8 Aplikasi Chatbot Terbaik untuk HP Android dan iOS

Anggi Novita Sari

Aplikasi Chatbot Terbaik

Kadjiro – Di dalam Microsoft Ignite 2023, Microsoft telah resmi meluncurkan layanan bernama yang diberi nama Copilot Studio. Copilot Studio merupakan platform untuk membuat chat bot atau robot percakapan yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan para pengguna dan perusahaan. 

Salah satu alat yang diatur oleh pengguna di dalam platform adalah alur dan pemrosesan data, pemilihan dan pemilahan data, pembuatan data baru, analisis data dan lain-lain. Tentu saja, fitur yang satu ini menjadi keunggulan utama yang dimiliki oleh Copilot Studio karena para pengguna bisa melakukan kustomisasi chatbot sesuai dengan kebutuhan. 

Aplikasi Chatbot Terbaik

Sebagai informasi, platform Copilot Studio milik Microsoft adalah layanan yang ada di dalam Microsoft 365. Dengan kata lain, kamu bisa mengakses layanan kali ini dengan berlangganan sebesar $30 perbulan.

Apabila harga tersebut masih terlalu mahal, kamu bisa mencari aplikasi chatbot lainya yang bisa diakses secara gratis atau berbayar dengan harga terjangkau. Sebagai berikut beberapa rekomendasi aplikasi chatbot yang bisa kamu gunakan :

  1. ChatGPT 

Rekomendasi aplikasi chatbot pertama yang bisa kamu gunakan adalah ChatGPT miliki perusahaan teknologi ternama OpenAI. ChatGPT menawarkan situs atau website percakapan gratis untuk melakukan percakapan dengan robot dan GPT-3.5. 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman lebih seru, maka bisa menggunakan versi premium atau berbayar sebesar $20 perbulan untuk menikmati layanan GPT-4. Tentu saja, untuk hasil percakapan yang dihasilkan oleh GPT-4 ini jauh lebih realistis daripada GPT-3.5. Di saat kamu membutuhkan alat pembantu untuk menunjang pekerjaan, ChatGPT bisa menjadi pilihan terbaik terutama di saat sudah mendekati deadline. 

  1. Simisimi 

Pada saat merasa kesepian dan ingin mencari kesibukan untuk berbincang, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Simisimi. Simisimi merupakan aplikasi chatbot yang bisa menjawab semua pertanyaan dengan jawaban sangat amat lucu. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat karakter Simisimi sesuai dengan gaya masing-masing atau menemukan teman di dalam dunia maya bersama orang asli. Menariknya lagi, aplikasi yang satu ini bisa diakses secara gratis dari HP dengan sistem operasi iOS dan Android

  1. Replika 

Selanjutnya, ada Replikas yang menjadi salah satu aplikasi teman virtual dan bisa menemani kamu di waktu senggang. Aplikasi yang satu ini sangat menarik untuk kamu coba dan gunakan. Sebab, robot dari aplikasi ini bisa melatih dan belajar banyak dari percakapan yang sudah dilakukan sehari-hari. Dengan begitu, robot dari aplikasi Replika bisa membuat percakapan yang menarik bagi para pengguna. bahkan, aplikasi yang satu ini bisa meniru para penggunanya. 

  1. Mekari Qontak 

Bagi kamu yang mempunyai bisnis dan ingin memberikan pelayanan memuaskan kepada pelanggan, maka bisa memilih aplikasi Mekari Qontak. Mekari Qontak merupakan aplikasi chatbot yang bisa membantu kamu di dalam merespon percakapan dan pertanyaan para pelanggan seperti layaknya manusia. 

Bahkan, para pengguna juga bisa melakukan edit, desain dan mempersonalisasikan percakapan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berdasarkan dari website resminya, kamu bisa mencoba aplikasi yang satu ini secara gratis selama 14 hari atau 2 Minggu. Setelahnya, kamu bisa mengaktifkan fitur premium berbayar dengan harga mulai dari Rp200.000,00 perbulan. 

  1. Drift 

Drift merupakan aplikasi chatbot yang sudah terintegrasi dengan CRM dan layanan email marketing. Tentunya, aplikasi yang satu ini akan mempermudah pekerjaan kamu di dalam bidang menangani percakapan dengan para pelanggan. 

Sebab, aplikasi yang satu ini dua bisa dipasang secara langsung di dalam website bisnis dan melakukan percakapan secara langsung dengan pelanggan. Selama melakukan percakapan dengan pelanggan, aplikasi yang satu ini akan mengumpulkan data, informasi dan masalah yang nantinya akan disimpan di dalam database CRM. 

Data-data yang dikumpulkan oleh alat ini bisa kamu olah, analisis kembali dan mencari prioritas masalah yang harus diprioritaskan. Melihat dari semua fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, maka tidak heran jika aplikasi Chatbot kali ini dibanderol harga yang sangat mahal yaitu $400 pertahun. 

  1. EF Hello 

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi chatbot untuk keperluan  belajar bahasa, maka bisa langsung memilih aplikasi EF Hello. Aplikasi EF Hello bisa kamu unduh secara gratis di App Store maupun Google Play Store dengan masa uji coba selama 7 hari.

Layanan uji coba kali ini sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari aplikasi belajar bahasa yang sesuai dengan gaya pembelajaran masing-masing. Apabila kamu suka dengan metode pembelajarannya, maka bisa ikut berlangganan kursus bahasa Inggris di Hello EF dengan paket 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. 

Adapun fitur dan layanan lain yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini, yaitu level pemula, expert dan business. Fitur lain yang ada di dalam aplikasi ini adalah percakapan dengan robot guna melatih grammar dan keterampilan kosakata, kelas intonasi dan listening. 

  1. Bard 

Rekomendasi aplikasi chatbot berikutnya adalah Bard milik Google. Platform satu ini digadang-gadang akan menjadi pesaing berat dari Chat GPT, karena sudah mempunyai beebrapa konsep fitur dan layanan yang hampir sama. Di Indonesia sendiri, Bard masih berada di dalam tahap pengembangan dan terbuka secara umum untuk digunakan oleh semua orang. 

  1. Socratic 

Aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para pelajar. Socratic merupakan aplikasi chatbot yang fokus terhadap pendidikan dan pembelajaran dengan dukungan teknologi AI. Aplikasi ini juga bisa menjawab pertanyaan umum sekaligus penjelasan secara detail kepada para penggunanya. 

Socratic memang menjadi aplikasi yang bisa diandalkan oleh para pelajar di saat belajar dirumah. Tapi ada satu hal perlu diingat, bahwa aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pemahaman dan pembelajaran saja. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 8 aplikasi chatbot terbaik yang bisa kamu pilih dan gunakan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu.  

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “8 Aplikasi Chatbot Terbaik untuk HP Android dan iOS”

  1. Ping-balik: Ingin Mendapatkan Uang Dari Telegram? Ikuti Langkah-Langkah Berikut! – Kadjiro

Tinggalkan komentar