7 Fitur Canggih Google Maps yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Anggi Novita Sari

Fitur Canggih Google Maps 

Kadjiro – Google Maps kini menghadirkan navigasi langsung ke ujung jari pengguna dan memungkinkan siapapun untuk menjelajah dengan mudah. Namun, tidak banyak yang tahu jika Google Maps sebenarnya menyimpan banyak fitur canggih serta dapat dimanfaatkan pengguna yang ingin bepergian ke suatu tempat atau negara lain

Di kesempatan kali ini akan membahas lengkap mengenai 7 fitur canggih dari Google Maps. Bagi kamu yang penasaran dan sering menggunakan Google Maps, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Google Maps ? 

Dengan bentuk layanan peta yang sudah terkenal akan kekuatannya. Google Maps akan menampilkan gambar lokasi jalanan dan tingkat kemacetan lalu lintas yang ada di seluruh dunia. 

Bahkan, Google Maps sendiri juga sudah menyediakan bentuk atau rupa dari planet. Sehingga, bumi dan juga detail yang ada di dalamnya bisa dilihat dari aplikasi Google Maps. 

Google Maps bisa diakses dari dari berbagai perangkat, mulai dari komputer, tablet dan handphone selama masih tersambung dengan jaringan internet. Untuk menggunakan Google Maps secara maksimal, kamu membutuhkan koneksi jaringan internet yang berjalan dengan lancar. Koneksi internet yang tersendat ini bisa membuat Google Maps error

Fitur Canggih Google Maps 

Seperti diketahui, bahwa saat ini melakukan perjalanan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Google Maps. Bahkan, untuk kamu yang tidak tahu perjalanan juga akan dibantu dengan aplikasi satu ini. Ada beberapa fitur canggih dari Google Maps yang bisa kamu manfaat dan berikut adalah daftarnya : 

  1. Mengecek Cuaca Pada Pada Setiap Lokasi 

Kamu dapat menggunakan Google Maps untuk melakukan pengecekan cuaca di suatu kota maupun wilayah. Fitur kali ini baru ada di Google Maps versi web, iOS dan dikembangkan untuk Android. 

Di iOS, informasi mengenai cuaca bisa kamu lihat pada bagian bawah search bar. Untuk versi web, kamu harus klik lokasi yang diinginkan untuk mendapatkan informasi cuaca tersebut. Jika mau, kamu bisa klik icon cuaca tersebut dan Maps akan mengarahkan kamu ke Google untuk mendapatkan informasi cuaca lebih detail. 

  1. Mengecek Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Suatu Tempat 

Fitur Google Maps selanjutnya adalah dapat membantu kamu untuk mengetahui kondisi dari suatu tempat, dengan menampilkan seberapa sibuk suatu area atau waktu paling sibuk di tempat tertentu. Di Google Maps, area yang ramai akan diberikan highlight berwarna kuning dan jika kamu tetap ingin mengunjungi tempat tersebut sangat disarankan untuk mengunjunginya di pagi hari. 

Apabila kamu klik cafe, landmark atau semacam lainnya, maka akan diberikan informasi di hari dan jam berapa tempat tersebut ramai dikunjungi. Sangat membantu kan? 

  1. Mendapat Petunjuk Arah Jalan Kaki Secara Real Time 

Google Maps mempunyai fitur canggih dan diberi nama Live View. Fitur kali ini mempunyai kemampuan street view ke level yang lebih tinggi lagi. 

Untuk menggunakan fitur tersebut, kamu harus memastikan jika perangkat yang kamu gunakan sudah kompatibel dengan ARKit (iOS) dan ARCore (Android) guna augmented reality. Lewat fitur Live View, kamu juga bisa mendapatkan petunjuk arah secara real time. Namun harus kamu catat, jika fitur yang satu ini hanya dapat digunakan di saat jalan kaki saja. 

  1. Menemukan Rute Supaya Hemat Bahan Bakar 

Salah satu fitur yang paling menarik dari Google Maps adalah mempunyai dukungan untuk menemukan rute paling hemat bahan bakar. Fitur kali ini sangat cocok digunakan, ketika kamu ingin menghemat budget sekaligus mengurangi dampak terhadap lingkungan. 

Untuk menggunakannya, kamu harus mengaktifkan opsi rute hemat bahan bakar di dalam pengaturan tersebut. Pada umumnya, saran rute hemat bahan bakar ini akan menjadi rute default kecuali ada gangguan di jalanan yang akan dilewati seperti perbaikan jalan maupun kecelakaan. 

  1. Menyimpan Rute untuk Dilihat Nanti 

Selanjutnya adalah kamu bisa menyimpan rute untuk dilihat nanti di dalam aplikasi Google Maps. Artinya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merencanakan rute mana yang akan kamu lalu di saat pergi ke suatu tempat atau mengunjungi suatu kota. 

Satu hal yang perlu kamu lakukan adalah mengatur rute ke tempat atau kota tujuan dan klik pada tombol “pin” yang ada di bagian bawah. Apabila sudah tersimpan dan kamu ingin mengaksesnya, maka cukup ke tab “GO” dibagian bawah dan memilih rute sebelumnya sudah kamu simpan. 

  1. Mengunduh Peta untuk Diakses Secara Offline 

Google Maps adalah aplikasi sempurna yang bisa digunakan untuk bepergian, tapi tidak akan membantu tanpa adanya koneksi atau jaringan internet. Untungnya, kamu sekarang bisa mengunduh peta untuk digunakan secara offline. 

Sehingga, kamu tetap bisa mengakses Google Maps tanpa terhubung dengan koneksi internet. Caranya juga sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu mencari lokasi kota tujuan (contohnya : Semarang). Lalu, klik kota tersebut dan memilih ikon titik tiga yang ada di sisi kanan dan klik “download offline map”. 

  1. Berbagi Lokasi Pada Pengguna Lain 

Berbagi lokasi kamu kepada seseorang yang dipercaya ini menjadi satu hal sangat penting, apalagi di saat bepergian ke kota yang sebelumnya tidak pernah dikunjungi. Dengan berbagi lokasi, kamu jadi bisa membantu pihak yang berwenang di saat  ada kejadian yang tidak diinginkan. 

Caranya juga sangat mudah, dimana kamu harus perlu klik pada ikon akun “Google Maps”. Lalu, pilih “location sharing” dan “share location”. Pilih juga durasi berbagi yang kamu inginkan, klik “kontak tujuan” dan “send”. 

Demikian ulasan secara lengkap mengenai fitur canggih dari Google Maps yang membuatnya menjadi aplikasi peta terbaik. Selamat mencoba dan semoga penjelasan diatas bisa menambah informasi, khususnya yang suka bepergian ke tempat atau kota baru. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “7 Fitur Canggih Google Maps yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!”

  1. Ping-balik: 7 Trik Menggunakan Google Maps Supaya Lebih Efektif – Kadjiro

Tinggalkan komentar