7 Ciri-Ciri Powerbank Rusak yang Harus Diketahui, Sebelum Terlambat!

Anggi Novita Sari

Ciri-Ciri Powerbank Rusak 

Kadjiro – Powerbank merupakan salah satu aksesoris yang paling penting untuk menunjang smartphone kamu. Meskipun tidak terlalu sering digunakan, namun powerbank sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan traveling atau untuk kamu yang mempunyai pekerjaan sebagai ojek online. 

Sama seperti dengan barang elektronik lainnya, powerbank ini mempunyai masa hidup di dalam rentang waktu tertentu. Artinya, setelah beberapa waktu digunakan, powerbank ini akan mulai berkurang kemampuannya dan akhirnya rusak tidak bisa digunakan. 

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu jika powerbank miliknya sudah rusak. Padahal, untuk powerbank yang sudah rusak ini sangat berbahaya jika digunakan secara terus menerus karena dapat merusak smartphone maupun membahayakan diri sendiri. 

Maka dari itu, di kesempatan kali ini akan membagikan informasi mengenai ciri-ciri powerbank yang rusak. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Powerbank Rusak 

Seperti sudah disebutkan diatas, bahwa untuk powerbank yang rusak ini sangat berbahaya. Ada beberapa ciri-ciri powerbank rusak yang harus kamu ketahui dan sebagai berikut penjelasan selengkapnya : 

  1. Powerbank Tidak Dapat Digunakan 

Ciri pertama dan yang paling mudah diketahui adalah disaat sebuah perangkat powerbank sudah tidak bisa digunakan untuk mengisi daya baterai HP. Ada kemungkinan powerbank yang kamu miliki sudah rusak. 

Nah, apabila semua lampu indikator LED yang ada di powerbank masih menyala dengan baik dan tidak ada kerusakan yang dialami oleh HP kamu. Maka, sebaiknya kamu menggunakan kabel USB cadangan. 

Lalu, lihat apakah powerbank milik kamu sudah bisa digunakan untuk mengisi daya baterai lagi atau tidak. Apabila kabel sudah diganti dan powerbank tetap tidak bisa bekerja seperti biasanya, bisa jadi powerbank milik kamu sudah rusak. 

  1. Lampu Indikator Mati Total 

Ciri-ciri powerbank rusak yang kedua bisa dilihat dari kondisi lampu indikatornya. Apabila lampu indikator sudah tidak menyala sama sekali, kemungkinan besar powerbank tersebut sudah rusak. 

Hal ini bisa saja terjadi, meski kamu sudah mengisi daya baterai powerbank selama berjam-jam dengan menggunakan kabel USB yang kondisinya bagus. Salah satu caranya adalah menggunakan stop kontak. 

Apabila salah satu lampu atau semua lampu indikator menyala saat di charger berjam-jam. Artinya, selamat powerbank milik kamu mungkin hanya kehabisan daya baterai dan bisa digunakan lagi. 

  1. Baterai Cepat Habis 

Salah satu dari banyaknya ciri-ciri powerbank rusak adalah kondisi baterai yang sudah ngedrop. Contohnya, kamu menghadapi kondisi baterai powerbank sudah habis, lalu kamu melakukan pengisian daya seperti biasa. 

Akan tetapi, tidak alam kemudian lampu indikator powerbank menyala semua. Hal ini menjadi pertanda, bahwa baterai powerbank yang kamu miliki sudah penuh. Padahal kamu barusan saja mengisi daya sebentar saja. Apabila hal ini terjadi, kemungkinan besar baterai powerbank yang kamu miliki sudah mulai ngedrop dan akan segera rusak. 

  1. Powerbank Menjadi Cepat Panas 

Powerbank menjadi hangat atau panas ini menjadi hal yang sangat wajar. Namun untuk panas yang berlebihan, maka kamu harus segera waspada dengan kondisi tersebut. 

Jika suhu powerbank menjadi cepat panas dan melebihi batas normal saat diisi maupun digunakan untuk mengisi daya, maka bisa jadi powerbank kamu berada di dalam keadaan rusak. Disaat powerbank kamu sudah berada di dalam kondisi tersebut, maka sebaiknya kamu tidak lagi menggunakan powerbank tersebut. 

Pasalnya, sangat dikhawatirkan akan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan kedepannya. Misalnya, kebakaran atau terjadinya korsleting. 

  1. Ada Aroma Gosong yang Tercium 

Salah satu ciri-ciri powerbank rusak yang paling mudah adalah tercium aroma gosong. Tentunya, aroma ini akan muncul di saat kamu menggunakan powerbank tersebut. 

Aroma gosong di powerbank ini mungkin muncul berkat adanya hubungan arus pendek yang sering terjadi. Jadi, kabel yang digunakan pada powerbank ini tidak dapat menahan panasnya dari arus listrik. 

Apabila sudah ada salah satu komponen yang error, kemungkinan powerbank tersebut akan rusak secara keseluruhan. Maka dari itu, kamu tidak disarankan untuk menggunakan powerbank yang sudah bau gosong supaya tidak terjadi beberapa hal tidak diinginkan. 

  1. Tidak Dapat Dicharger 

Untuk ciri-ciri powerbank rusak berikutnya adalah ketika kamu tidak bisa melakukan pengisian daya. Hal ini bisa disebabkan karena terjadi kerusakan pada port maupun kabel charging powerbank-nya. 

Apabila penyebabnya adalah kabel charging, maka kamu bisa menggunakan kabel lain yang sudah kompatibel. Kalau kamu notice kabel sudah mulai goyang atau terbuka di beberapa bagian, sebaiknya jangan digunakan lagi.

Disarankan, kamu juga tidak mengisi powerbank dari PC maupun laptop. Hal ini disebabkan oleh output yang hanya 0,5 ampere dan tidak cukup untuk mengisi daya di powerbank. 

  1. Powerbank Mengalami Kembung 

Ciri-ciri yang paling terakhir dari powerbank rusak adalah kembung atau membesar dari kondisi normalnya. Kondisi kali ini sangat lazim terjadi di jenis baterai lithium yang banyak digunakan pada perangkat elektronik saat ini. Contohnya, smartphone dan powerbank. 

Baterai tersebut bisa menjadi kembung, karena adanya proses electrolytic decomposition. Proses tersebut dapat menghasilkan gas kimia yang lama-kelamaan bisa semakin menumpuk di dalam baterai. 

Tanpa kamu sadari, bahwa cara pengecasan ini juga memberikan pengaruh. Apabila kamu menggunakan cara yang salah seperti di cas semalaman atau terus-menerus di charger ketika baterainya sudah penuh, maka bisa menyebabkan powerbank kembung. 

Di powerbank sudah kembung, sebaiknya kamu jangan menggunakan lagi. Hal ini bisa menyebabkan kembung dari powerbank tersebut semakin besar, bahkan dapat meledak dan terbakar. 

Nah, itulah dia beberapa ciri-ciri powerbank rusak yang harus kamu ketahui. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi tambahan kepada kamu, khususnya yang sering menggunakan powerbank. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar