4 Aplikasi Mobile Pengganti Fungsi Komputer, Sangat Membantu Pekerjaan!

Anggi Novita Sari

Aplikasi Mobile Pengganti Fungsi Komputer 

Kadjiro – Kemajuan teknologi yang kini semakin pesat memberikan pengaruh terhadap perkembangan perangkat mobile. Perkembangan ini juga sangat membantu di dalam menyajikan informasi yang cepat dan efisien, apalagi dengan bertumbuh pesatnya akses jaringan internet. 

Meski perangkat mobile seperti HP maupun tablet mempunyai layar terbatas, tapi penyajian informasinya tidak kalah optimal dengan komputer desktop. Sebab, saat ini banyak aplikasi mobile yang memungkinkan kamu mengerjakan berbagai aktivitas layaknya seperti di komputer. Penggunaannya di HP atau tablet justru lebih praktis dan simpel. 

Contohnya di bawah ini, ada beberapa aplikasi mobile yang menyamai fungsi aplikasi berbasis komputer. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Aplikasi Mobile Pengganti Fungsi Komputer 

Ada 4 aplikasi mobile pengganti fungsi komputer yang bisa kamu gunakan, yaitu : 

  1. Cap Cut 

Cap Cut adalah aplikasi editor video yang mempunyai fungsi lengkap untuk perangkat Android dan mempermudah fase pascaproduksi karya audiovisual. Editor kali ini bisa menambahkan klip, memotong klip, menyesuaikan nilai, menambahkan musik dan stiker. 

Pembuatan video dengan Cap Cut dilakukan melalui edit timeline dan kamu bisa menambahkan beberapa elemen di dalam setiap lapisan untuk memaksimalkan kreasi. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih bagian klip tertentu dan mengeditnya sesuai dengan keinginan. 

Aplikasi Cap Cut mempunyai koleksi lagu dan suara yang bisa ditambahkan di video, juga banyak kumpulan stiker serta font supaya video semakin asyik. Setelah beres melakukan edit, kamu bisa mengetuk opsi “Export” untuk membagikan video ke jaringan media sosial seperti TikTok dan Instagram. 

Pada saat menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat video berkualitas dengan definisi tinggi di dalam beberapa menit saja. Cap Cut juga mempunyai semua fitur esensial untuk melakukan edit video tanpa software yang rumit. Kamu juga bisa membuat video menarik dan seru menggunakan filter, stiker, virtual dan elemen lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi ini. 

  1. Adobe Premiere Pro 

Adobe Premiere Pro juga menjadi aplikasi pengeditan video berbasis komputer yang dikembangkan oleh Adobe System dan diterbitkan sebagai bagian dari program lisensi Adobe Creative Cloud. Selain itu, Adobe Premiere Pro ini juga penerus dari Adobe Premiere. 

Adobe Premiere Pro CC adalah perangkat lunak pengeditan non linear yang sangat kuat, bisa disesuaikan dan berkinerja tinggi untuk menghasilkan profesional video. Melalui aplikasi yang satu ini, kamu bisa membuat film pendek dan membuat trek suara audio. Dengan menggunakan Adobe Premiere Pro, kamu akan merasa lebih percaya diri dengan keterampilan mengedit yang bisa dilakukan melalui fitur di dalam aplikasi tersebut. 

  1. WPS Office

WPS Office merupakan suatu aplikasi yang mempunyai beberapa layanan seperti writer, spreadsheet dan presentation. Dukungan dari WPS Office meliputi beberapa perangkat seperti Microsoft Windows, iOS, Linux dan Android. Secara penggunaan, WPS Office mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan Microsoft Office yang sudah terinstall pada perangkat komputer. 

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan Microsoft Office sebagai aplikasi pengolah kata dan beberapa data lainnya, maka tidak akan merasa kesulitan menggunakan WPS Office. User interface yang ditampilkan oleh aplikasi ini mempunyai kemiripan dengan Microsoft Office. Tentunya, kamu akan mudah beradaptasi menggunakan WPS Office. Aplikasi yang satu terdiri dari : 

  • WPS Writer : Secara umum penggunaan aplikasi ini mempunyai kemiripan dengan Microsoft Word baik dari segi tampilan dan fitur yang ditawarkan. WPS Writer bisa menyimpan file dengan jenis docs yang bisa dibuka menggunakan Microsoft jika dibutuhkan. Fitur lain dari WPS Writer adalah Import PDF to Word juga Picture to Text dan dictionary atau spell check yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan. 
  • WPS Spreadsheets : WPS Spreadsheet adalah aplikasi pengolah angka yang serupa dengan Microsoft Excel. Fitur lain yang disediakan oleh WPS Spreadsheet adalah insert banyak row dan column yang bisa dilakukan dengan cepat, tanpa harus melakukan hal yang sama berulang kali. Selain itu, file yang tersimpan di dalam WPS Spreadsheet mempunyai format xlsx yang bisa dibuka oleh berbagai aplikasi pengolah angka. 
  • WPS Presentation : Sama seperti dengan Microsoft Power Point, WPS Presentation adalah aplikasi untuk membuat presentasi. File yang tersimpan di dalam WPS Presentation ini mempunyai format pptx dan akan mudah dibuka menggunakan aplikasi presentasi yang lainnya. 
  1. Microsoft Office

Microsoft Office adalah salah satu perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan dari Microsoft dan didesain untuk dijadikan di bawah sistem operasi Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows. Ada beberapa aplikasi maupun bagian di dalam Microsoft Office yang sudah populer, yaitu Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint. 

Aplikasi Microsoft Office terbaru adalah Office 15 atau Office 13 yang diluncurkan pada Januari 2013 dan Microsoft Office 2016. Microsoft Office sebenarnya terdiri dari beberapa bagian program, yaitu : 

  • Microsoft Word perangkat lunak atau program pengolah kata andalan dari Microsoft. Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007, program yang satu ini dinamakan dengan Microsoft Office Word. Sedangkan, di Microsoft Office 2013 namanya menjadi Word. 
  • Microsoft Excel adalah program aplikasi lembar kerja yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk Microsoft Windows dan Mac OS. Program pengolah angka kali ini sudah dilengkapi dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik sesuai dengan strategi marketing Microsoft. 
  • Microsoft Powerpoint adalah aplikasi presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi perkantoran. Power Point berjalan di komputer PC yang berbasis Microsoft Windows dan Apple Macintosh. Power Point juga banyak digunakan oleh para pebisnis, kantoran, siswa, pendidik dan lain-lain. Versi Power Point terbaru adalah versi 15, yaitu Microsoft Office Power Point 2019. 
  • Microsoft Outlook adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca dan mengirimkan surel. Microsoft Outlook juga sudah dilengkapi dengan fungsi jadwal kerja, kalender, jurnal dan catatan. Apabila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, aplikasi ini bisa memberikan akses kalender, surat dan jadwal secara bersamaan. 
  • Microsoft Publisher adalah paket aplikasi perkantoran dari Microsoft yang berguna untuk membuat surat akbar, desktop, publishing, kartu ucapan dan masih banyak lainnya lagi. 

Nah, itulah dia 4 aplikasi mobil pengganti fungsi komputer yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa menambah tambahan informasi dan membantu, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar