8 Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Anggi Novita Sari

Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Kadjiro – WhatsApp menawarkan berbagai macam fitur menarik di dalamnya. Selain itu, WhatsApp juga mempunyai tampilan yang lebih ringkas dan mudah dipahami ketika digunakan. 

Tidak heran, banyak para pengguna HP install aplikasi chat yang satu ini. Bahkan saking populernya, aplikasi ini bisa dibilang sebagai aplikasi wajib harian yang harus dibuka. Ada beberapa juga yang sering mengecek untuk melihat apakah ada notifikasi WhatsApp terbaru yang masuk atau tidak. Baik itu notifikasi pesan maupun panggilan yang masuk. 

Meski begitu, tidak jarang juga notifikasi WhatsApp ini justru tidak muncul. Nah, di dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul. Kamu juga bisa menyimak cara mengatasinya di bawah ini. 

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul 

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi salah satu penyebab ketika notifikasi WhatsApp tidak muncul. Hal ini tentu akan menghambat komunikasi, belum lagi ada hal yang sangat penting.Supaya tidak bingung, berikut adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab tidak munculnya notifikasi dari aplikasi WhastApp

  1. Koneksi Internet Tidak Stabil atau Buruk 

Salah satu penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah kondisi internet yang tidak stabil atau buruk. WhatsApp adalah aplikasi kirim pesan yang membutuhkan jaringan internet supaya bisa digunakan. 

Dengan begitu, jika koneksi internet tidak ada atau tidak stabil, maka pesan dan panggilan yang masuk ke HP akan terganggu. Hal ini membuat notifikasi juga menjadi lebih lambat muncul atau tidak muncul sama sekali. 

  1. Pengaturan WhatsApp yang Salah 

Apabila kamu merasa koneksi internet di HP sudah cukup baik, tapi notifikasi WhatsApp masih tidak muncul. Bisa jadi penyebabnya berasal dari pengaturan WhatsApp yang masih salah. Sama seperti aplikasi yang lainnya, ada pengaturan yang harus disetel supaya notifikasi bisa muncul. Misalnya tentang perizinan, fitur mute atau fitur lainnya. 

  1. Aplikasi WhatsApp Belum Update 

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul berikutnya bisa terjadi, karena aplikasi belum di update. Perlu kamu ingat, bahwa WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang cukup rajin memberikan update aplikasi.

Update ini diklaim bisa memperbaiki bug dan meningkatkan performa pada aplikasi. Apabila aplikasi WhatsApp sudah lama tidak melakukan update, tentunya untuk performanya akan mengalami penurunan dan bisa menyebabkan bug notifikasi tidak muncul. 

  1. Sistem Operasi Tidak Cocok 

Mengikuti perkembangan sistem operasi dan teknologi saat ini, WhatsApp juga terus membenahi aplikasinya dan tidak bisa lagi digunakan lagi pada sistem operasi lama. Meski bisa jadi, notifikasi WhatsApp yang tidak muncul ini bisa jadi dikarenakan sistem operasi yang sudah tidak mendukung.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul 

Apabila notifikasi WhatsApp di HP tidak muncul, kamu tidak perlu bingung lagi. Setelah mengetahui beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya, saat ini kamu sudah bisa mengatasi masalah tersebut sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul : 

  1. Menyalakan Notifikasi WhatsApp 

Saat ini, banyak sekali HP yang sudah dibekali dengan sistem operasi dengan fitur sangat lengkap. Salah satunya adalah untuk mengatur supaya notifikasi WhatsApp bisa muncul, kamu bisa memberikan izin notifikasi pada aplikasi WhatsApp. Cara menyalakannya adalah :

  • Masuk ke bagian aplikasi di bagian “Settings”. 
  • Lanjutkan dengan cara memilih opsi “Apps” atau “Applications”. 
  • Pilih “WhatsApp”. 
  • Klik opsi “Notifications”. 
  • Di bagian ini, kamu bisa mengatur perihal notifikasi WhatsApp yang muncul. Geserkan toggle ke arah kanan untuk menyalakan notifikasi WhatsApp. 

Kamu juga bisa mengatur notifikasi WhatsApp melalui pengaturan yang ada di dalam aplikasi itu sendiri. Caranya adalah membuka aplikasi WhatsApp dan memilih ikon titik tiga yang berada di bagian pojok kanan atas. Pilih “Settings” dan “Notifications”. Di bagian ini, kamu tinggal mengatur nada dering untuk melakukan panggilan telepon dan nada pesan yang masuk. 

  1. Mengganti Jaringan Internet atau Menggunakan WiFi 

Salah satu hal yang menjadi penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah koneksi internet tidak stabil. Maka dari itu, cara untuk mengatasi hal tersebut adalah mengganti jaringan internet maupun menggunakan WiFi. Dengan begitu, maka kondisi internet di HP kamu menjadi lebih baik. Sehingga notifikasi WhatsApp bisa muncul kembali secara normal. 

  1. Restart HP

Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan restart HP supaya koneksi jaringan kembali lagi normal. Selain itu, sistem operasi yang digunakannya juga akan kembali ke performa awal dan bisa jadi membuat notifikasi WhatsApp muncul. 

  1. Update Aplikasi dan Sistem Operasi 

Cara untuk mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul lainnya adalah menghapus cache di dalam aplikasi WhatsApp. Cache yang menumpuk ini bisa mengganggu performa pada aplikasi tersebut. Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk menghapus cache aplikasi supaya performanya kembali optimal. Caranya adalah masuk ke opsi menu “Settings”, lalu pilih “WhatsApp” dan “Clear Cache”. 

Apabila masih belum berhasil, kamu bisa mencoba untuk melakukan update aplikasi ke versi paling baru. Caranya adalah masuk ke “Google Play Store” dan mengetikkan di kolom pencarian “WhatsApp” dan pilih “WhatsApp”. Apabila versi yang digunakan belum terbaru, kamu akan melihat pilihan update. 

Di saat update aplikasi belum memunculkan notifikasi WhatsApp, maka cara berikutnya adalah melakukan update pada sistem operasi. Jangan lupa untuk selalu melakukan back up data terlebih dahulu. Dengan begitu, selain mendapatkan notifikasi yang muncul, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur baru yang tidak bisa dirasakan pada aplikasi WhatsApp versi lama.  

Sekian penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul. Semoga informasi di atas bisa membantu, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar