Bingung Pilih DANA, OVO atau Link Aja? Yuk Langsung Saja Bandingkan Kekurangan dan Kelebihannya!

Anggi Novita Sari

Perbandingan DANA, OVO dan Link Aja

Kadjiro – Saat ini kamu tidak perlu ribet dengan uang tunai untuk melakukan transaksi. Pasalnya, sudah ada banyak sekali dompet digital yang bisa kamu pilih dan gunakan. 

Banyaknya dompet digital online yang bisa kamu gunakan, seperti DANA, OVO dan Link Aja ini mungkin akan membuat kamu bingung harus memilih mana. Pilih DANA, OVO atau Link AJA? Pertanyaan tersebut mungkin akan membuat kamu bingung, ketika memilih dompet digital yang dianggap terbaik dan mempunyai fitur sekiranya bisa memenuhi kebutuhan. 

Khususnya masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, menggunakan dompet digital sudah mulai menjadi salah satu kebutuhan mendukung di kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak? 

Selain kamu tidak perlu lagi mencari uang tunai ketika melakukan transaksi, sebagian besar dompet digital juga sering memberikan berbagai macam promo dan diskon bagi setiap penggunanya. Hal tersebut yang juga sekaligus membuat pengguna dompet digital semakin meningkat dari waktu ke waktu. 

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, terlihat bahwa sudah ada 39 layanan dompet digital yang sudah mendapatkan lisensi resmi dari mereka. Bahkan, untuk nilai transaksi dompet digital di Indonesia diproyeksikan bisa mencapai US 70,1 miliar di tahun 2021.Pada tahun 2020 lalu, tercatat transaksi sebesar US 17,8 dan akan terus meningkat sampai dengan 31,5% sampai dengan tahun 2025.

Diantara berbagai jenis dompet digital yang sudah ada saat ini, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan DANA, OVO dan Link Aja. Untuk saat ini, ketiga dompet digital tersebut memang mempunyai popularitas cukup tinggi di kalangan masyarakat. 

Namun, dikarenakan popularitas tersebut banyak masyarakat yang juga bingung harus memilih mana. Kira-kira kamu mau memilih dompet digital yang mana? Daripada bingung, yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

Table of Contents

Perbandingan DANA, OVO dan Link Aja. Mana Dompet Digital yang Terbaik?

  1. DANA 

Dompet digital pertama yang akan dibahas adalah DANA. Bagi kamu yang sudah lama menggunakan dompet digital, pasti sudah tidak asing lagi dengan DANA. 

Dilansir oleh sakudigital, DANA adalah uang elektronik berbasis layanan pembayaran secara digital dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi DANA itu sendiri juga bisa kamu unduh secara gratis, baik melalui IOS atau Android. 

Pada saat kamu sudah download aplikasi Dana, maka tidak perlu lagi mencari uang tunai atau kartu di saat ingin melakukan transaksi. Tidak hanya bisa berfungsi sebagai dompet digital yang bisa menyimpan uang di dalam bentuk aplikasi. DANA juga sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. 

Misalnya, membayar tagihan bulanan, membeli kuota internet, voucher game. Satu hal menariknya lagi adalah aplikasi DANA mempunyai berbagai macam promo, cashback dan potongan harga di beberapa merchant yang sudah menjalin kerjasama. Untuk kelebihan dan kekurangan DANA adalah : 

Kelebihan  Kekurangan
Informasi data yang sudah terjamin keamanannya.  Pinjaman dana paylater yang masih terbatas. 
Bisa digunakan untuk menarik uang cash lewat ATM.  Kasus pembekuan akun secara sepihak. 
Buatan anak bangsa.  Tampilan UX/UI aplikasi yang kurang nyaman. 
Bisa melakukan transfer dan menerima uang dari sesama pengguna DANA. Sehingga, bisa mempermudah proses transaksi. 
Minimal top up yang sangat terjangkau, yaitu Rp10.000,00.
Mempunyai berbagai promo yang menarik hingga 50% untuk beberapa merchant. 
Cara top up saldo yang cepat dan mudah. 
Bisa digunakan sebagai salah satu metode transaksi, ketika kamu ingin belanja di e-commerce. 
  1. OVO

Selanjutnya, akan membahas tentang dompet digital OVO. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi DANA yang sudah dijelaskan diatas. OVO adalah dompet digital yang memberikan penawaran layanan pembayaran dan aktivitas transaksi secara online. 

Selain itu, OVO juga termasuk ke dalam produk e-money yang mana sudah mendapatkan pengakuan dari Bank Indonesia secara sah. Maka dari itu, jelas penggunaan OVO juga sudah terjamin keamananya sebagai alat pembayaran secara online. 

Di saat menggunakan OVO, kamu akan menemukan dua kategori penyimpanan yang bisa dipilih yaitu OVO Cash dan OVO Point. Sedangkan, untuk kelebihan dan kekurangan aplikasi OVO adalah : 

Kelebihan  Kekurangan
Mempunyai banyak merchant dan mitra yang bekerja sama.  Pada saat ingin upgrade dari OVO Club ke OVO Premiere harus datang ke booth secara langsung. Artinya, tidak bisa dilakukan secara online. 
Bisa memonitor pengeluaran penggunaan OVO. Sehingga bisa mempermudah di dalam mengatur keuangan menjadi lebih hemat.  Masih kurangnya fitur pembayaran tagihan, seperti BPJS Ketenagakerjaan, PBB dan lain-lain. 
Pembayaran bisa lebih mudah dan cepat. 
Menawarkan berbagai promo menarik di semua merchant yang sudah bekerjasama. 
Mempunyai fitur OVO Point yang membuat aktivitas transaksi menjadi lebih menyenangkan. 
  1. LinkAja 

Sama halnya DANA dan OVO, Link Aja adalah sebuah layanan keuangan elektronik yang berbasis aplikasi. Dimana dari hadirnya aplikasi ini, kamu tidak perlu mempunyai uang tunai atau kartu di dalam penggunaanya. 

Tidak hanya itu, proses transaksi juga bisa lebih cepat, mudah dan praktis. Aplikasi Link AJA juga mempunyai dua jenis yang bisa kamu gunakan, yaitu Basic Service dan Full Service. Kedua jenis tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi seperti top up dalam, belanja online dan pembayaran sebagai merchant.

Sedangkan, untuk perbedaan dari keduanya adalah tidak ada jumlah maksimum saldo. Jenis Full Service juga bisa digunakan untuk mengirim uang dan tarik saldo dan untuk Basic tidak bisa melakukan hal tersebut. Kelebihan dan kekurangan aplikasi Link Aja adalah

Kelebihan  Kekurangan
Bisa tarik tunai tanpa menggunakan ATM.  Masih ada banyak merchant yang belum menjalin kerjasama dengan Link Aja. 
Mempermudah di dalam proses pembayaran tagihan. 
Hadirnya promo berhadiah dan paket data gratis. 
Mempermudah transaksi kapan dan dimana saja. 
Ada beberapa promo menarik mencapai 50% di beberapa merchant. 

Setelah mengetahui lebih detail mengenai ketiga dompet digital ini, maka kamu akan memilih yang mana? Semoga penjelasan diatas bisa membantu ya. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar