7 Ekstensi Google Chrome Terbaik dan Dijamin Proses Pencarian Menjadi Lebih Cepat

Anggi Novita Sari

Ekstensi Google Chrome

Kadjiro – Google Chrome merupakan salah satu web browser yang paling populer. Salah satunya, karena web browser kali ini bisa diperluas fungsinya dengan cara menambahkan ekstensi atau add-on. Ada berbagai macam ekstensi yang tersedia untuk menyesuaikan browser agar sesuai dengan keinginan. 

Salah satu peningkatan untuk  semua jenis web browser adalah navigasi. Bagaimana kamu bisa mengontrol web browser dengan lebih baik supaya navigasi internet dengan lebih cepat? 

Di kesempatan kali ini akan diberikan beberapa contoh ekstensi yang bisa kamu gunakan untuk penjelajahan lebih cepat. Bagi yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

Ekstensi Google Chrome

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa Google Chrome merupakan web browser paling populer sampai dengan sekarang. Maka dari itu, sangat wajar di saat Google Chrome tiba-tiba lemot dan membuat para penggunanya merasa kesal. 

Untuk mengatasi perihal tersebut, pengguna bisa menggunakan ekstensi yang bisa membantu kamu di dalam menangani permasalahan tersebut. Ada beberapa ekstensi Google Chrome yang bisa kamu pilih dan sebagai berikut daftar selengkapnya : 

  1. Key Jump Keyboard Navigation 

Key Jump Keyboard Navigation merupakan ekstensi terbaru untuk Google Chrome yang memungkinkan pengguna membuka halaman dengan cara menekan nomor tombol sesuai dengan hyperlinknya. Selain itu, kamu juga bisa membuka halaman dengan cara menekan angka untuk hyperlinknya menggunakan keyboard. 

Key Jump Keyboard Navigation adalah ide yang paling bagus, karena bisa memberikan fasilitas navigasi halaman sedikit lebih cepat dengan tombol keyboard. Menekan tombol untuk sebuah tautan tentu akan memakan lebih sedikit waktu daripada memindahkan, memposisikan dan klik mouse. Bagaimanapun, ekstensi kali ini mempromosikan konsep penjelajahan tanpa menggunakan mouse. 

  1. Speed Tweaks 

Speed Tweaks merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mempercepat Google Chrome. Ini adalah add-on minimalis yang bisa mempercepat web browser menggunakan 7 penyesuaian cerdas. 

Satu hal yang harus kamu lakukan adalah install plugin dan memilih penyesuaian yang ingin diaktifkan di bagian popup toolbar. Sebagai berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Speed Tweaks : 

  • Pengambilan awal DNS. 
  • Memblokir sebagian besar iklan. 
  • Mempercepat pengguliran halaman. 
  • Memuat situs pada versi seluler. 
  • Memblokir gambar supaya tidak dimuat. 
  • Menghapus cache pada web browser. 
  • Membuang semua tab yang tidak aktif untuk mengosongkan RAM
  1. Selection Search 

Memasang ekstensi Selection Search merupakan cara yang paling mudah untuk mencari teks akan dipilih di mesin pencarian manapun dan bukan hanya Google Chrome saja. Kamu bisa memilih kata, frasa, maupun kalimat apapun, lalu klik kanan untuk mengaktifkan menu dan mencarinya di semua situs web mesin pencarian yang ada. 

Misalnya, Google Chrome, Spotify, Amazon, Reddit dan masih banyak lainnya lagi. Pada saat menggunakan ekstensi Selection Search, kamu bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut : 

  • Mengedit teks yang sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan. 
  • Menambah atau menghapus mesin pencarian yang akan digunakan. 
  • Memutuskan apakah akan membuka hasil di tab, jendela atau popup baru. 
  1. Ghostery 

Ghostery merupakan ekstensi privat yang berfungsi ganda sebagai aplikasi produktivitas dengan menghilangkan kekacauan iklan sangat mengganggu dari halaman web. Sehingga, kamu bisa lebih fokus untuk mengkonsumsi konten yang lebih berharga. 

Pada ekstensi kali ini, kamu juga bisa menganonimkan data untuk memastikan data pribadi tetap terjaga aman. Pengembang mengklaim dirinya sebagai aplikasi pertama yang menggabungkan teknologi anti pelacakan terbaik yang sudah didukung teknologi AI. Download Ghostery sekarang untuk pencarian di Google Chrome lebih cepat, bersih dan aman. 

  1. Yet Another Drag and Go 

Yet Another Drag and Go juga memungkinkan para pengguna untuk menyelesaikan berbagai operasi dengan operasi drag secara sederhana. Ini juga memungkinkan kamu untuk membuka tautan baru di latar depan maupun latar belakang, membuka tautan sebelum atau sesudah tab saat ini, melakukan konversi tautan teks menjadi URL, memilih teks dan mencari salah satu mesin pencarian yang berbeda. Semua hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan melakukan klik mouse saja. 

  1. Quick Tabs 

Apabila kamu suka membuka banyak tab di web browser secara bersamaan, pastinya sudah tahu betapa sulitnya untuk menemukan tab yang tepat dan sedang dicari. Khususnya di dalam Google Chrome, dimana tab direduksi menjadi favicon di saat kamu ingin membuka banyak tab. 

Solusi dari hal ini adalah memilih ekstensi Quick Tabs. Cukup tekan “CTRL+M” dan Quick Tabs akan memberikanmu daftar semua tab terbuka yang sudah diurutkan sesuai dengan penggunanya baru-baru ini. 

  1. Auto Control 

Auto Control merupakan ekstensi Google Chrome yang bisa digunakan untuk mengatur gerakan mouse secara khusus dan pintasan keyboard agar web browser bisa lebih cepat. Hal ini juga mencakup banyak tindakan dasar dan lanjutan yang bisa kamu terapkan menggunakan keyboard dan mouse. 

Auto Control bukan ekstensi penjelajahan standar sepenuhnya. Ini adalah komponen asli tambahan untuk di install pada PC Windows. Maka dari itu, Auto Control ini mempunyai fungsi untuk web browser Google Chrome desktop Windows. 

Demikian penjelasan secara lengkap mengenai ekstensi Google Chrome yang memungkinkan proses navigasi bisa menjadi lebih cepat dengan beberapa penyesuaian keyboard atau mouse. Menambahkan satu atau beberapa diantaranya ke ekstensi Google Chrome ini akan meningkatkan kecepatan penjelajahan di dalam web browser. 

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “7 Ekstensi Google Chrome Terbaik dan Dijamin Proses Pencarian Menjadi Lebih Cepat”

  1. Ping-balik: 6 Rekomendasi Laptop Chromebook Murah dan Berkualitas – Kadjiro
  2. Ping-balik: 4 Rekomendasi Browser Ringan Terbaik untuk Laptop RAM 2GB, Gratis! – Kadjiro

Tinggalkan komentar