7 Widget Windows 11 Penting untuk Meningkatkan Prduktivitas!

Anggi Novita Sari

Widget Windows 11 Penting untuk Meningkatkan Prduktivitas

Kadjiro – Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas di saat menggunakan Windows 11 adalah widget. Sistem operasi milik Microsoft ini mempunyai banyak pilihan widget yang menarik dan bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas lebih teratur dan hemat waktu. 

Selain widget yang memang sudah tersedia secara otomatis di Windows 11, Microsoft juga menyediakan beberapa opsi widget pihak ketiga yang bisa diunduh via Microsoft Store. Bagi yang penasaran mengenai beberapa widget Windows 11, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Widget? 

Widget merupakan kartu kecil yang menampilkan semua konten secara dinamis dari aplikasi dan layanan favorit kamu di desktop Windows. Widget ini muncul di bagian papan widget, tempat kamu bisa menemukan, menyempatkan, melepaskan sematan, menyusun, mengubah ukuran dan menyesuaikan widget untuk mencerminkan minta kamu. 

Papan Widget kamu dioptimalkan untuk menampilkan beberapa widget yang relevan dan konten yang dipersonalisasi berdasarkan penggunaan. Bukan papan widget dari sudut kiri taskbar tempat kamu melihat ikon cuaca langsung. 

Widget membantu kamu agar selalu mengetahui beberapa hal penting dengan menyatukan konten yang dipersonalisasi dari aplikasi dan layanan favorit. Sehingga, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru secara sekilas di sepanjang hari. 

7 Widget Windows 11 

Mungkin bagi para pemula merasa bingung di saat membicarakan perihal widget di sistem operasi Windows 11. Akan tetapi, ada 7 widget Windows 11 yang tidak boleh ditinggalkan dan penting untuk meningkatkan produktivitas. Sebagai berikut adalah daftar selengkapnya : 

  1. Outlook Calendar 

Outlook Calendar adalah widget yang sempurna, ketika kamu ingin mengakses cepat ke jadwalmu. Widget kali ini menampilkan ringkasan jadwal hari ini di samping tampilan per Minggu.

Apabila mau, kamu juga bisa membuat jadwal secara langsung dari widget satu ini bersama dengan mengatur pengingat dan merubah zona waktu. Widget Outlook Calendar ini juga mempunyai beberapa opsi menu kustomisasi dan salah satunya adalah memilih kalender yang ingin dilihat apabila mempunyai lebih dari satu jadwal. 

  1. To Do 

Microsoft To Do adalah aplikasi perencana produktivitas harian yang mempunyai banyak fitur untuk membantu hari-hari kamu menjadi lebih baik dan efisien. To Do juga mempunyai widget yang mengemas semua fitur ini di dalam satu widget yang sederhana. 

Melalui Widget, kamu bisa melihat daftar aktivitas yang sebelumnya sudah pernah ditulis di dalam tab Tasks dan My Day. Dengan ini, kamu bisa membuat rencana aktivitas baru langsung dari widget. 

  1. Focus Session 

Focus Session menjadi salah satu widget yang bisa membantu kamu agar tetap fokus menggunakan metode Podomoro. Cara menggunakan widget kali ini sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengatur berapa lama sesi fokus yang diinginkan. 

Ketika sesi tersebut sudah berjalan, semua fitur di dalam Windows 11 yang mengganggu akan mati secara otomatis. Jika mau, kamu juga bisa memilih fitur apa saja yang ingin dinonaktifkan selam sesi fokusmu sedang berlangsung. 

  1. Phone Link 

Phone Link adalah salah satu fitur terbaru dari Microsoft yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan perangkat Android dan iOS ke PC. Melalui fitur tersebut, kamu bisa melihat notifikasi yang masuk ke dalam HP, mengirim pesan dan melakukan panggilan. 

Seperti banyaknya fitur bawaan dari Windows 11, Phone Link menyediakan widget yang akan menampilkan beberapa informasi dari HP kamu. Misalnya, sisa baterai, konektivitas wifi dan kekuatan sinyal. 

  1. Tips 

Apabila kamu belum pernah menggunakan widget sama sekali di Windows 11, maka Tips menjadi salah satu widget yang harus kamu install. Widget kali ini akan memberikanmu petunjuk mengenai bagaimana cara menggunakan widget dari banyak aplikasi bawaan Windows 11 di samping lebih mengenal Windows 11 itu sendiri. Selain itu, widget kali ini juga menyediakan informasi yang berhubungan dengan shortcut dan fitur kunci gun memaksimalkan produktivitas di saat menggunakan Windows 11. 

  1. Memory Check 

Memory Check bukan widget dari Microsoft, tapi bisa ditemukan dan didapatkan dengan mudah di dalam Microsoft Store. Sesuai dengan namanya, widget satu ini akan melakukan pemantauan penggunaan RAM dari PC maupun laptop. 

Dengan hal tersebut, kamu bisa melakukan identifikasi aplikasi mana yang memakan banyak RAM. Penggunaan RAM di dalam widget ini akan ditampilkan di dalam format GB beserta persentasenya. Sayangnya, widget satu ini tidak gratis atau berbayar. 

  1. Memo Down 

Memo Down adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dirancang khusus untuk meningkatkan produktivitas. Selain itu, Memo Down juga memungkinkan kamu untuk membuat sticky notes dan menyematkan sebagai widget. 

Kamu bisa mengatur warna dari setiap sticky notes yang kamu buat, disamping merubah ukuran catatan tersebut. Aplikasi yang satu ini berbayar tapi menyediakan opsi free trial untuk percobaan sebelum membelinya. 

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Widget Windows 11 

Setelah paham mengenai pengertian dan macam-macam widget dari Windows 11, saat ini akan dilanjut ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan di saat menggunakan Widget Windows 11, yaitu :

Kelebihan  Kekurangan 
Mempermudah akses ke beberapa informasi penting.  Terbatasnya jumlah widget yang tersedia. 
Mempunyai personalisasi yang tinggi. Ketergantungan pada aplikasi dan layanan dari pihak ketiga. 
Lebih cepat di dalam menyelesaikan tugas. 
Notifikasi secara real time. 

Demikian penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai 7 widget Windows 11 terbaik untuk meningkatkan produktivitas. Kira-kira kamu tertarik untuk menggunakan salah satu widget yang mana,ya? Semoga informasi diatas bisa membantu di dalam menentukan pilihan.

Also Read

Bagikan:

Tags

2 pemikiran pada “7 Widget Windows 11 Penting untuk Meningkatkan Prduktivitas!”

  1. Ping-balik: Microsoft Office 365 vs Office 2021, Mana yang Terbaik? – Kadjiro
  2. Ping-balik: Apa Itu Notion? Aplikasi Terbaik untuk Membantu Pembuatan Jadwal dan Aktivitas – Kadjiro

Tinggalkan komentar