Mengenal Bing AI, Begini Cara Penggunaan dan Kelebihannya

Anggi Novita Sari

Mengenal Bing AI, Begini Cara Penggunaan dan Kelebihannya

Kadjiro – Di tahun 2023 lalu, Microsoft resmi membuat Bing AI. Bing AI sudah menggunakan kecerdasan buatan, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai pesaing Chat GPT yang mana sudah tersedia di OS Android atau iOS. 

Versi terbaru dari Bing ini dapat diambil dari mesin pencarian aplikasi Edge mobile dan Bing. Lalu, bagaimana cara mendapatkan Bing versi? Simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Bing AI?

Bing adalah hasil dari Microsoft yang dibuat oleh Artificial Intelligence (AI). Tujuan dari pembuatan Bing ini untuk mengetahui 1000 karakter yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, Bing mempunyai tampilan yang minimalis dan bisa diakses dengan mudah. 

Adanya Bing AI chatbot ini dapat mempermudah para pengguna untuk menemukan jawaban atas pertanyaan lebih akurat dan lengkap. Dengan adanya sistem ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman chat yang baru dan menghasilkan konten lebih baik. 

Chatbot kali ini akan membantu kamu untuk menelusuri jawaban dari para pengguna dengan baik, karena AI yang tersedia memungkinkan pengguna mendapatkan lebih banyak pencarian dibandingkan menggunakan mesin pencarian itu sendiri. Teknologi AI yang bekerja ini juga nantinya akan menemukan dan menampilkan jawaban terbaik dari berbagai situs kepada para penggunanya. 

Kelebihan Bing AI 

Dari sistem chatbot yang dibuat oleh Microsoft, kamu bisa menemukan beberapa keunggulan di dalamnya. Sehingga, sangat disarankan untuk menggunakannya secara lebih optimal agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna di dalam mencari jawaban yang sedang dicari. Berikut adalah kelebihan dari Bing AI:

  1. Mendapatkan Lebih Banyak Hasil Pencarian 

Fungsi pertama dari Bing AI adalah bisa menemukan hasil pencarian yang lebih banyak. Bahkan, Bing disebut sebagai mesin pencarian yang mengalami peningkatan kerja dan bisa memberikan hasil lebih banyak. 

Selain memberikan hasil lebih banyak kepada para penggunanya, alat satu ini juga dapat memberikan pencarian yang relevan dengan permintaan. Misalnya, pengguna ingin mencari hal yang mudah dan sederhana seperti skor olahraga, harga saham dan lain-lain. Maka, hasil dari chatbot Bing AI ini akan memberikan jawaban yang lengkap dan menyeluruh. 

  1. Memberikan Penjelasan dari Semua Web 

Kelebihan berikutnya adalah memberikan ulasan dari semua situs agar bisa menampilkan dan merangkum jawaban yang diinginkan oleh pengguna. Contohnya di saat kamu ingin mencari instruksi yang lengkap tentang membuat kerajinan tangan murah dengan menggunakan bahan limbah. Sehingga, tidak perlu mencari dan scrolling dari berbagai hasil pencarian. 

  1. Bisa Menampilkan Obrolan Secara Interaktif 

Manfaat Bing AI lainnya adalah bisa digunakan untuk mendapatkan pencarian yang bersifat secara kompleks. Contohnya mencari rekomendasi HP yang bagus dan terbaru. Pada saat menggunakan Bing, kamu bisa menerima fitur obrolan baru yang bersifat interaktif. 

Dari obrolan tersebut akan memberikan hasil yang terbaik. Berikutnya, dari Bing AI ini akan menyeleksi pencarian agar pengguna bisa menemukan rekomendasi HP terbaik yang menyajikan data lengkap. Dengan hal tersebut, kamu akan mendapatkan jawaban yang lengkap dari berbagai tautan. Pengguna Bing juga akan lebih mudah di dalam mengambil keputusan dan memilih konten apa yang mereka inginkan. 

Kekurangan Bing AI 

Dari banyaknya kelebihan Bing AI yang dimiliki, tetap saja ada kekurangan dari sistem satu ini. Untuk beberapa kekurangan dari chatbot yang sedang viral satu ini adalah : 

  1. Hanya Bisa Digunakan untuk Mencari Informasi 

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Bing versi baru adalah menyediakan chatbot yang memang dikhususkan untuk mencari informasi dan inspirasi. Jadi, chatbot yang satu ini tidak dapat digunakan untuk main-main seperti mengajak percakapan dengan bot tersebut. 

Chatbot Bing juga tidak menyediakan keunggulan seperti meminta bantuan di setiap hal yang tidak berhubungan dengan mesin pencari atau kata kunci umum di internet. Dengan itulah yang menjadi kekurangan dari chatbot satu ini. 

  1. Obrolannya Kurang Friendly dan Natural 

Kekurangan berikutnya adalah obrolannya yang kurang terasa friendly dan natural. Hal ini sejalan dengan fungsinya yang difokuskan untuk mencari informasi secara lengkap. 

Apabila ingin menggunakan chatbot yang lebih friendly dan terkesan obrolannya natural, kamu bisa mencoba chatbot Bard AI. Bard AI adalah chatbot buatan Google yang menyediakan modal bahasa lebih banyak, sehingga kata-katanya bisa terlihat lebih natural. 

Tersedia juga banyak bahasa dengan berbagai topik. Satu hal yang menariknya lagi adalah gaya bahasa yang diucapkan oleh chatbot kali ini sudah menggunakan preferensi dari kamu, sehingga terkesan lebih luwes. Meski begitu, ada juga kekurangan dari chatbot Google Bard AI yaitu tidak dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik seperti Bing AI. 

Cara Menggunakan Bing AI

Sebagai berikut adalah cara menggunakan Bing AI yang :

  1. Daftar Bing 

Bagi kamu yang ingin menggunakannya, maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dari website www.bing.com.new. Maksud dari pendaftaran kali ini adalah supaya kamu bisa masuk ke dalam ruang tunggu, karena Bing ini baru dibuka pertama kali 7 Februari 2023. 

Satu catatan yang tidak boleh dilupakan adalah kamu harus menggunakan Microsoft Edge. Browser dari Microsoft ini sudah menggunakan Bing. Apabila belum mendapatkannya, maka bisa mengunduhnya terlebih dahulu. 

  1. Cara Menggunakan Bing ChatAI 

Apabila sudah melakukan diatas, maka cara berikutnya adalah : 

  • Masuk ke dalam browser Bing.com. 
  • Lalu, kamu akan melihat di bagian paling atas menu untuk obrolan. Klik pada bagian menu chat tersebut. 
  • Tunggu sejenak dan akan muncul halaman Bing chatbot tersebut. 
  • Terakhir, masukkan pertanyaan apa yang diinginkan. Lalu, chatbot ini akan memprosesnya dan menemukan hasil pencarian terbaik. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai Bing AI yang harus kamu ketahui. Bing sudah menyediakan chatbot yang berfungsi untuk mempermudah penggunanya agar mendapatkan informasi dengan cepat dan praktis. Ada banyak juga kelebihan dari chatbot satu ini, sehingga sangat baik untuk direkomendasikan. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar