4 Cara Mengubah Kata Sandi di Gmail yang Mudah, Cepat dan Aman

Anggi Novita Sari

Cara Mudah Mengganti Password Gmail 

Kadjiro – Mengganti password Gmail secara berkala merupakan satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga keamanan data pribadi di dalam email. Hal tersebut juga sejalan dengan pendapat para pakar keamanan di internet yang selalu memberikan saran pengguna email untuk merubah kata sandi secara berkala supaya data pribadi tidak dicuri.

Lali, bagaimana cara mengganti kata sandi Gmail? Tenang, di kesempatan kali ini akan menjelaskan semuanya hanya di dalam empat langkah yang mudah. Bagi yang penasaran, yuk simak penjelasannya sampai selesai. 

Cara Mudah Mengganti Password Gmail 

Cara mengganti password di Gmail bukan menjadi sesuatu yang sulit. Pastikan kamu sudah login di dalam akun Gmail terlebih dahulu agar bisa melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya. Sebagai berikut langkah-langkah ganti kata sandi password Gmail berikutnya : 

  1. Membuka Pengaturan Gmail 

Setelah berhasil mengakses kotak masuk email, klik ikon “gerigi” yang ada di sebelah kanan atas terlebih dahulu. Lalu, klik opsi menu “settings” atau “pengaturan”. 

  1. Mengakses “Accounts and Import”

Selanjutnya, kamu memilih opsi menu “accounts and import” dan “change password”. 

  1. Verifikasi Password yang Lama 

Tuliskan kembali password lama kamu untuk mengonfirmasi Google, bawa kamu mempunyai wewenang melakukan pergantian kata sandi email yang baru. Apabila sudah selesai, klik “next”. 

  1. Masukkan Password Gmail yang Baru 

Nah, di dalam tahap ini kamu tidak boleh melakukan secara sembarangan. Artinya, kamu harus memperhatikan kekuatan password yang akan digunakan. Untuk tips membuat password yang kuat akan dijelaskan ke pembahasan berikutnya. 

Jika sudah selesai menentukan dan mengkonfirmasi ganti password email, klik “change password”. Selesai. 

Satu hal perlu diingat, bahwa proses ganti kata sandi Gmail ini juga memberikan pengaruh terhadap layanan Google lainnya seperti Google Drive, Google Docs, Google Maps, Google Form, Google Photos, Youtube dan lain-lain. Apabila kamu belum mempunyai Gmail, maka bisa membuatnya terlebih dahulu. 

Tips Membuat Password Gmail yang Kuat 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kamu tidak boleh sembarangan di dalam membuat password Gmail baru karena tujuan dari mengganti adalah untuk mengamankan akun email. Berikut adalah tips membuat password Gmail yang kuat dan aman : 

  1. Membuat Kata Sandi yang Unik 

Usahakan kamu membuat password yang berbeda-beda disetiap akun penting, seperti email dan akun perbankan online. Hal kali ini bertujuan untuk mencegah resiko semua akun penting kamu dibobol oleh orang lain, ketika mereka bisa mengakses salah satu akun. 

  1. Membuat Kata Sandi yang Lebih Panjang dan Mudah Diingat 

Menurut Google, kata sandi yang baik adalah mengandung 12 karakter. Selain itu, kamu juga bisa menggabungkan huruf kecil dan besar dengan angka atau simbol supaya lebih kuat lagi. 

Namun perlu diingat, bahwa untuk membuat password Gmail-mu harus tetap mudah diingat meskipun panjang dan mengandung campuran huruf, angka dan simbol. Sebagai berikut adalah tips membuat kata sandi yang panjang dan mudah diingat : 

  • Lirik dari lagu favorit atau puisi. 
  • Kutipan yang bermakna dari sebuah film maupun pidato. 
  • Sebuah kutipan dari buku kesukaan. 
  • Serangkaian kata yang bermakna. 
  • Singkatan dari sesuatu. Contohnya, gabungan dari satu suku kata pertama dari suatu kalimat. 
  • Menghindari memilih kata sandi yang bisa ditebak oleh seseorang yang mengenal. 
  • Menghindari kata sandi menggunakan informasi yang mudah diakses. Contohnya, penggabungan nama dan tanggal lahir. 

Tenang saja, jika kamu merasa sulit mengingat password yang terlalu panjang dan berbeda-beda disetiap akun, maka gunakan saja aplikasi password manager. Aplikasi yang satu ini akan membantu kamu di dalam menyimpan semua kata sandi di setiap akun milikmu. 

  1. Menghindari Informasi Pribadi dan Kata Sandi yang Umum 

Hindari penggunaan password dari info yang mungkin diketahui atau bisa dengan mudah dicari oleh orang lain. Contohnya : 

  • Nama panggilan maupun inisial kamu. 
  • Nama anak atau hewan peliharaan kamu. 
  • Tanggal lahir atau tahun penting. 
  • Nama jalan tempat tinggal kamu. 
  • Nomor dari alamatmu. 
  • Jangan menggunakan kata sandi maupun pola umum. 
  • Menghindari kata-kata frasa dan pola sederhana yang mudah ditebak. Contohnya, Aldo1234, katasandibaru dan lain-lain. 

Tips Mengamankan Akun Gmail 

Meski akun Gmail ini sangat sulit diakses jika kamu tidak mengingat password atau mempunyai akses sinkronisasi ke perangkat lain, tapi harus tetap bisa memastikan tingkat keamananya. Ikuti beberapa tips berikut untuk mengamankan akun Gmail-mu : 

  • Sign out di semua sesi Gmail secara berkala, ketika memang dibutuhkan. 
  • Pastikan kamu sudah mengenal dan mempercayai siapa saja yang mempunyai akses atas akun Gmail-mu. 
  • Menambahkan alamat email maupun nomor telepon pemulihan.
  • Mengaktifkan two-factor authentication Gmail yang berfungsi untuk melindungi akun kamu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Authenticator dari Google Play Store maupun App Store untuk menyimpan kode autentikasi dari akun Gmail-mu.

Proses pergantian kata sandi Gmail ini membutuhkan jaringan internet yang stabil dan kuat. Maka dari itu, pastikan koneksi internet kamu sudah benar-benar stabil dan hindari penggunaan jaringan Wi-Fi umum karena bisa lebih mudah terkena serangan hacker

Itu dia penjelasan mengenai cara ganti password Gmail melalui empat langkah yang mudah. Apabila kamu mengikuti semua langkahnya dengan seksama, pasti kata sandi Gmail kamu sudah berhasil diubah. Jangan lupa untuk mengikuti tips membuat password Gmail yang kuat supaya data di dalam akun kamu tetap aman,ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar