Cara Menulis Review Produk yang benar

TRISULA

Daftar Isi

Cara menulis review produk

Untuk sobat yang masih bingung mengisi blog dengan tulisan apa, sobat dapat mencoba menulis tentang review produk dari produk yang pernah dipakai. Misalnya sobat pernah memakai handphone merk A dan sobat sangat puas memakainya, sobat dapat membagikan pengalaman sobat di blog.

Bisa saja dari pengalaman sobat yang mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan sebuah produk. Dapat diikuti oleh audiens sobat diluar sana. Saling berbagi informasi itu baik. Sebelum lanjut membaca kira-kira apa itu review produk ? 

Apa itu review produk ?

Sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan sebuah produk terkait semua kelebihan dan kekuranganya. Yang disampaikan secara jujur apa adanya berdasarkan pengalaman pribadi atau dari sumber-sumber refrensi yang terpercaya.  

Apa tujuan dari review produk? 

Setiap orang bebas menulis tetang review sebuah produk dengan tujuanya masing masing , namun secara umum tujuan dari review produk adalah keinginan untuk memperkenalkan sebuah produk yang berkualitas. Sehingga akan lebih banyak orang yang mengetahui produk tersebut. Dan manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak orang. 

Selain itu review produk dapat dijadikan sebuah pertimbangan oleh seseorang sebelum membeli. Karena orang biasanya butuh kepastian dari sebuah produk terkait bagus atau tidaknya sebuah produk. Maka dari itu review sebuah produk akan banyak dicari oleh orang diinternet. 

Tetapi Sebelum membuat artikel review produk ada persiapan yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah tulisan yang menarik. Dan kali ini saya akan memberikan beberapa tips supaya artikel yang kamu tulis menarik. Tetapi sebelum itu ada hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menulis review tentang suatu produk. Simak dibawah ini.

Persiapan membuat review produk

1. Riset untuk Mengumpulkan data

Sebelum anda dapat menulis sebuah tulisan tentang review produk alangkah baiknya sobat melakukan riset kecil-kecilan tentang sepesifikasi produk dari detil detil kecil yang mungkin jarang diketahui orang. Dengan cara seperti itu isi dari tulisan sobat akan lebih lengkap dan disukai orang. 

Dengan data data yang telah disiapkan sebelumnya akan memudahkan sobat dalam proses penulisanya. Jadi proses menulis akan lebih menyenangkan dan cepat serta tidak membosankan.

2. Melakukan pengujian

Akan lebih baik bila produk yang akan direview berdasarkan pengalaman pemakaian pribadi. Karena akan lebih mudah dalam menyampaikan kelebihan dan kekuranganya kepada pembaca. Jadi tulisan akan terasa lebih jujur dan apa adanya. 

Bila ingin mereview sebuah produk anda dapat mencoba sendiri terlebih dahulu selama beberapa hari. Setelah itu Baru anda bisa membagikanya kepada pembaca. Dengan cara seperti ini blog review sobat akan lebih menarik dan dapat dipercaya. 

Karena Sebuah artikel review itu yang terpenting adalah kejujuran . Dari kejujuran itu pembaca akan percaya kepada review sobat sebagai pertimbangan sebelum membelinya. 

3. Memberi kesimpulan 

Sampaikan apa saja yang dirasakan selama pemakaian produk dengan jujur , jangan melebihkan-lebihkan atau mengurangi. Karena tujuan review produk adalah untuk menceritakan pengalaman pemakaian produk apa adanya. Yang mungkin akan menjadi pertimbangan seseorang untuk membeli produk tersebut. 

Jadi anda dapat membuat kesimpulan tentang layak atau tidaknya sebuah produk untuk dibeli diharga tersebut. Masih worth it atau tidak untuk beberapa tahun mendatang bila itu tentang produk gadget. 

Setelah selesai melakukan persiapan untuk menulis sebuah produk review , selanjutnya adalah mengetahui struktur rangka tulisan sebuah artikel review produk. Kira kira seperti apa, simak dibawah ini : 

Struktur tulisan review produk 

1. Foto produk yang jelas

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah foto dari produk tersebut. Sobat harus memberikan foto gambar yang jelas dari berbagai sudut supaya pembaca mendapatkan gambaran tentang model produk tersebut.  Perhatikan kualitas gambar yang diupload harus jelas dan tidak buram. 

2. Deskripsikan dengan jelas dan lengkap

Kemudian deskripsikan produk dengan jelas. Mulai dari spesifikasinya baik secara tampilan sampai jeroanya bila review terkait sebuah ponsel. Sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Sesuai dengan pengalaman pemakaian sobat. Jelaskan fitur utama dengan penjelasan supaya pembaca dapat memahaminya. Jangan sampai anda menuliskan fitur sebuah produk tanpa menjelaskan fungsinya. 

3. Kelebihan produk

Pembaca mencari sebuah review produk sebagai pertimbangan ketika membelinya. Jadi penting untuk menyampaikan apa saja kelebihan dari produk. Karena dapat digunakan sebagai perbandingan dengan produk lain. Kira -kira fitur mana yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Kelemahan produk 

Selain menjelaskan kelebihan akan terasa tidak fair kalau tidak membahas juga kelemahanya. Karena mustahil sebuah produk tanpa memiliki kekurangan. Jika sobat tidak menjelaskan kelemahanya review sobat akan dianggap tidak terpercaya. 

Jadi Sampaikan kelemahanya dengan jujur. Sembari memberikan saran, atau sedikit toleransi bila kelemahanya terkait fitur-fitur yang tidak terlalu dibutuhkan. Jadi produk tersebut masih layak untuk dipakai. 

5. Jelaskan pasar produk

Setelah menjelaskan secara lengkap tentang produk berdasarkan fitur, spesifikasi, dan harga. Kira kira produk tersebut cocok menyasar pasar mana. Apakah kelas atas ,menengah atau bawah. Dengan kebutuhan seperti apa, sebagai contoh review ponsel apakah lebih cocok untuk digunakan seorang gamer yang butuh prosesor kuat atau seorang selebgram yang akan lebih membutuhkan fitur fotografi. Jadi sobat harus menjelaskan kira-kira produk tersebut lebih cocok dipakai untuk siapa. 

6. Bagaimana cara membeli 

Setelah membuat kesimpulan untuk target pasar produk , selanjutnya kasih petunjuk bagaimana cara mendapatkan produk tersebut. Apakah dapat dibeli di banyak toko online. Atau hanya dijual ditempat tertentu saja. Maka tunjukan dimana tempat pembelianya. Bila perlu bagikan juga tombol link yang langsung menuju produk tersebut. Ini tujuanya untuk memudahkan pembaca bila ingin langsung membeli produk tersebut. Jadi pembaca tidak perlu repot-repot mencarinya lagi. 

Setelah mengetahui kerangka sebuah artikel review produk itu seperti apa, selanjutnya buatlah review produk yang menarik, sehingga pembaca mendapatkan hal-hal menarik dan sesuatu yang baru dari tulisan sobat. Kira kira bagaimana membuat review produk itu menarik. Silahkan simak dibawah ini. 

Cara menulis review produk yang menarik  

1. judul yang menarik

Judul jangan sampai monoton, buat judul yang menunjukan kelebihan produk seperti Menambahkan kalimat penarik perhatian dibelakang keyword utama. Sebagai contoh 

“spesifikasi Redmi note 5, performa gaming ngebut”. Sobat dapat mengaplikasikan pada semua judul review produk sobat  ,meskipun terlihat sepele tapi efeknya sangat signifikan untuk meningkatkan pengunjung. 

Dengan penggunaan judul yang menarik akan membuat orang tertarik untuk membuka blog sobat pada mesin pencarian. Ibarat nya first impression itu penting dalam dunia bisnis, untuk menarik perhatian diawal.

Selanjutnya pastikan sebuah judul yang menarik perhatian itu memang sesuai dengan produk yang sedang direview. Produk memang benar benar berkualitas. Bukan klikbait yang hanya mencari perhatian diawal tetapi aslinya tidak sesuai yang diharapkan. 

2.Melakukan persuasi 

Tujuan produk review adalah untuk menjelaskan secara detil dan lengkap sebuah produk. Jika sobat mendapatkan klien untuk membuatkan review ,pastikan mengunakan kalimat-kalimat persuasi yang membujuk pengunjung untuk menggunakan juga.

Di awal paragraf sobat dapat menyinggung kebutuhan calon pembeli. Contoh kalimat ” anda ingin mendapatkan ponsel gaming ,dengan harga murah. “Kata murah” menyinggung kebutuhan calon pembeli.

Menyampaikan berbagai kelebihan saat menggunakan produk, contoh ” Layar dengan 6.5 inchi sangat lega digunakan untuk menonton serial Netflix sehingga menjadikan aktifitas menonton film lebih nyaman dan puas” 

Sobat membuat pembaca berimajinasi tentang kebiasaan atau hobi dengan kalimat ” menonton film Netflix“, hal kecil seperti itu dapat membuat pengunjung lebih tertarik dengan produk. Dan masih banyak contoh kalimat persuasi yang bisa sobat explore sendiri dengan gaya bahasa sobat. 

3. Memberikan bukti 

Bukti membuat orang lebih tertarik kepada produk , bukti dapat berupa foto, testimoni orang atau sumber rujukan dari forum yang membahas produk tersebut.Sebagai contoh produk penghilang jerawat , sobat dapat memberikan foto before-after dari pengalaman sobat sendiri ketika memakainya. Atau screenshot testimoni pada komenan ulasan produk di toko online yang menjual produk tersebut. 

4. Membuat perbandingan dengan produk serupa 

Misalnya pada produk smartphone,Dengan membandingkan dengan produk serupa, maka orang akan mendapatkan gambaran lebih jelas lagi untuk memilih produk mana yang worth it untuk dibeli. Berdasarkan kelebihan dan kekurangan, spesifikasi , fitur utama dan yang terpenting harga. Agar harga yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. supaya tidak terjadi penyesalan mengeluarkan budget besar tetapi fitur-fiturnya banyak yang mubadzir atau tidak pernah digunakan. 

Demikian pembahasan tentang cara menulis review produk yang benar. Sebagai awal lakukan persiapan seperti yang saya jabarkan diatas. Kemudian mengetahui struktur tulisan ,dan bagaimana cara mengemas tulisan review produk yang menarik. Semoga tulisan ini bermanfaat jangan lupa tinggalkan komentar untuk kritik dan saran serta diskusi tentang topik ini. Terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar