setelah ide muncul kamu bisa mulai untuk proses menulis. namun, masih ada pr ketika menulis yaitu tentang kualitas tulisan. tak jarang beberapa blogger pemula termasuk saya sendiri gagal menciptakakan konten yang berkualitas. 

    kira-kira kenapa konten berkualitas rendah ?

    kesalahan blogger pemula dalam menulis

    kenyataanya sebagian blogger pemula melakukan beberapa kesalahan yang mungkin tidak disadari dalam proses penulisanya. akibatnya kualitas tulisan yang diposting rendah dan sulit bersaing di page one google. berikut beberapa kesalahan yang pernah saya lakukan yang mungkin bisa jadi pelajaran.  

    1. terlalu berekspektasi tinggi terhadap tulisanya

    sebagian blogger pemula menganggap menulis itu kegiatan yang susah seperti harus memikirkan ide, susunan kata dan kalimat, harus easy reading. menurutku untuk pemula yang utama tulisan harus bisa dibaca oleh manusia dan poin yang ingin disampaikan itu jelas. itu saja sudah cukup untuk membuat postingan blog. jadi jangan terlalu memberatkan diri dengan ekspektasi tinggi akan menghasilkan konten seperti apa.

    2. buru-buru upload postingan

    memang sih ketika bisa posting artikel blog itu rasanya seperti ada perasaan lega. apalagi ketika memiliki target posting beberapa artikel setiap hari. namun itu hanya akan menjadikan tulisan kurang berkualitas karena dalam proses menulisnya ada perasaan terburu-buru. sehingga tulisan kurang lengkap. padahal faktor yang mempengaruhi seo itu termasuk jumlah kata, yang berarti semakin tulisan itu panjang dan lengkap akan medapatkan penilaian positif dari google. 

    3. tidak melakukan editing tulisan 

    salah satu sebab ada tulisan yang kurang enak dibaca itu karena tidak dilakukan edit sebelum upload. nah itu lagi-lagi karena ada perasaan terburu-buru dari mindset target menulis dalam sehari. coba mulai saat ini baca ulang tulisanmu sebelum di posting minimal tiga kali. pasti kamu akan menemukan kalimat yang kurang enak dibaca atau kurang efektif. dari situ kamu bisa menyusun ulang kalimat agar mudah di mengerti.

    4. berfokus pada kuantitas daripada kualitas 

    daripada dalam sehari memposting 3 artikel tipis dengan jumlah 500 kata. akan lebih baik menulis satu artikel tetapi dengan jumlah kata lebih banyak dan penjelasan yang lebih lengkap. dengan konten yang lebih berisi dan lengkap akan lebih mudah bersaing memperebutkan keywords. karena untuk optimasi seo sekarang lebih menekankan jumlah kata dan juga kualitas konten bukan lagi kuantitas. 

    akhir kata .. dalam menulis blog kadang bisa sangat produktif sampai menghasilkan beberapa artikel dalam sehari. tetapi ada kalanya juga otak mengalami kebuntuan mencari ide, bahkan tidak mampu menulis satu paragraf sekalipun. namun jangan putus asa ketika otak lagi mandek, bisa jadi kamu sedang mengalami kebosanan. coba istirahat atau bersantai sebentar buat waktu untuk cari udara segar atau bermain games supaya otak lebih fresh. percaya! ketika otak lebih fresh maka secara ajaib ide-ide baru akan berdatangan sendiri. 

    Also Read

    Bagikan:

    Tags

    Tinggalkan komentar