9 Aplikasi Pengganti Microsoft Office Terbaik dan Gratis!

TRISULA

Aplikasi Pengganti Microsoft Office

Microsoft Office adalah office suite terbaik dan paling banyak digunakan oleh kalangan masyarakat untuk membuka dokumen, menghitung dan lain-lain. Mempunyai aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, PowerPoint dan lain-lain ini sangat membantu di dalam meningkatkan produktivitas.

Namun, langganan dari office suite ini cukup mahal. Jangan khawatir, karena untuk saat ini banyak pilihan alternatif selain Microsoft Office yang bisa kamu gunakan secara gratis. Yuk, langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Daftar Aplikasi Pengganti Microsoft Office

Ketika kamu ingin menghindari biaya langganan dari Microsoft Office yang cukup mahal, maka ada opsi pilihan lainnya. Berikut beberapa pilihan alternatif pengganti Microsoft Office terbaik dan gratis :

1. WPS Office

WPS Office hadir dengan layanan yang hampir mirip seperti Microsoft Office, diantaranya adalah Writer, Spreadsheet dan Presentation. Layanan yang satu ini juga bisa kamu gunakan di sistem OS Windows, Mac, Linux, dan lain-lain.

Tampilan dari WPS Office juga sama dengan Microsoft Office. Namun, office suite tersebut banyak sekali menampilkan iklan. Apabila kamu ingin menghilangkan iklan tersebut, maka harus berlangganan 30 USD per tahun.

2. Google Workspace

Google Workspace merupakan aplikasi alternatif dari Microsoft Office yang paling terkenal. Beberapa layanan dari Google Workspace yang bisa kamu gunakan adalah Google Docs, Sheets dan lain-lain.

Data yang kamu miliki akan tersimpan rapi di dalam layanan cloud milik Google, yaitu Google Drive. Pada saat kamu ingin menggunakan salah satu layanan dari Google Workspace tidak perlu download, karena berbasis website.

3. Libreoffice

Aplikasi alternatif Microsoft Office gratis dan terbaik selanjutnya adalah Libreoffice. Tampilan dari Libreoffice ini sekilas juga terlihat mirip dengan Microsoft Office. Beberapa layanan yang diberikan oleh Libreoffice adalah Writer, Impres, Calc, Math, Draw dan Base.

Di saat kamu ingin menggunakan layanan dari Libreoffice cukup mudah, karena bersifat open source. Pada office suite yang satu ini juga sudah mendukung format file Microsoft, sehingga kamu bisa membuka dokumen Microsoft dan sebaliknya.

4. Polaris Office

Polaris Office adalah layanan cloud yang akan memberikan jatah transfer sebesar 60 MB per bulan dan penyimpanan 1GB secara gratis. Layanan gratis yang satu ini juga bisa kamu gunakan maksimum 3 perangkat, yaitu 1 desktop dan 2 smartphone.

Apabila kapasitas tersebut kurang, kamu bisa menghubungkan aplikasi Polaris Office ke layanan cloud lainnya. Misalnya, Google Drive, Microsoft One Drive, Dropbox dan Amazon Cloud Drive. 5.

5. Apple Office Suite

Bagi kamu yang mempunyai perangkat Apple, maka tidak perlu jauh-jauh mencari office suite terbaik. Apple Office Suite dapat disebut sebagai iWork yang menyediakan berbagai layanan, seperti Pages, Numbers dan Keynote secara gratis.

iWork juga mendukung beberapa format file dari Microsoft Office, seperti DOCS, PPTX dan XLSX. Sehingga, kamu mudah sekali untuk melakukan impor dan ekspor sesuai dengan kebutuhan.

6. Apache Open Office

Kalau keluhan kamu pada Microsoft Office adalah masalah harga, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Apache Open Office. Meskipun layanan yang satu ini tidak dapat mengalahkan dari Microsoft Office, akan tetapi Apache Open Office bisa digunakan secara gratis.

Office suite yang satu ini bersifat open source. Sehingga, semua fitur yang ada di dalamnya datang dari developer sukarela yang ingin mengembangkan dari program tersebut. Fitur yang ditawarkan juga membuat Apache Open Office layak dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

7. Fren Office

Tampilan dan cara menggunakan aplikasi Fren Office ini hampir sama dengan Microsoft Office. Sesuai dengan namanya, bahwa layanan ini bisa kamu gunakan secara tidak berbayar atau gratis.

Aplikasi utama seperti Text Maker, Plan Maker dan Presentations bisa kamu gunakan dengan sistem Windows, Mac maupun Linux. Meski layanan gratisnya sudah terbilang cukup, tapi kamu juga tetap bisa langganan berbayar untuk mendapatkan banyak fitur menarik.

8. Calligra

Calligra pertama kali dirilis pada tahun 2000 lalu dan dikembangkan langsung oleh KDE. Bagi kamu yang suka dengan desain seni grafis sangat cocok menggunakan aplikasi Calligra, karena bersifat secara open source.

Sehingga, kamu bisa mengunggah dari websitenya langsung secara gratis. Tampilan dari Calligra ini juga berbeda dengan Microsoft Office. Salah satu fitur yang membuatnya unggul, tapi berbayar adalah mind map dan alat mengelola proyek. Namun, Calligra ini kurang kompatibel dengan beberapa format file DOCX, DOX dan Microsoft Office

9. Dropbox

Dropbox banyak dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai penyedia layanan penyimpanan data saja. Namun, Dropbox kini juga menjadi salah satu aplikasi yang berfokus pada pengolahan kata.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Dropbox secara gratis dengan membuat akun terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu juga akan diberikan jatah ruang penyimpanan sebesar 2GB secara gratis.

Dropbox Paper saat ini juga semakin unggul, karena sudah terintegrasi dengan layanan cloud Dropbox. Perihal ini bisa membantu kamu di dalam proses pembagian file yang lebih mudah dan simple.

Pilih salah satu aplikasi yang menurut kamu bisa membantu di dalam menunjang segala aktivitas harian. Apabila masih terasa bingung harus memilih aplikasi pengganti Microsoft Office yang mana, kamu bisa mencari referensi di beberapa halaman internet.

Nah, itu dia 9 aplikasi pengganti Microsoft Office terbaik dan gratis yang kamu pilih. Apapun alasan kamu untuk tidak menggunakan office suite dari Microsoft Office, semua pilihan diatas sudah sangat fungsional dan bisa diandalkan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar