7 Daftar Aplikasi Menggambar Terbaik, Gratis dan Mudah Digunakan!

Anggi Novita Sari

Daftar Aplikasi Menggambar 

Kadjiro – Saat ini teknologi semakin canggih dan smartphone sudah menjadi alat yang paling penting untuk beberapa orang. Selain digunakan untuk berbicara dan terhubung internet, HP Android juga memberikan penawaran berbagai aplikasi inovatif dan salah satunya adalah aplikasi menggambar

Untuk beberapa seniman, pelukis atau mereka yang berekspresif dengan visual, aplikasi menggembar di Android ini memberikan penawaran alat dan feature yang sangat beragam. Dengan hal tersebut, maka pengguna bisa menghasilkan kreasi seni digital yang mudah dan cepat. 

Daftar Aplikasi Menggambar 

Sebagai berikut adalah daftar rekomendasi aplikasi menggambar yang bisa kamu pilih dan gunakan : 

  1. PaperColor 

PaperColor adalah aplikasi menggambar yang memberikan pengalaman melukis kepada pengguna seperti menggunakan kuas. Dengan pilihan warna yang banyak dan jenis kuas sangat beragam, kamu bisa membuat karya menjadi lebih indah dan menyenangkan. 

Kamu juga bisa menjiplak gambar dan membuat sketsa secara langsung diatas foto digital dengan memanfaatkan fitur “base map”. Tidak hanya kuas, aplikasi yang satu ini juga menyediakan fitur menyerupai dengan alat menggambar lainnya seperti pena, penggaris dan penghapus. 

PaperColor bisa mempermudah kamu untuk menggambar dimana dan kapanpun hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet. Aplikasi yang satu ini sudah diunduh lebih dari 10 juta di dalam Google Play Store. Namun, sayangnya kamu belum bisa menggunakan aplikasi PaperColor di perangkat iOS. 

  1. ArtFlow 

Kamu bisa mengekspresikan imajinasi dan ide kreatif menggunakan kanvas digital, karena sudah lebih dari 80 pilihan kuas yang tersedia di dalam aplikasi ArtFlow. Aplikasi yang satu ini juga memberikan penawaran fitur custom kuas yang bisa diciptakan dari gambar unggahan. 

Sama seperti aplikasi editing lainnya, ArtFlow juga menyediakan fitur layer yang berupa lapisan untuk memisahkan antara gambar satu dengan lainnya. Bagi yang ingin mendapatkan 50 layer di dalam kanvas berukuran 6144×6144 pixel, maka kamu bisa membeli lisensi pro. 

Aplikasi yang satu ini bisa kamu unduh secara gratis di perangkat Android. Ada 20 fitur alat menggambar, 3 layer dan “undo” sebanyak 6 kali yang bisa kamu gunakan di saat menggambar. 

  1. Autodesk SketchBook 

Autodesk SketchBook merupakan aplikasi menggambar yang memungkinkan kamu untuk mengekspresikan kreativitas menjadi lebih mudah. Aplikasi yang satu ini sudah tergolong sangat populer, karena telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store. 

Bagi para pengguna iOS kamu juga bisa mengunduh secara gratis di App Store. Aplikasi Autodesk SketchBook dirancang secara khusus untuk menjadi alat yang serbaguna dan mudah digunakan oleh para seniman, ilustrator dan pengguna umum yang tertarik terhadap seni digital. 

Salah satu fitur utama dari aplikasi Autodesk SketchBook adalah mempunyai tampilan yang sederhana dan minimalis. Kamu bisa merasakan pengalaman menggambar dengan berbagai alat seperti kuas, pena dan penghapus yang bisa disesuaikan kebutuhan. 

Aplikasi Autodesk SketchBook juga memberikan penawaran berbagai macam fitur kreatif seperti layer yang tidak terbatas, panduan menggambar, alat untuk merubah dan manipulasi gambar dengan mudah, serta fitur eksplore file di dalam berbagai format. Sangat menarik, bukan? 

  1. MediBang Paint 

MediBang Paint merupakan aplikasi menggambar yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan seniman digital dan illustrator. Kamu bisa mengunduh aplikasi yang satu ini secara gratis, baik dari desktop, tablet atau smartphone. 

Aplikasi MediBang Paint mempunyai banyak fitur yang membuatnya menjadi satu pilihan paling populer di kalangan komunitas seni digital dengan lebih dari 85 kali unduh di seluruh dunia. Kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai alat menggambar seperti kuas dan palet warna dari tata letak yang rapi dan terstruktur. 

Untuk aplikasi MediBang Paint ini juga sudah mendukung kolaborasi online dengan tim dari lokasi yang berbeda-beda. Sehingga, kamu dapat bekerja bersamaan di dalam suatu proyek dan memberikan umpan balik secara langsung. 

Aplikasi asal Jepang kali ini sudah mendominasi seni digital dengan lebih dari 280 juta kali total unduhan. Kamu bisa mengunduh secara gratis di berbagai jenis perangkat dan berlangganan versi berbayar untuk mendapatkan fitur premium. 

  1. Ibis Paint X 

Ibis Paint X adalah aplikasi menggambar yang sudah menyediakan lebih dari 15 ribu pilihan kuas, 1000 lebih tipografi, 80 efek filter, layer yang tidak terbatas dan lain-lain. Hal ini akan mempermudah kamu untuk melakukan eksperimen dan membuat karya seni dengan berbagai macam gaya. 

Kamu juga dapat merekam semua proses pembuatan gambar di dalam aplikasi ini, lalu menyimpan sebagai video. Ibis Paint X cocok sekali digunakan oleh berbagai kalangan dari segala tingkatan, mulai dari pemula sampai dengan seniman profesional. 

  1. Procreate 

Procreate merupakan aplikasi untuk membuat sketsa, ilustrasi dan animasi dimana saja. Aplikasi Procreate dikembangkan secara khusus untuk iPad, sedangkan Procreate Pocket adalah versi yang dioptimalkan untuk smartphone iOS. 

Kedua aplikasi ini memberikan fleksibilitas tinggi di dalam impor dan impor file, termasuk mendukung untuk format Photoshop Document (PSD). Procreate juga menyediakan lebih dari 200 pilihan alat menggambar yang bisa kamu customer seperti pensil, tinta, arang dan kuas yang artistik. Kamu juga bisa membuat model lukisan 3D dan menambahkan beberapa efek digital menggunakan aplikasi Procreate. 

  1. Adobe Fresco 

Bagi kamu yang merupakan illustrator, animator, pembuat sketsa atau seniman amatir gemar menggambar, Adobe Fresco menjadi pilihan yang tepat untuk membuat gambar digital. Adobe Fresco adalah aplikasi menggambar gratis yang dirancang secara khusus untuk perangkat iOS, baik smartphone, komputer dan perangkat windows. 

Seperti aplikasi menggambar yang lainnya, Adobe Fresco memberikan penawaran berbagai pilihan kuas yang bisa digunakan untuk berkreasi. Bahkan, kamu juga bisa meniru lukisan cat air hingga cat minyak dengan berbagai pilihan kuas dan efek 3D yang ada di dalam aplikasi. 

Aplikasi yang satu ini akan bekerja dengan optimal menggunakan stylus pen, termasuk di dalam tablet Wacom atau iPad. Adobe Fresco juga sudah terintegrasi dengan perangkat lunak Adobe Creative Cloud, sehingga kamu bisa menyimpan gambar langsung di dalam cloud

Itulah 7 rekomendasi aplikasi menggambar yang bisa kamu pilih dan gunakan. Selamat memilih dan semoga informasi diatas bisa membantu kamu di dalam menentukan pilihan,ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar