7 Cara Membuat Tulisan Keren di WhatsApp, Tanpa Aplikasi dan Mudah!

Anggi Novita Sari

Cara Membuat Tulisan Keren di WhatsApp (WA) 

Kadjiro – Aplikasi chatting yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan baik dalam bidang pekerjaan atau urusan pribadi adalah WhatsApp (WA). Melalui aplikasi ini, kamu tidak hanya sekedar bisa bertukar pesan, video, gambar dan audio tapi juga bisa membuat macam-macam tulisan keren. 

Namun, masih banyak pengguna WA yang belum paham dengan cara membuat tulisan keren. Bagi kamu yang penasaran dengan sekumpulan cara tersebut, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

Cara Membuat Tulisan Keren di WhatsApp (WA) 

Selain pengiriman pesan yang cepat, hingga kompatibel dengan semua sistem operasi membuat WhatsApp banyak digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Bahkan, WA juga bisa membuat pesan menjadi lebih hidup dan interaktif menggunakan stiker, emoji dan tulisan keren. Sebagai berikut adalah 7 cara membuat tulisan keren di WA : 

  1. Tulisan Tebal 

Cara membuat tulisan keren di WA yang pertama bisa dilakukan menggunakan keyboard biasa dan tanpa aplikasi. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya cukup menambahkan tombol bintang (*) tanpa spasi, sebelum dan sesudah dari sebuah kalimat tersebut. 

Contoh sederhana adalah “murid diwajibkan untuk *membawa bekal sendiri*, karena panitia tidak menyediakan konsumsi”. Jadi hasilnya, tulisan yang diapit oleh simbol bintang ini akan tebal secara otomatis. 

  1. Tulisan Miring 

Cara membuat tulisan keren di WA berikutnya adalah menjadi bentuk miring. Hampir sama dengan membuat tulisan tebal atau bold di atas, namun simbol yang digunakan berbeda. 

Apabila ingin membuat tulisan miring di WA, maka kamu harus mengapit kalimat atau kata yang ditulis menggunakan simbol underscore (_). Contohnya adalah membuat kalimat “Penggunaan kata bahasa asing di dalam sebuah tulisan menggunakan _italic_”. 

Maka, hasil yang keluar pada kata “italic” tersebut akan secara otomatis miring karena sudah diapit menggunakan simbol underscore di bagian awal dan akhir. Mudah, bukan? 

  1. Mencoret Tulisan 

Selanjutnya, membuat tulisan dicoret atau efek strikethrough yang sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengapit di sebuah kata atau kalimat dengan simbol tilde (~) di bagian awal dan akhir. Tulisan keren di WA kali ini bisa kamu gunakan untuk membuat tekanan di sebuah argumen maupun guyonan tertentu yang ingin disampaikan kepada seseorang di dalam chat tersebut. 

  1. Menggabungkan Dua Efek 

Menggunakan formatting options ini bisa membantu kamu untuk menggabungkan dua hingga tiga efek sekaligus di dalam kata maupun kalimat yang diinginkan. Kamu bisa menuliskan pesan dengan kata yang tercetak miring, tebal dan dicoret secara bersamaan apabila memang dibutuhkan. 

Dengan menggunakan efek ini, maka pesan kamu menjadi lebih hidup. Supaya lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan shortcut simbol. 

Contoh sederhananya adalah, “Saudara-saudara, saya akan melakukan kunjungan ke Semarang mulai *_20-22 Januari 2024_*, jadi mohon kerjasamanya”. 

Makna, tanggal yang tertera akan langsung miring dan tebal secara otomatis. Mudah untuk dilakukan sendiri, kan? 

  1. Merubah Ukuran Font 

Tidak hanya di Microsoft Word, melalui aplikasi chatting WA kamu juga bisa merubah ukuran font. Caranya juga termasuk mudah, yaitu membuka chat dan mengetuk titik tiga yang ada di pojok kiri atas. 

Apabila sudah, pilih “Settings – Chats – Font Size”. Kamu bisa langsung melakukan pengaturan di menu satu ini sesuai dengan keinginan. Satu hal perlu kamu ketahui juga, bahwa ada tiga pilihan ukuran font yang bisa dipilih yaitu small, medium dan large

  1. Tulisan Berwarna 

Tulisan keren lainnya di WA adalah membuatnya berwarna. Kamu bisa mengganti warna font, sehingga terlihat lebih meriah lagi. 

Tulisan keren dengan warna warni ini juga bisa kamu gunakan di beberapa momen tertentu seperti berkirim pesan ulang tahun. Namun, untuk bisa mengaplikasikan warna di dalam tulisan WA sendiri kamu juga membutuhkan bantuan aplikasi tambahan. 

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantu di dalam memberikan warna di tulisan WA. Untuk beberapa diantaranya adalah Bluewords, WhatsBlue Text, Whatsapp and Text, Cool Fonts for WhatsApp dan Color Texting Messenger. 

Semua aplikasi pendukung yang telah disebutkan tidak berbayar atau bisa diakses secara gratis, tapi kamu harus melewati beberapa iklan popup terlebih dahulu. Bagi kamu yang ragu untuk install aplikasi pendukung, maka bisa memilih alternatif lainnya seperti menggunakan tulisan berwarna biru dan menu emoji

Nantinya, kamu akan menemukan deretan alfabet yang berwarna biru. Tapi kekurangannya adalah proses penulisannya mungkin akan menjadi lebih lama. 

  1. Mengganti Tipe Font Menjadi Monospace

Bagi kamu yang menggunakan iOS atau tidak ingin install aplikasi tambahan bisa mencoba tulisan aesthetic dengan fitur bawaan aplikasi tersebut. Perlu kamu ketahui, bahwa WA ternyata menyediakan satu variasi font lainnya yaitu Monospace

Font yang satu ini pada dasarnya bersifat open source text, sehingga bisa kamu unduh di PC secara ilegal dan gratis menggunakan Google Font. Monospace sendiri didesain seperti karakter huruf yang keluar di saat kamu menggunakan mesin ketik manual. 

Tulisan keren satu ini juga akan terlihat sangat klasik dan elegan. Cara membuat tulisan keren di WA kali ini adalah cukup mengapit kata atau kalimat yang dikehendaki dengan tanda petik tunggal yang diagonal ke kanan sebanyak tiga kali (“‘). 

Contohnya “‘apa kabar?”’, maka hasil yang keluar adalah tulisan dengan tampilan font Monospace. Supaya bisa mendapatkan tanda petik diagonal tersebut, kamu hanya perlu menekan beberapa saat tanda petik tunggal dan memilih salah satu yang miring kesebelah kanan. 

Itulah 7 cara membuat tulisan keren di WA yang bisa kamu coba untuk digunakan. Beberapa tulisan keren di atas juga bisa kamu gunakan untuk beberapa kepentingan pekerjaan atau menuliskan pengumuman tertentu. Selamat mencoba dan semog berhasil, ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar