6 Tanda-Tanda Keyboard Laptop Harus Diganti, Jangan Sampai Disepelekan!

Anggi Novita Sari

Tanda-Tanda Keyboard Laptop Harus Diganti 

Kadjiro – Laptop memang sudah menjadi bagian yang tidak pernah lepas di dalam kehidupan sehari-hari pada digital nomad. Seiring berjalannya waktu, penggunaan laptop yang intens ini juga bisa menyebabkan berbagai masalah di setiap komponennya. 

Salah satu komponen yang rentan mengalami kerusakan adalah keyboard laptop. Keyboard menjadi salah satu jembatan penghubung antara pengguna perangkat di dalam menunjang aktivitas seperti mengetik, mengedit dan berkomunikasi secara daring. 

Apabila digunakan secara terus-menerus, keyboard di laptop bisa saja mengalami aus. Keausan ini juga bisa mengakibatkan beberapa masalah yang mengganggu produktivitas pengguna di dalam melakukan pekerjaan. 

Maka dari itu, penting sekali bagi pengguna untuk mengenali tanda-tanda keyboard laptop perlu diganti supaya bisa langsung mengambil langkah pencegahan. Bagi yang penasaran dengan tanda-tanda keyboard laptop harus diganti, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Tanda-Tanda Keyboard Laptop Harus Diganti 

Sebagai berikut adalah tanda-tanda keyboard laptop harus diganti : 

  1. Ada Beberapa Tombol Keyboard Laptop yang Sudah Tidak Berfungsi 

Tanda pertama yang harus kamu kenali adalah apabila ada beberapa tombol keyboard sulit ditekan dan tidak menunjukkan respon apapun, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa laptop kamu harus segera ganti keyboard. Hal ini tentunya bisa menghambat produktivitas kamu bekerja, ketika sedang mengetik. Kemungkinan indikasi kenapa beberapa tombol keyboard laptop tidak bisa mengalami pergerakan saat ditekan ini, karena mekanisme pegas yang ada di bagian bawah tombol sudah mengalami kerusakan. 

  1. Bilah Tombol Pada Keyboard Laptop Terlepas dan Pecah 

Apabila bilah keyboard laptop yang sedang kamu tekan dan ternyata tidak sengaja terlepas sendiri dari tempatnya, hal ini juga bisa menjadi indikasi yang tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Kerusakan fisik di tombol-tombol ini juga bisa mengakibatkan ketidaknyamanan di saat penggunaan dan membuat laptop tidak estetis secara visual. 

Tombol-tombol yang terlepas ini bisa menjadi pertanda, bahwa pengait atau pegangan di bagian bawahnya sudah mengalami keausan atau kerusakan secara struktural. Apabila tidak ditangani dengan cepat, maka kerusakan ini bisa menyebar ke tombol lainnya atau ke bagian lain dari keyboard laptop tersebut. 

  1. Munculnya Suara “Klik” yang Tidak Seperti Biasanya 

Gesekan di dalam keyboard laptop yang menghasilkan suara “klik” ini bisa menjadi tanda-tanda, bahwa ada beberapa bagian mekanisme dibawah tombol mengalami keausan atau kerusakan. Suara ini sering muncul, karena ada pergesekan antara tombol dan struktur di bagian bawahnya yang seharusnya bergerak dengan lancar tanpa menimbulkan suara sama sekali. 

Keausan di keyboard ini bisa disebabkan oleh penggunaan yang intensif di dalam jangka waktu penggunaan sangat lama. Setiap kali tombol ditekan, gesekan akan terjadi di bagian-bagian yang bergerak di bawahnya. Seiring berjalannya waktu, bagian-bagian tersebut bisa mengalami keausan dan menghasilkan suara yang tidak biasa. 

  1. Lampu Bagian Latar Mati 

Ada beberapa bilang tombol yang menyediakan lampu layar di bagian keyboardnya. Hal ini dinilai sebagai tanda, ketika pengguna menekan tombol tersebut amak akan menghasilkan respon berupa lampu menyala atau perubahan warna tertentu. 

Fitur lampu ini juga bisa memberikan petunjuk secara visual kepada pengguna di dalam mengenai posisi dan fungsi tombol di bagian keyboard. Sehingga, bisa mempermudah pengguna di dalam navigasi dan mengetik di dalam keadaan gelap. Ada satu hal perlu kamu ketahui, bahwa lampu layar yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau mati ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada keyboard laptop.

  1. Keluaran Pada Saat Menekan Bilah Tombol Pada Keyboard Laptop Justru Berbeda 

Apakah kamu pernah mengalami fase di saat mengetik dan menaruh jarimu di bilah keyboard, lalu ketika menekan salah satu tombol justru keluarannya berbeda dengan apa yang kamu ketikkan? Kejadian keluaran dari tombol keyboard yang tidak sesuai dengan seharusnya ini bisa menjadi gejala serius dari masalah pada keyboard laptop. 

Hal ini bisa menjadi pangkat pengguna akan mengalami kesalah pengetikan atau typo. Di saat mengetik muncul karakter yang tidak diinginkan atau bahkan kombinasi karakter yang aneh, ini bisa menjadi satu pertanda bahwa keyboard laptop kamu mengalami tidak stabil atau terjadi kerusakan di dalam mendeteksi input. 

Masalah ini bisa saja bersumber dari beberapa faktor, termasuk kerusakan pada mekanisme dibawah tombol, gangguan koneksi antara keyboard dan motherboard, atau mungkin terjadi kerusakan pada sirkuit yang mengatur input dari keyboard. Kejadian ini juga seringkali membuat para pengguna merasa frustasi dan mengganggu produktivitas, apalagi ketika kamu harus terus melakukan perbaikan kesalahan di saat pengetikan berlangsung. 

  1. Muncul Bekas Tumpahan Cairan Pada Permukaan Bilah Keyboard 

Adanya jejak dan bekas tumpahan cairan atau goresan di keyboard ini memang tidak boleh dianggap sepele, karena kondisi kali ini bisa menyebabkan masalah serius pada kinerja dan keberfungsisannya. Cairan seperti cipratan air, tetesan cairan kopi atau minuman lain ini bisa merusak komponen sirkuit. 

Bahkan, hal tersebut juga bisa menjadi penyebab korosi dan menurunkan umur penggunaan keyboard. Bercak-bercak ini juga bisa mengakibatkan tombol di keyboard kamu menjadi lengket dan sulit sekali untuk ditekan. 

Sehingga, bisa menghambat performa di saat mengetik dan menurunkan produktivitas. Tumpahan cairan yang tidak segera diatasi ini juga bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan merusak komponen lain di bagian internal keyboard laptop.

Itulah dia tanda-tanda keyboard laptop yang harus diganti. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan tambahan informasi, khususnya yang sering melakukan aktivitas sehari-harinya menggunakan laptop. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar