7 Tips Membeli Mouse untuk Komputer 

Anggi Novita Sari

Tips Membeli Mouse untuk Komputer 

Kadjiro – Aksesoris pendukung komputer apa saja yang penting untuk kamu miliki? Standarnya, kamu harus mempunyai keyboard, speaker dan mouse. Namun, beberapa orang cenderung asal-asalan di dalam memilih mouse untuk komputer. Padahal, mouse komputer ini mempunyai peran penting untuk membantu menyelesaikan tugas sehari-hari. 

Sebelum memutuskan untuk membeli mouse komputer, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Membeli Mouse untuk Komputer 

Mungkin beberapa orang beranggapan, bahwa membeli mouse untuk komputer adalah satu hal yang mudah dilakukan. Namun, untuk mendapatkan mouse sesuai dengan kebutuhan harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Sebagai berikut adalah tips membeli mouse komputer yang harus kamu perhatikan : 

  1. Berkabel atau Wireless? 

Hal yang paling dasar adalah menentukan apakah mouse yang kamu beli tipe berkabel atau wireless. Apa pertimbangannya? Dengan mouse nirkabel, tidak ada lagi kabel yang menjerat dan mengganggu. 

Namun, mouse wireless ini membutuhkan daya untuk menjalankannya. Daya tersebut bisa didapatkan dari charging station atau baterai dengan tipe AAA. 

Apabila kamu tidak ingin repot-repot mengisi daya untuk membeli baterai, maka pilih mouse berkabel. Kelemahannya, mouse ini hanya bisa bergerak sepanjang kabelnya saja. 

Terkadang, kabel dan port USB nya bisa lecek dan sulit sekali untuk digerakkan. Bahkan, untuk mouse wireless ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan berkabel. Masalah pilihan ada ditangan kamu,ya. 

  1. Apakah Mouse Tersebut Nyaman dan Ergonomis? 

Sebagus apapun komputer, tidak akan berguna jika desainnya membuat tangan kamu cepat pegal. Sifat ergonomis dan kenyamanan ini menjadi satu aspek yang harus dipertimbangkan secara matang-matang. 

Pilih mouse dengan lekuk yang mengikuti bentuk tangan kamu. Selain itu, pilih juga yang ukurannya pas dan tidak terlalu kecil maupun besar. 

Namun sayangnya, untuk mouse yang dijual di pasaran ini rata-rata dipasarkan di dalam box. Sehingga, kamu tidak dapat mencoba terlebih dahulu sebelum membelinya 

Sedangkan, untuk mengetahui tingkat kenyamanan dari mouse tersebut, kamu harus menggunakannya sendiri selama beberapa waktu. Ada beberapa jenis profesi seperti desainer grafis maupun gamer PC mouse yang nyaman untuk menunjang aktivitasnya. 

  1. Pilih Optical atau Laser ? 

Tahukah kamu bagaimana cara kerja dari mouse komputer? Mouse ini bekerja dengan cara melacak titik per inch (dpi). Pada mouse jenis optik ini akan melacak antara 400 sampai 800 dpi. Sedangkan, untuk mouse laser bisa melacak lebih dari 2000 dpi. Apa perbedaan diantara keduanya dan mana yang lebih kamu butuhkan? 

Untuk keperluan sehari-hari, kamu tidak perlu mouse dengan angka dpi yang tinggi. Bagi para pengguna biasa, mouse optik ini sudah cukup untuk kamu gunakan. Sebaliknya, sensitivitas tambahan di dalam mouse laser ini akan berguna bagi beberapa profesi seperti desainer grafis atau gamer. 

  1. Ukuran Full Size atau Travel Size? 

Lagi-lagi masalah ukuran akan menentukan perihal kenyamanan. Produsen mouse biasanya akan membuat di dalam dua ukuran, yaitu full size dan travel size. 

Seperti namanya, mouse dengan tipe travel size ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan cocok dibawa kemana-mana. Apabila kamu mempunyai tangan dengan ukuran kecil, maka akan lebih cocok menggunakan tipe mouse travel size. 

Selain itu, mouse ukuran travel size mempunyai bobot yang super ringan. Beratnya sekitar di antara 50-100 gram saja. 

Sebaliknya, jika kamu mempunyai tangan besar, maka bisa memilih mouse berukuran full size. Tentunya, ukuran lebih besar ini mempunyai bobot yang lebih berat. Biasanya, mouse bertipe full size mempunyai pegangan yang kokoh dan mantap. 

  1. Apabila Memilih Mouse Wireless, Pilih yang Menggunakan Bluetooth 

Sudah mantap menjatuhkan kepada mouse dengan tipe wireless? Mouse wireless ini dibagi menjadi dua, yaitu menggunakan frekuensi radio atau bluetooth. Mouse yang menggunakan frekuensi radio ini sangat responsif. Penggunaanya juga cukup dengan menancapkan USB di port komputer maupun laptop. 

Namun, jika USB hilang maka mouse tidak dapat digunakan. Sementara itu, mouse bertipe bluetooth ini biasanya lebih nyaman dan bisa bertahan sampai dengan 1-2 tahun. 

Akan tetapi, kamu harus mempersiapkan pengaturan bluetooth di komputer terlebih dahulu. Pastikan juga komputer kamu sudah mempunyai dukungan bluetooth sebelum membelinya. 

  1. Perhatikan Polling Rate-nya

Pernahkah point mouse milik kamu stuck di layar dalam waktu yang lama? Hal ini biasanya diakibatkan oleh polling rate-nya. 

Polling rate diukur dengan satuan hertz (Hz). Angka yang lebih tinggi berarti tingkat akurasi dan pergerakannya bisa lebih halus. Setidaknya, kamu memilih mouse yang mempunyai polling rate di atas 500 Hz. 

Masih bingung tentang polling rate? Contoh yang paling sederhana adalah mouse yang mempunyai polling rate 1000 Hz. Artinya, mouse ini akan melaporkan posisinya selama 1000 kali per detik. Biasanya, gamers akan memilih mouse yang mempunyai polling rate tinggi. 

  1. Memperhatikan Tombol Tambahan yang Ada di Mouse 

Mouse standar mempunyai dua tombol klik di bagian kanan dan kiri serta scroll wheel di bagian tengah untuk menggulirkan layar. Namun, ada mouse yang mempunyai tombol tambahan. 

Biasanya, tombol tersebut berada di bagian samping dan berfungsi sebagai back (untuk mengembalikan) dan forward (untuk maju). Tombol mouse kali ini juga akan mempermudah kamu di saat penggunaan. 

Nah, itulah dia 7 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mouse untuk komputer. Semoga dengan adanya tips diatas bisa membantu kamu di dalam menentukan pilihan,ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar