Apa Itu Google Activity? Temukan Jawabannya Disini!

Anggi Novita Sari

Mengenal Google Activity

Kadjiro – Google menjadi salah satu platform yang tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Tidak hanya semata sebagai peramban untuk menelusuri internet, Google mempunyai berbagai platform lain yang biasa digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. 

Misalnya, Google Mail, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Workspace dan masih banyak yang lainnya lagi. Setiap produk Google mempunyai fungsi dan kegunaanya masing-masing. 

Salah satunya adalah Google Activity yang berguna untuk mengakses dan mengontrol aktivitas akun Google milikmu. Setiap pengguna yang mendaftar akun Google secara otomatis ini akan terhubung di dalam kanal Google Activity. 

Lalu, apa itu Google Activity? Bagi kamu yang masih kurang familiar dengan fungsi dan penggunaan Google Activity, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Google Activity? 

Dilansir dari halaman CNET, Google Activity myactivity.google.com merupakan halaman aktivitas yang memungkinkan pengguna bisa melihat semua informasi penting yang dikumpulkan oleh Google mengenai aktivitasnya selama menggunakan berbagai platform di dalam Google. Di dalam halaman Google Activity, pengguna akan menemukan banyak jejak aktivitas berbagai produk Google. 

Misalnya, Penelusuran, Penelusuran Gambar, Maps, Play, Belanja, YouTube dan di saat kamu mengakses Bantuan Google. Jadi, di setiap kunjungan kamu ke halaman bantuan juga akan dicatat oleh Google. 

Secara default, Google Activity menunjukkan rangkuman kegiatan pengguna di dalam bentuk garis waktu, dimana data digabungkan berdasarkan dengan hari. Apabila kamu ingin melihat daftar setiap item secara terpisah di dalam timeline, cukup klik tombol menu (tiga baris) di setiap sudut kiri atas dan pilih opsi “tampilan item”. 

Pengguna juga bisa mengatur preferensi privasi terkait dengan bagaimana data aktivitas digunakan oleh Google. Penting untuk memahami kebijakan privasi Google dan memahami bagaimana data kamu digunakan dan dilindungi. Apabila kamu mempunyai perihal kekhawatiran tentang privasi, disarankan untuk membaca kebijakan privasi Google dan mengatur preferensi sesuai dengan kebutuhanmu. 

Fungsi Google Activity

Setelah mengenal Google Activity, kamu juga harus paham dengan berbagai fungsi dari layanan satu ini. Sebagai berikut adalah beberapa fungsi dari Google Activity : 

  1. Melacak Aktivitas Pengguna 

Google Activity akan mencatat semua aktivitas pengguna, termasuk penelusuran web, penelusuran gambar, penggunaan Google Maps, penggunaan aplikasi Play, penelusuran YouTube dan lain-lain. 

  1. Menyimpan Riwayat Pencarian 

Menyimpan riwayat pencarian para pengguna, artinya memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola riwayat penelusuran mereka dari waktu ke waktu. 

  1. Mengelola Privasi dan Kontrol 

Memberikan kontrol kepada para pengguna atas data aktivitasnya. Pengguna bisa menghapus atau mengelola jejak aktivitasnya untuk meningkatkan privasi. 

  1. Bisa Diakses Pada Berbagai Perangkat 

Bisa diakses melalui berbagai perangkat, memungkinkan pengguna untuk melihat semua aktivitas dari komputer, ponsel atau tablet. 

  1. Sudah Terhubung dengan Berbagai Layanan 

Menggabungkan aktivitas dari berbagai layanan Google, menciptakan gambaran secara komprehensif tentang interaksi pengguna dengan ekosistem Google. 

Fitur Google Activity 

Fitur di dalam Google Activity ini sangat beragam dan membantu kamu di dalam mengontrol serta menelusuri data aktivitas kamu di dalam layanan Google. Sebagai berikut adalah beberapa fitur utama dari Google Activity : 

  1. Filter dan Pencarian 

  • Berdasarkan tanggal : mencari aktivitas sesuai dengan rentang waktu tertentu. 
  • Berdasarkan produk : menelusuri semua aktivitas di dalam layanan Google tertentu, seperti Search, YouTube, Maps dan lain-lain. 
  • Berdasarkan lokasi : melihat semua aktivitas yang berhubungan dengan lokasi kamu. 
  • Berdasarkan kata kunci : mencari aktivitas secara spesifik berdasarkan dengan kata kunci yang digunakan. 
  1. Kontrol Aktivitas 

  • Menghapus aktivitas individual : menghapus beberapa aktivitas tertentu yang tidak digunakan. 
  • Menghapus aktivitas berdasarkan tanggal : hapus semua aktivitas dari periode tertentu. 
  • Menghapus semua aktivitas : menghapus semua data aktivitas. 
  • Mengontrol pengaturan privasi : mengelola pengaturan pengumpulan data untuk berbagai jenis layanan Google dan jenis data yang disimpan.
  1. Akses dan Ekspor Data 

  • Melihat detail aktivitas individual : hapus aktivitas untuk melihat detail lengkap seperti situs web yang dikunjungi, video, ditonton maupun dokumen di edit. 
  • Ekspor aktivitas : mengunduh data aktivitas kamu di dalam format JSON atau ZIP untuk digunakan dengan layanan lainnya. 
  1. Fitur Tambahan 

  • Verifikasi tambahan : aktifkan atau menonaktifkan verifikasi dua langkah untuk memberikan perlindungan akun kamu. 
  • Aktivitas yang tidak dikenali : temukan dan kelola aktivitas yang mungkin bukan berasal dari kamu. 
  • Pengelolaan asisten Google : kontrol data yang dikumpulkan oleh asisten Google dan perangkat smart home. 

Cara Menggunakan Google Activity 

Mungkin bagi beberapa orang masih awam disaat mendengar istilah Google Activity, bahkan belum paham mengenai cara penggunaanya. Sebagai berikut adalah cara menggunakan Google Activity yang harus kamu lakukan : 

  • Masuk ke halaman Google Chrome
  • Pastikan kamu sudah menghubungkan ke akun Google milikmu. 
  • Berikutnya, masuk ke dalam halaman “https://myactivity.google.com/”. 
  • Selanjutnya, kamu sudah bisa menelusuri semua aktivitas yang pernah dilakukan. 
  • Di bagian sebelah kiri, kamu akan menemukan filter berdasarkan dengan tanggal, produk Google (seperti Penelusuran YouTube atau Maps) dan kata kunci. Gunakan filter yang satu ini untuk bisa menemukan aktivitas secara spesifik yang kamu inginkan. 
  • Klik di dalam aktivitas untuk melihat lebih lanjut, seperti situs web yang dikunjungi, video yang ditonton atau dokumen yang diedit. 
  • Berikutnya, kamu bisa mengatur dan melakukan pengecekan berbagai aktivitas, mulai menghapus, melihat riwayat dan lain-lain. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai Google Activity dan cara menggunakannya. Selamat mencoba dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “Apa Itu Google Activity? Temukan Jawabannya Disini!”

  1. Ping-balik: 7 Fitur Tersembunyi di Google yang Bisa Menghilangkan Rasa Bosan. – Kadjiro
  2. Ping-balik: 7 Produk Google yang Berhenti di Tahun 2023, Harus Diketahui! – Kadjiro

Tinggalkan komentar