8 Aplikasi Backup Data Android Terbaik

Anggi Novita Sari

8 Aplikasi Backup Data Android Terbaik
8 Aplikasi Backup Data Android Terbaik

Kadjiro – Di zaman serba canggih seperti sekarang, kamu bisa mencadangkan data dengan mudah menggunakan aplikasi backup data terbaik. Dengan mencadangkan data yang dimiliki ini bisa menghindari kamu dari kehilangan data penting, ketika smartphone rusak.

Sehingga jika kamu tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka melakukan backup data menjadi sesuatu hal sangat penting. Untuk melakukan backup data, kamu membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Tenang saja, meskipun harus install aplikasi tambahan atau pihak ketiga tersebut. Tapi semua aplikasi untuk mencadangkan data di Android ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Lantas, apa saja aplikasi untuk mencadangkan data di smartphone Android yang bisa kamu gunakan? Apabila kamu ingin tahu perihal aplikasi backup data, yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Aplikasi Backup data Android

Sekarang ada banyak sekali aplikasi backup data Android yang bisa dipilih bebas oleh para pengguna smartphone Android. Akan tetapi, tidak semua aplikasi backup data ini bisa menjadi solusi kamu di saat ingin melakukan penyimpanan data. Sebagai berikut 8 aplikasi backup data Android terbaik yang bisa kamu pilih dan gunakan : :

G Cloud Backup

Pertama ada aplikasi bernama G Cloud Backup. Ketika kamu mempunyai masalah dengan memori smartphone, maka bisa mencoba backup data untuk menambah ruang penyimpanan dengan menggunakan aplikasi ini.

G Cloud Backup juga bisa digunakan untuk menyegarkan memori HP sampai dengan kapasitas ruang bertambah sampai 7GB. Sehingga menggunakan aplikasi ini bisa menjadi alternatif pilihan, ketika kamu tidak ingin menggunakan kartu memori eksternal di HP. Namun sebelum itu, kamu harus download dan install aplikasi G Cloud Backup terlebih dahulu di smartphone.

Super Backup & Restore – Aplikasi Backup Data

Di saat menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah terhubung dengan Google Drive dan Google Mail. Super Backup & Restore juga mampu mencadangkan macam-macam data.

Diantaranya, seperti kontak telepon, aplikasi, foto, video dan lain-lain. Pada saat proses backup sudah selesai, kamu bisa mengecek berbagai data penting di dalam Google Drive.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jumlah kapasitas memori yang tersimpan di Google Drive-mu ini sangat luas. Dengan begitu, memungkinkan sistem untuk menyimpan data baru dan memotong jumlah memori yang sebelumnya.

Super Backup & Restore juga bisa kamu dapatkan secara mudah, cukup dengan membuka Google Play Store. Lalu, kamu ketikkan “Super Backup & Restore” dan klik install.

My Backup

Apabila dua aplikasi di atas masih belum cukup, kamu direkomendasikan menggunakan aplikasi My Backup. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan sudah dilengkapi dengan ratusan fitur yang akan memanjakan para penggunanya.

My Backup juga memungkinkan kamu untuk menyimpan file penting langsung ke USB on the go (OTG). Tapi di saat pengguna hendak melakukan backup aplikasi, harus mempunyai akses root terlebih dahulu.

Titanium Backup – Aplikasi Backup Data

Masih berada di dalam pembahasan sama, Titanium Backup juga bisa menjadi salah satu aplikasi yang akan membantumu di dalam menyimpan data dengan proses lebih mudah. Hanya saja, untuk menggunakan aplikasi ini smartphone Android-mu harus dilakukan root terlebih dahulu.

Setelah di root, kamu bisa melakukan backup berbagai macam data dengan menggunakan aplikasi ini. Keunikan lain dari aplikasi ini adalah bisa membackup secara otomatis sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh para penggunanya.

App Backup Restore Transfer

App Backup Restore Transfer yang satu ini sangat mudah digunakan oleh setiap pengguna yang ingin mencadangkan di setiap aplikasi terinstall di smartphone-mu. App Backup Restore Transfer juga mempunyai kemampuan untuk mencadangkan data kontak, SMS dan semua data di dalam SD Card. Dengan kemampuan dan cara penggunaanya yang sangat mudah, maka aplikasi ini sangat patut untuk diandalkan.

My Cloud

Aplikasi backup data Android berikutnya mempunyai tampilan yang cukup menarik dan mudah untuk dijalankan oleh para penggunanya. Salah satu dari keunggulan aplikasi My Cloud adalah menyimpan file dengan format RAW. Ketika pengguna menyimpan data, maka aplikasi ini secara otomatis akan mengelompokkan berdasarkan tipe file guna mempermudah para pengguna untuk menemukan data.

Backup Your Mobile

Backup Your Mobile juga tidak kalah bagus untuk digunakan, karena mempunyai kemampuan di dalam proses mencadangkan berbagai macam data. Mulai dari SMS, MMS hingga panggilan telepon.

Dengan menggunakan aplikasi Backup Your Mobile, kamu bisa mengamankan data penting baik itu data lama maupun baru supaya tidak terhapus disaat smartphone rusak. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu cukup membuka aplikasi dan klik setiap data yang akan dicadangkan.

Contact Backup

Sesuai dengan namanya, bahwa aplikasi Contact Backup ini juga dibuat secara khusus untuk mencadangkan kontak di HP yang kamu gunakan. Sehingga, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa backup di setiap kontak yang ada di smartphone.

Pengguna juga diberikan kebebasan untuk menyesuaikan atau melakukan backup kontak ke cloud storage maupun email. Proses back up nya juga sangat mudah dan simple.

Semua aplikasi yang sudah disebutkan diatas ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk kamu mencari tahu terlebih dahulu sebelum memilih aplikasi backup data Android.

Itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai 8 aplikasi backup data Android. Semoga penjelasan diatas bisa membantu dan kira-kira kamu akan memilih aplikasi backup data yang mana,ya?

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “8 Aplikasi Backup Data Android Terbaik”

  1. Ping-balik: 8 Manfaat Backup Data yang Harus Diketahui dan Cara Melakukannya! – Kadjiro

Tinggalkan komentar