11 Fitur MacOS Sonoma yang Harus Kamu Ketahui

Anggi Novita Sari

Fitur MacOS Sonoma 

Kadjiro – Selain merilis pembaruan di sistem operasi iOS 17 dan watchOS 10, Apple juga mengenalkan pembaharuan sistem operasi untuk komputer Mac yaitu MacOS Sonoma. Sistem ini merupakan penerus dari MacOS Ventura yang sebelumnya sudah digunakan. 

Fitur MacOS Sonoma dikenalkan di gelaran WorldWide Developer Conference di tahun 2023 lalu. Lalu, apa saja yang baru dan menarik dari fitur sistem operasi satu ini? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

Fitur MacOS Sonoma 

Kehadiran MacOS Sonoma versi terbaru kali ini menjadi langkah penyempurnaan dari versi yang sebelumnya. Bahkan, disini ada beberapa fitur unggulan yang bisa meningkatkan pengalaman para pengguna komputer Mac. Sebagai berikut adalah fitur MacOS Sonoma yang harus kamu ketahui : 

  1. Bisa Digunakan untuk Panggilan Video 

Panggilan video di MacOS Sonoma mendapatkan pembaruan terutama di fitur presenter overlay. Dengan menggunakan fitur yang satu ini, kamu bisa menampilkan sosok dirinya berada di depan apa yang dipresentasikan seperti layaknya news anchor. Disini, juga ada opsi untuk screen sharing ketika melakukan panggilan video di layar yang menggunakan mode full screen atau split screen. 

  1. Memunculkan Widget iPhone di Mac 

Fitur MacOS Sonoma terbaru juga memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan widget di interface komputer Mac. Termasuk juga menggunakan Continuity, dimana fitur tersebut bisa melakukan impor widget iPhone ke laptop. 

Lalu di mode stage manager, widget ini bisa berubah secara otomatis dan transparan. Sehingga, dengan hal tersebut pengguna bisa lebih fokus ke Windows yang sudah dibuka. 

  1. Mode Game 

Apple rupanya juga memanjakan para gamer yang menggunakan komputer jenis Mac. Salah satunya adalah mode game. Hal ini akan membuat performa Mac lebih optimal dengan cara mengalokasikan daya dari CPU dan GPU secara lebih optimal di saat bermain game. Apabila menggunakan kontroler PS dan Xbox, responnya bisa lebih cepat dan menggunakan bluetooth agar lebih kencang. 

  1. Mendukung Privat Browsing untuk Safari 

Peningkatan kenyamanan dan keamanan browsing di internet ini lebih ditingkatkan. Hal ini bisa dilihat dari adanya mode “private browsing” di Sadari. Pengguna juga bisa mengunci halaman dengan menggunakan mode pemindaian wajah, menghapus pelacakan URL dan memblokir pelacakan dengan mudah. 

  1. Screensaver yang Bisa Slow Motion 

Tampilan screensaver di MacOS Sonoma bisa lebih memanjakan mata para penggunanya. Di dalam versi terbarunya, ada banyak pemandangan menarik yang bertemakan dengan alam di seluruh belahan dunia. Screensaver kali ini juga bisa dibuat slow motion dan akan muncul di latar belakang desktop ketika pengguna melakukan login. 

  1. Mempunyai Akurasi Pada Autocorrect yang Lebih Tinggi 

Mengetik dokumen dan mencari kata kunci di saat browsing bisa dilakukan lebih mudah, karena sudah tersedia fitur autocorrect yang ditingkatkan. Hal ini bisa membuat tingkat akurasi pengoreksian menjadi lebih tinggi. 

Para pengguna juga bisa lebih mudah mengetahui kata yang sudah dirubah. Apabila ingin beralih ke kata aslinya dan membatalkan autocorrect, maka bisa dengan melakukan satu klik saja. 

  1. Dukungan AutoFill untuk PDF 

Sampai dengan saat ini, sebagian pengguna mungkin akan merasa kesulitan di dalam mengisi formulir dengan format PDF. Hal tersebut kini bisa diatasi dengan cara menggunakan fitur AutoFill di MacOS Sonoma terbaru. 

Disini, pengguna bisa melakukan pengisian formulir di dalam bentuk PDF secara otomatis dan lebih mudah. Fitur yang satu ini juga akan menggunakan informasi dari pengguna kemudian akan disimpan di perangkat pada saat melengkapi dokumen. 

  1. Personal Device

Tidak hanya SIRI, fitur yang mendukung di dalam aksesibilitas pengguna adalah personal voice. Dengan fitur ini, bagi para pengguna yang mempunyai gangguan bicara bisa membuat suara terdengar seperti mereka. Lalu, pengguna juga bisa mengaktifkan dan menggunakan fitur satu ini untuk melakukan live speech ketika di panggilan facetime atau percakapan berlangsung.

  1. Upgrade Asisten Virtual SIRI 

 Pembaruan fitur MacOS juga bisa dirasakan di dalam sistem virtual SIRI. Pada saat menggunakannya, kamu tidak perlu lagi mengucapkan “Hey SIRI” tapi cukup mengatakan “SIRI” dan melakukan perintah suara. 

Fitur yang satu ini mempunyai fitur perintah untuk back to back. Jadi, pengguna tidak perlu lagi mengucapkan “SIRI” ketika ingin membuat input baru di perintah suara tersebut. 

  1. Mendengarkan Musik Bisa Lebih Asik 

Pembaharuan juga terdapat di bagian sektor audio, yaitu dengan memungkinkan pengguna untuk mengundang teman di saat menyusun playlist bersama-sama. Baik untuk mengurutkan lagu, menambahkan lagu dan menghapus lagu. Pada fitur kali ini, pengguna bisa menambahkan fitur emoji untuk memberikan reaksi pada lagu pilihan teman. 

  1. Bisa Melihat Resep Hanya dari Foto Makananya 

Bagi kamu yang suka dengan kuliner dan masa, kini sudah tidak perlu bingung lagi mencari resep makanan favorit. Dengan fitur visual look up, pengguna bisa mencari resep makanan hanya dengan foto yang sudah tersimpan di dalam galeri. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mengetikkan resep makanan yang sedang dicari. 

7 Perangkat Mendukung Fitur MacOS Sonoma

Sebagai berikut adalah 7 perangkat yang sudah menggunakan fitur MacOS Sonoma : 

  • iMac 2019 dan versi di atasnya.
  • Mac Pro 2019 dan versi di atasnya.
  • iMac Pro 2017 dan versi di atasnya.
  • Mac Studio 2022 dan versi di atasnya.
  • MacBook Air 2018 dan versi di atasnya.
  • Mac mini 2018 dan versi di atasnya.
  • MacBook Pro 2018 dan versi di atasnya.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai fitur MacOS Sonoma. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan tambahan informasi, khususnya yang ingin membeli MacOS. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar