Ingin Mendapatkan Uang Dari Telegram? Ikuti Langkah-Langkah Berikut!

Anggi Novita Sari

Resiko yang Harus Diwaspadai Ketika Menggunakan Telegram 

Kadjiro – Selain bermanfaat sebagai alat berkomunikasi dan bersosial, ada beberapa aplikasi berkirim pesan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang atau uang tambahan. Salah satunya adalah Telegram, aplikasi layanan chatting yang dibuat secara khusus oleh Pavel Durov asal Rusia. 

Cara mendapatkan uang di Telegram bisa dilakukan dengan berbagai cara. Telegram juga menyediakan beberapa fitur seperti chatbot, grup channel hingga fitur penyimpanan bersifat cloud yang mempermudah pengguna di dalam mengirim maupun menyimpan file besar. 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang di Telegram? Yuk, langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

Cara Mendapatkan Uang di Telegram 

Sebagai berikut adalah cara mendapatkan uang di Telegram : 

  1. Mengelola Hingga Menjual Grup Telegram 

Grup Telegram bisa menjadi salah satu ladang uang bagi kamu. Contohnya, kamu mempunyai grup Telegram dengan banyak anggota. Lalu, kamu bisa menjual grup tersebut kepada orang lain yang ingin berjualan disana. 

Pola kali ini sangat menguntungkan, karena tidak sedikit para penjual online yang membutuhkan grup dengan latar belakang pengguna berbeda-beda sebagai media promosi di dalam berjualan. Untuk masalah harganya bergantung dengan jumlah anggota dan statusnya sebagai pengguna aktif atau tidak. Biasanya, harga grup di Telegram dengan anggota lebih dari 100 akun ini dihargai puluhan ribu per grupnya. 

  1. Menjadi Pemburu Kuis 

Cara mendapatkan uang dari Telegram berikutnya adalah menjadi pemburu kuis. Bagaimana bisa? Ya, Telegram sudah menyediakan fitur game maupun kuis yang biasanya dibuat oleh toko-toko online dan lembaga tertentu yang menggunakan Telegram. Kamu bisa mencari-cari informasi tentang kuis yang ada di Telegram.

Jenis kuis Telegram ini sangat beragam, mulai dari lomba kreativitas, mention teman, repost unggahan dan lain-lain. Sedangkan, untuk hadiah yang diberikan ini bisa berupa barang tertentu hingga uang tunai. 

  1. Menjadi Developer bot Telegram 

Salah satu fitur unggulan dari Telegram yang membedakan dengan aplikasi chatting lainnya adalah bot. Fitur bot merupakan aplikasi robot yang sudah diprogram sedemikian rupa dan diberikan serangkaian perintah untuk menjalankan instruksi para penggunanya. 

Cara untuk mendapatkan uang dari fitur ini adalah membuat dan mengembangkannya. Apabila sudah jadi, bagikan bot yang kamu sudah buat kepada banyak orang supaya jumlah penggunanya semakin banyak. 

Lalu, kamu juga bisa menerapkan sistem membership dan berbayar. Sehingga, pengguna yang ingin menggunakan bot buatanmu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. 

  1. Mengelola Channel Telegram 

Fitur channel di Telegram juga memungkinkan kamu untuk membuat semacam grup dengan sejumlah audiens di dalamnya yang hanya bisa menerima pesan satu arah dari kamu. Jadi, disana kamu hanya bisa mengirimkan pesan atau informasi kepada pengguna yang ada di dalamnya. 

Contohnya, kamu membuat channel Telegram tentang belajar Bahasa Inggris. Disana, kamu bisa memproduksi konten berupa teks, foto atau video yang berisikan materi tentang belajar Bahasa Inggris. 

Lalu, darimana kamu bisa mendapatkan uang lewat channel Telegram? Apabila anggotanya sudah banyak, kamu bisa menjual channel tersebut kepada orang lain. Bahkan, kamu juga tetap mempertahankan channel milikmu dengan cara berjualan atau mempromosikan produk. 

  1. Endorsement di Channel Telegram 

Apabila kamu memutuskan untuk mempertahankan grup atau channel buatanmu, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satu caranya adalah menjalin kerja sama dengan beberapa brand untuk mempromosikan produk. 

Kamu juga bisa memanfaatkan endorsement sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari Telegram. Contohnya, suatu brand atau toko online ingin menggunakan jasa kamu untuk mempromosikan produk di grup dan channel kamu. Lalu, kamu nantinya akan dibayar sesuai kesepakatan dengan brand maupun toko online tersebut. 

  1. Jasa Mengelola Akun Telegram 

Kamu juga bisa menyediakan jasa untuk mengelola akun Telegram milik orang lain. Contohnya, ada orang lain yang mempunyai grup maupun channel telegram dengan jumlah anggota sudah banyak. 

Terkadang, mereka membutuhkan bantuan orang untuk mengelola grup atau channel miliknya. Kamu bisa mengelola dengan cara mengisi konten secara rutin di dalam grup maupun channel tersebut. 

  1. Menjadi Buzzer di Telegram 

Di beberapa tahun belakangan ini, pekerjaan sebagai buzzer cukup diminati oleh kalangan masyarakat. Buzzer biasanya digunakan untuk membuat suatu topik menjadi ramai diperbincangkan. Selain itu, buzzer juga biasanya digunakan untuk melawan suatu narasi maupun opini publik tertentu agar sesuai dengan apa yang dikehendaki. 

Akan tetapi, buzzer tidak selamanya mengangkat tema maupun topik yang bernuansa negatif. Ada juga pekerjaan yang “mendengungkan” informasi atau topik tertentu agar bisa menjadi ramai diperbincangkan. 

Contohnya berkaitan dengan pariwisata, kuliner dan sebagainya. Klien yang menggunakan jasa kamu nantinya akan memberikan upah sesuai dengan kesepakatan dari awal terlebih dahulu. Cara mendapatkan uang dari Telegram kali ini wajib sekali dicoba. 

  1. Menawarkan Jasa Tertentu 

Telegram juga bisa dimanfaatkan untuk menawarkan jasa yang kamu miliki kepada orang lain. Melalui grup atau channel yang sudah dimiliki, kamu bisa mempromosikan produk berupa jasa tertentu. Contohnya, jasa menghapus akun Facebook, jasa penerjemah teks, jasa menggambar dan lain-lain. 

  1. Mengikuti Program Afiliasi untuk Produk Orang Lain 

Banyak brand yang sudah menggunakan sistem afiliasi di dalam mempromosikan produknya. Selain itu, marketplace seperti Shopee yang sudah menyediakan fitur afiliasi dan bisa kamu manfaatkan untuk menambahkan uang. 

Kamu juga bisa membuat materi promosi yang menarik atau sekedar mengirim tautan ke grup dan channel sudah dimiliki sebelumnya. Nantinya, ketika ada orang yang mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian, maka kamu akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut. 

Nah, itulah dia 9 cara mendapatkan uang dari Telegram yang bisa kamu coba dan lakukan. Kamu bisa mendapatkan uang tambahan setiap hari, meski tidak banyak. Akan tetapi, jika dikumpulkan tentu bisa menjadi penghasilan yang lumayan. Selamat mencoba dan semoga berhasil,ya. 

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Ingin Mendapatkan Uang Dari Telegram? Ikuti Langkah-Langkah Berikut!”

  1. Ping-balik: Semakin Canggih! Ini 8 Deretan Fitur Canggih Telegram yang Berhasil Mengalahkan WhatsApp – Kadjiro

Tinggalkan komentar