5 Tips Menjaga Keamanan Siber yang Harus Kamu Ketahui, Dijamin Data Pribadi Aman!

Anggi Novita Sari

Tips Menjaga Keamanan Siber 

Kadjiro – Kecerdasan buatan (AI) dan perkembangan teknologi “pintar” seperti Internet of Things (IoT) ini sudah berkembang pesat di beberapa tahun terakhir. Ditambah dengan ketegangan Internasional, ini membuat tahun 2024 semakin menjadi tahun penuh tantangan di dalam hal keamanan siber

Di setiap masing-masing dari kamu akan menghadapi tantangan ini sewaktu-waktu. Kaspersky, perusahaan anti virus telah membagikan beberapa tips untuk menjadi lebih aman di dalam perihal keamanan siber. Bagi kamu yang penasaran dengan beberapa tips tersebut, yuk bisa langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Menjaga Keamanan Siber 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk perihal keamanan siber di tahun ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips menjaga keamanan siber yang harus kamu lakukan : 

  1. Melindungi Sistem Keuanganmu 

Teknologi e-commerce dan keuangan kini terus berkembang secara global dan menjadi teknologi yang sukses diadopsi di beberapa wilayah-wilayah baru. Pembayaran elektronik instan antar individu juga kini semakin meluas. 

Ini bisa menjadi pintu masuk bagi para penjahat siber. Hal ini juga tidak hanya melibatkan penipuan dengan menggunakan sistem transfer uang secara instan, tapi juga teknik canggih untuk mencuri data pembayaran di beberapa e-commerce dan toko online

Web skimmer generasi paling baru yang terpasang oleh peretas di situs belanja online tidak dapat dilihat oleh para pengguna. Korban baru sadar bahwa data mereka dicuri, ketika tagihan tidak dikenali muncul di kartu miliknya. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keuangan kamu dan berikut daftar selengkapnya : 

  • Menautkan kartu bank kamu ke beberapa layanan seperti Apple Pay, Google Play maupun sistem pembayaran yang serupa guna mengurangi resiko pencurian data di saat belanja. 
  • Menggunakan layanan tersebut untuk pembayaran di dalam situs web. Hal ini berfungsi untuk menghindari memasukkan rincian kartu bank di setiap situs baru. 
  • Melindungi perangkat cerdas dan komputer kamu menggunakan sistem keamanan komprehensif. Contohnya, Kaspersky Premium untuk melawan serangan siber terbaru. 
  • Memanfaatkan kartu virtual atau kartu sekali pakai, ketika didukung oleh bank kamu. Dengan mengganti mereka secara rutin atau menggunakan layanan yang menghasilkan rincian pembayaran satu kali setiap sesi, maka hal ini akan meningkatkan keamanan siber. 
  1. Tidak Mudah Percaya dengan Semua yang Kamu Lihat 

Penggunaan kecerdasan buatan generatif ini memang sudah berkembang dan mewarnai kanal berita di tahun 2023 lalu. Hal ini memberikan dampak besar kepada pasar kerja dan meningkatkan keamanan siber. 

Saat ini hampir semua bisa membuat teks, foto dan video palsu di dalam waktu singkat. Ini merupakan suatu tugas yang sebelumnya membutuhkan waktu dan keterampilan secara signifikan. 

Dengan berkembangnya teknologi tersebut, ini memungkinkan penipuan seperti email phising, posting media sosial dan situs web palsu menjadi sulit untuk dikenali, karena konten yang diberikan semakin menyanyikan. Ada beberapa tips mengatasi penipuan atau berita palsu : 

  • Lakukan pertimbangan secara kritis mengenai konten yang menstimulasi emosi, terutama dari sumber tidak dikenal. Selalu lakukan verifikasi fakta dari beberapa sumber yang terpercaya. 
  • Melakukan pemeriksaan latar belakang secara menyeluruh sebelum melakukan transfer uang ke penggalangan dana maupun kampanye amal. 
  • Mengaktifkan perlindungan phishing dan penipuan di semua perangkat. Lalu, atur juga opsi untuk memeriksa tautan, situs web, email dan lampiran. 
  • Mengaktifkan perlindungan iklan banner untuk mengurangi resiko iklan yang berbahaya. 
  1. Rajin Mengganti Kata Sandi 

Meski terdengar sepele, kata sandi yang diganti secara rutin ini bisa menjadi salah satu mencegah terjadinya serangan siber. Mengganti kata sandi ini bisa menjaga informasi maupun data pribadi kamu yang sudah tersimpan di dalam sebuah akun. 

Pastikan kamu mengganti kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak guna menghindari peretasan. Dinas komunikasi dan informatik juga menyarankan kamu untuk membuat kata sandi dengan beberapa kriteria sebagai berikut : 

  • Mengandung setidaknya 10-14 karakter. 
  • Menggunakan huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter spesial. 
  • Membuat kombinasi tiga kata secara acak atau tidak berkaitan satu sama lain. 
  • Tidak memuat informasi pribadi seperti nama maupun tanggal lahir. 
  • Jangan menerapkan satu kata sandi untuk banyak akun. 
  1. Waspada Pada Saat Menggunakan WiFi Publik 

WiFi publik adalah fasilitas internet gratis yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang. Sayangnya, jaringan WiFi publik ini sangat rentan sekali dimasuki oleh pelaku siber yang akan membuat data dan informasi data pribadi penggunanya bisa diambil. Maka dari itu, sebaiknya kamu melakukan beberapa tips berikut supaya bisa lebih aman di saat mengakses WiFi : 

  • Mengakses jaringan WiFi yang legal secara manual dengan cara memasukkan kata sandi. 
  • Menghindari mengakses email atau melakukan transaksi perbankan secara online. 
  • Mengaktifkan fitur enkripsi kata sandi untuk menjaga tingkat kerahasiaannya. 
  • Mengaktifkan fitur firewall dan antivirus
  • Menonaktifkan fitur di berbagai data. 
  • Jangan lupa untuk memilih forget network, setelah selesai menggunakan WiFi publik. 
  1. Mengaktifkan Fitur Autentikasi Dua Faktor 

Saat ini sudah banyak sekali media sosial yang menyediakan fitur autentikasi dua faktor sebagai salah satu bentuk pencegahan serangan siber. Autentikasi dua faktor merupakan metode keamanan yang membutuhkan dua bentuk identifikasi supaya bisa mengakses data. 

Selain itu, autentikasi dua faktor ini bisa dilakukan melalui verifikasi SMS atau WhatsApp. Ada satu hal perlu diingat, bahwa kode OTP yang nantinya kamu dapatkan ini sebaiknya tidak diberitahukan kepada orang lain. Dengan mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor, kamu bisa memberikan perlindungan informasi data pribadi dari tindak pencurian ilegal.

Itulah dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penipuan siber. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan ulang informasi yang kamu terima supaya tidak mudah terkecoh dengan berita palsu. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “5 Tips Menjaga Keamanan Siber yang Harus Kamu Ketahui, Dijamin Data Pribadi Aman!”

  1. Ping-balik: 5 Cara Mencegah Modus Penipuan Online yang Harus Dilakukan, Dijamin Semakin Aman! – Kadjiro

Tinggalkan komentar