8 Keunggulan Macbook Dibandingkan dengan Laptop Biasa

Anggi Novita Sari

Keunggulan Macbook Dibandingkan dengan Laptop Biasa

Kadjiro – Apa keunggulan Macbook dibandingkan dengan laptop biasa? Macbook menjadi salah satu laptop premium yang menjadi incaran bagi banyak orang. 

Tentunya, ada banyak kelebihan di dalamnya karena mempunyai harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan Windows. Meski begitu peminat Macbook tetap banyak, karena memang kualitasnya sangat baik. 

Untuk kamu yang mungkin berniat untuk membeli laptop di dalam waktu dekat, sangat penting untuk paham mengenai berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh Macbook. Hal ini bisa menjadi pertimbangkan akan memilih Macbook atau Windows. 

Keunggulan Macbook Dibandingkan Laptop Biasa 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika Macbook ini memang menawarkan banyak sekali keunggulan. Walaupun mungkin saja kamu harus mengeluarkan uang yang ekstra, ketika ingin mendapatkannya. 

Akan tetapi, jika memang kamu membutuhkan kualitas yang baik, maka Macbook merupakan pilihan yang tepat. Sebagai berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Macbook : 

  1. Kualitas Mesin 

Sepertinya sudah tidak ada lagi orang yang meremehkan kualitas mesin dari laptop Macbook. Karena memang Apple sudah mendesain laptop yang satu ini untuk keperluan sehari-hari dengan sangat baik. 

Biasanya, laptop Macbook ini bisa bertahan sampai dengan 10 tahun dari pembelian. Performanya juga masih sangat baik untuk digunakan sehari-hari. Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows, karenda di dalam waktu 5 tahun saja mungkin performanya sudah mulai menurun. 

  1. Keamanan 

Keunggulan Macbook dibandingkan laptop selanjutnya adalah keamanan. Semua orang pasti akan setuju, ketika mengatakan Macbook mempunyai sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Windows. 

Karena memang, semua produk yang dikeluarkan oleh Apple ini sangat anti sekali dengan produk-produk bajakan. Hal ini berbeda jauh dengan berbagai macam aplikasi di Windows yang biasanya sangat mudah sekali untuk disusupi aplikasi bajakan. 

  1. Desain 

Mempunyai desain yang sangat menarik dan terbuat dari bahan berkualitas. Dari zaman dahulu sampai dengan sekarang, Macbook mempertahankan desain elegannya yang sangat sederhana tapi tetap terlihat keren. 

Laptop ini sudah dilengkapi dengan keyboard yang bagus, serta mempunyai keypad yang luas. Sehingga, nyaman sekali untuk digunakan. Tidak heran, ketika ada banyak orang yang membutuhkan mouse di saat menggunakan Macbook. 

  1. Kualitas Hardware 

Keunggulan Macbook dibandingkan dengan laptop biasa ini sangat terasa di dalam komponen hardwarenya. Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan Windows, mungkin akan kaget dengan hardware di dalam Macbook. 

Semuanya adalah hardware premium dengan kualitas terbaik. Karena memang Apple ini sangat berfokus untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para penggunanya. 

  1. User Friendly 

Apabila dilihat dari desainnya, tentunya Macbook mempunyai tampilan yang sangat user friendly. Hal ini menjadi salah satu alasan, kenapa ada banyak sekali para profesional yang menggunakannya. 

Terutama untuk orang-orang yang mungkin bekerja sebagai seorang desainer maupun editing. Karena laptop ini memang sangat nyaman sekali untuk digunakan, serta mempunyai kualitas yang sangat baik dari segi performa. 

  1. Resolusi Layar

Kualitas layar dari Macbook bisa dikatakan sangat mengagumkan. Karena, memang biasa memberikan tampilan warna dengan tajam dan akurat. 

Sehingga, ini sangat cocok sekali digunakan oleh para desainer. Karena memang membutuhkan keakuratan warna yang tinggi di dalam melakukan desain sesuatu.  

  1. Harga Stabil 

Apabila dibandingkan dengan Windows, Macbook bisa dikatakan mempunyai harga yang lebih stabil. Artinya, kamu tidak akan mengalami kerugian terlalu besar di saat menjualnya kembali. 

Hal ini tentunya menjadi sesuatu keuntungan tersendiri. Apabila kamu ingin melakukan pergantian laptop dan menjual laptop lama, maka tidak akan rugi terlalu banyak. 

Kekurangan Macbook Dibandingkan Windows 

Meski laptop ini mempunyai banyak sekali keunggulan, bukan berarti tidak mempunyai kekurangan. Sebagai berikut adalah beberapa kekurangan Macbook dibandingkan dengan Windows : 

  1. Harga Kurang Ramah Dikantong 

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Macbook adalah harganya yang terlalu mahal bagi kalangan menengah ke bawah. Maka dari itu, biasanya Macbook ini memang hanya dimiliki oleh orang-orang kalangan atas saja. 

  1. Service Center yang Belum Terlalu Banyak 

Kekurangan berikutnya dari Macbook adalah tidak mempunyai service center secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini mungkin akan menjadi suatu permasalahan tersendiri, ketika ada kerusakan dan belum melakukan perbaikan. 

Tentunya sangat penting untuk memilih service center resmi supaya mendapatkan pelayanan terbaik dan barang original. Sangat tidak disarankan untuk melakukan perbaikan Macbook di service center tidak resmi. 

  1. Harga Aksesoris yang Mahal

Semua orang pasti akan menggelengkan kepala di saat sudah mengerti harga aksesoris Macbook. Apabila dibandingkan dengan laptop lain, untuk harganya bisa lebih mahal berkali-kali lipat. 

Hal ini tentunya sangat wajar sekali terjadi. Alasannya, karena memang produk-produk Apple ini memang mempunyai kualitas yang sangat baik dan harganya relatif jauh lebih mahal. 

  1. Aplikasi Tidak Sebanyak di Laptop Windows 

Ketika kamu menggunakan Macbook, mungkin ada beberapa aplikasi yang umum digunakan di Windows itu tidak tersedia. Maka dari itu, kamu mungkin harus melakukan beberapa penyesuaian di dalam tugas sehari-hari. Jadi, kamu harus mencari aplikasi alternatif lainnya yang mempunyai fungsi sama supaya tetap bisa bekerja dengan baik. 

  1. Biaya Maintenance Cukup Mahal 

Sama seperti permasalahan yang sebelumnya, harga memang menjadi salah satu kekurangan dari laptop satu ini. Karena untuk melakukan maintenance, kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. 

Meski mempunyai harga yang mahal, tapi Macbook ini memang menawarkan kualitas yang berbeda dibandingkan dengan laptop lainnya. Beberapa keunggulan Macbook dibandingkan laptop biasa di atas bisa menjadi salah satu alasan untuk kamu membelinya. 

Selamat memilih dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar