Tips supaya produktif menulis blog setiap hari

TRISULA

Tips supaya produktif menulis blog setiap hari- Kadjiro.com – bahwasanya segala sesuatu yang sudah jadi kebiasaan akan sulit ditinggalkan. Begitu juga dengan menulis postingan blog. Apabila kamu sudah terbiasa menulis setiap hari, jika lewat satu hari tanpa menulis itu rasanya seperti ada yang kurang.

Tips supaya produktif menulis blog setiap hari

Untuk kamu yang baru memulai menulis blog pada awalnya akan sering merasa malas untuk membuat artikel atau tulisan. Itu hal wajar karena masih belum mengetahui pasti tentang Niche apa yang cocok dengan kamu.

Pada awalnya biasanya mencoba-coba banyak macam topik untuk dibikin tulisan, baik yang disukai maupun tidak. Nanti pada akhirnya akan menemukan topik apa yang paling mudah untuk dikerjakan. Dan itulah topik yang cocok dengan dirimu.

Kemudian menulislah secara rutin setiap hari untuk menambah jam terbang menulismu. Nanti pada akhirnya kamu akan menikmati aktifitas menulis. Dan kamu akan menemukan ciri khas didalam tulisanmu yang berbeda dengan tulisan orang lain.

Tips supaya produktif menulis blog setiap hari

Paksa Diri untuk menulis setiap hari

Penyakit seorang penulis itu kadang hanya menatap layar monitor tanpa melakukan apapun selama berjam-jam tanpa ada kalimatpun yang ditulis.

Hal itu disebabkan oleh pikiran yang terlalu banyak memikirkan sebuah tulisan. Terlalu memikirkan hal teknis seperti  susunan kalimat atau kata.

Percayalah menulis itu hal yang sederhana. Apa yang kamu pikirkan tentang sesuatu, tuangkan saja kedalam kalimat. Seperti sedang mengobrol dengan seseorang.

Menulis seperti sedang berbicara

Bayangkan kamu sedang berbicara dengan seseorang. Bisa bercerita tentang sesuatu, memberitahu informasi terbaru, dan masih banyak lagi yang bisa disampaikan kedalam sebuah tulisan.

Setelah kamu bisa membiasakan menulis setiap hari, kamu bisa mempelajari cara menyusun kalimat yang baik dan benar. Supaya mudah dipahami oleh pembaca.

Perbanyaklah membaca

Membaca merupakan makanan bagi seorang penulis. Apabila seseorang sering membaca buku, blog atau apapun. Maka otomatis pengetahuannya akan luas. Jadi akan semakin banyak kosa kata atau informasi yang diketahui.

Membaca bisa sesuai dengan topik Niche blog , atau tulisan apapun bila kamu memiliki ketertarikan terhadap topik-topik tersebut.

Mengatur waktu menulis

Setiap orang memiliki waktu khusus dimana pikiran bisa lebih fokus melakukan pekerjaan atau menulis. Seperti misalnya pada jam tertentu seperti pagi hari atau malam hari. Ataupun kondisi seperti itemani oleh musik tertentu. Yang bisa menaikan mood ketika menulis. Kamu tentunya akan peka terhadap hal-hal menyangkut kenyamanan diri sendiri.

Mandi dulu sebelum menulis

Percaya atau tidak ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri. Biasanya ketika setelah mandi badan jadi segar dan entah kenapa ide-ide akan mudah keluar. Kamu bisa mencobanya sendiri dirumah dan rasakan perbedaannya.

Buatlah kerangka tulisan

Ketika kamu ingin menulis tentang topik tertentu, pada langkah pertama coba buat kerangka artikelnya mulai dari judul , bagian pembuka , isi atau poin-poin yang ingin disampaikan kemudian informasi tambahan lainya supaya tulisan lebih lengkap.

Dengan seperti itu kamu akan lebih mudah mengeksekusi sebuah tulisan, Karana hanya mengikuti struktur yang telah dibuat sebelumnya.

Berpikir sederhana

Maksud berpikir sederhana yaitu, fokuskan menulis satu kalimat per kalimat agar enak dibaca dan dimengerti oleh pembaca. Bila selesai satu kalimat nanti otomatis akan mengalir sendiri.  Hingga tanpa kamu sadari tulisan sudah berjumlah ribuan kata.

Bila kamu berpikir membuat tulisan itu harus sempurna dengan banyak informasi dan jumlah kata ribuan, akan di khawatirkan otak  beranggapan itu sesuatu yang berat untuk dikerjakan. Hal itulah yang kadang jadi akar masalah kemalasan seorang yang baru terjun didunia blogging. 

Jadi mulai dengan berpikir dari yang kecil-kecil saja jangan muluk-muluk. Berpikir “aku seorang pemula” akan membuatmu lebih nyaman ketika menulis tanpa adanya ekspektasi tertentu.

Istirahat kalau sudah capek

Menulis itu bila terlalu lama juga melelahkan tubuh dan pikiran. Itu sebabnya penting untuk menjeda aktifitas menulis setiap beberapa menit sekali untuk merefresh otak agar jadi segar lagi.

Kalau perlu kasih timer selama 25menit Setiap sesi nya kemudian istirahat untuk relaksasi selama 5 Menit. Kemudian mulai lagi menulis selama 25 menit.

Teknik tersebut dinamakan pomodoro yang sudah banyak dipraktekkan oleh banyak orang. Dan memang terbukti lebih efektif daripada terlalu fokus menulis selama beberapa jam tanpa adanya jeda.

Konsisten menulis akan meningkatkan kualitas tulisan

Nah itu dia beberapa tips supaya bisa produktif menulis setiap hari. Hal yang dilakukan terus menerus akan jadi kebiasaan. Ketika sudah jadi kebiasaan maka aktifitas tersebut akan lebih mudah dan menyenangkan. Jadi tidak ada lagi perasaan berat melakukanya.

Apabila merasa bingung mau nulis konten apa,pertama  riset kata kunci apapun kemudian segera menulis saja tanpa banyak berpikir. Nanti kamu akan heran sendiri loh kok udah sepanjang ini tulisanya. Jadi mulai saja menulis tanpa banyak berpikir.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar