Google Drive : Definisi, Fungsi dan Keunggulannya!

TRISULA

Google Drive Definisi, Fungsi dan Keunggulannya

Di antara kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu Google Drive. Google Drive merupakan penyimpanan secara online milik Google yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan file maupun berkas dari internet.

Layanan penyimpanan online satu ini sering digunakan oleh banyak orang, khususnya para pekerja kantoran yang harus menyimpan file dengan kapasitas besar. Dengan hadirnya Google Drive, kamu tidak hanya dapat menyimpan file secara online saja.

Akan tetapi, kamu juga bisa berbagi file dengan orang lain secara efektif dan melakukan backup file. Lalu, apa sih Google Drive dan bagaimana cara menggunakannya dengan efektif? Nah, perihal tersebut akan dijelaskan selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Google Drive?

Seperti sudah dijelaskan diatas, bahwa Google Drive adalah salah satu layanan milik Google yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, membackup dan mengedit file pengguna lainnya. Dilansir dari salah satu halaman, Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan file luar batas hard drive.

Pada layanan berkas milik Google kali ini kamu bisa gunakan secara gratis tanpa harus membayar biaya sepeserpun. Akan tetapi, Google Drive juga menyediakan layanan berbayar bagi para penggunanya untuk bisa menikmati fitur yang lebih luas.

Apabila ingin menggunakan layanan gratis dari Google Drive, kamu bisa menyimpan file dengan kapasitas maksimum 15GB. Sedangkan, untuk layanan berbayar kamu bisa melakukan upgrade penyimpanan menjadi 100GB, 200GB dan 1TB.

Masing-masing paket tersebut mempunyai harga yang tidak sama. Sehingga, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya. Kapasitas penyimpanan 15Gb sebenarnya sudah cukup bagi kebanyakan orang untuk menyimpan file di dalam Google Drive.

Google Drive sendiri adalah layanan penyimpanan file dan berkas dari Google yang diluncurkan pada tahun 2012 lalu. Secara otomatis, Google Drive akan tersinkronisasi dengan layanan dari Google lainnya seperti Gmail, Google Photos, Hangouts dan lain-lain.

Fungsi Google Drive

Google Drive merupakan layanan dari Google yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file maupun berkas. Sebagai berikut beberapa fungsi dari Google Drive :

1. Sharing File

Fungsi pertama dari Google Drive, yaitu untuk sharing file. Artinya, kamu bisa berbagi file yang mempunyai ukuran besar dengan orang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengajak orang lain untuk melihat, komentar dan edit folder.

2. Edit File

Fungsi dari Google Drive berikutnya, yaitu untuk mengedit file seperti Word, Excel dan Power Point. Tentunya, kamu akan mengedit file tersebut menggunakan aplikasi Google Docs, google Slide atau Google Sheets. Nantinya, semua hasil edit file tersebut akan tersimpan secara otomatis di Google Drive.

3. Backup Chat Whatsapp

Kamu juga bisa melakukan backup chat Whatsapp di Google Drive. Dengan menyambungkan akun Whatsapp di Google Drive, kamu bisa menyimpan semua riwayat percakapan di antara kamu dengan orang lain secara otomatis.

4. Backup File

Fungsi lain dari Google Drive adalah sebagai tempat penyimpanan file yang ingin di backup. Ya benar, dengan Google Drive kamu bisa menyimpan semua data maupun dokumen dengan aman. Hal ini tentu saja sangat berguna, terlebih jika komputer maupun smartphone rusak.

5. Membuat Catatan dengan Google Keep

Kamu juga bisa membuat catatan di Google Drive dan menyimpan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi yang sudah terhubung, yaitu Google Keep. Sehingga, kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi catatan lain maupun kertas apabila ingin menuliskan sesuatu.

6. Menyimpan Link

Kamu juga bisa menyimpan link, ketika sedang browsing di internet untuk selanjutnya dikunjungi beberapa hari kemudian. Apabila kamu menggunakan browser Google Chrome, maka bisa melakukannya dengan cara memasang ekstensi Google Drive.

Setelah memasang ekstensi tersebut, klik pada ikon segitiga yang ada di browser untuk menyimpan link di Google Drive. Kamu juga bisa menyimpan dengan cara klik kanan di bagian link tersebut dan memilih menu “save link to Google Drive”.

Keunggulan Menggunakan Google Drive

Ada banyak sekali keunggulan dari Google Drive yang bisa kamu manfaatkan, sebagai berikut diantaranya :

1. Mudah Di Dalam Mencari File

Google Drive mempunyai fitur pencarian berdasarkan kata kunci dan filter berdasarkan jenis file. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah di dalam mencari file Google Drive hanya dengan mengetikan nama file nya saja.

2. Bisa Berbagi dan Edit File

Google Drive memungkinkan kamu untuk berbagi file kepada orang lain dengan efektif. Selain itu, kamu juga bisa mengizinkan orang lain untuk edit file setelah membagikannya kepada mereka.

Hal ini bisa kamu gunakan di saat menggunakan layanan dari Google Drive yang bernama Google Docs, Google Spreadsheet, Google Slides dan lain-lain. Setelah kamu selesai membuat sesuatu di beberapa layanan tersebut, maka bisa membagikannya dan membiarkan kepada orang lain untuk mengedit sesuai dengan izin dari kamu.

3. Bisa Di Akses Dengan Berbagai Perangkat

Keunggulan lainnya dari Google Drive, yaitu kamu bisa mengakses file dengan berbagai perangkat. Tidak hanya lewat desktop saja, kamu juga bisa mengakses Google Drive dari iPhone dan Android. Dengan begitu, kamu bisa diberikan kemudahan untuk mengakses Google Drive dimana dan kapan saja.

4. Bisa Mengakses File Dimana Saja

Selagi kamu masih tersambung dengan jaringan koneksi internet, maka dapat mengakses Google Drive dari manapun. Google Drive sudah menyimpan file kamu di dalam server mereka.

Maka dari itu, di saat kamu butuh tinggal mengaksesnya lewat Google Drive. Dengan demikian, hal ini mempermudah kamu sebagai para pekerja kantoran yang mengakses file kerja dimana dan kapan saja.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian, fungsi dan keunggulan dari Google Drive. Intinya, Google Drive merupakan layanan dari Google yang mempermudah kamu di dalam mengatur dan menyimpan file dengan kapasitas besar. Semoga membantu!

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “Google Drive : Definisi, Fungsi dan Keunggulannya!”

  1. Ping-balik: 7 Rekomendasi Aplikasi Backup Data Terbaik 2023! – Kadjiro
  2. Ping-balik: Kamu Mendapatkan Peringatan Google Drive Sudah Limit ? Ini Solusinya – Kadjiro

Tinggalkan komentar