5 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows, Mudah dan Aman!

Anggi Novita Sari

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 

Kadjiro – Laptop saat ini sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak dibutuhkan untuk beberapa hal. Mulai dari belajar, bekerja, berkarya dan lain-lain. Bentuknya yang cukup portabel ini membuat laptop mudah dibawa kemana-mana. 

Seperti halnya dengan gadget, laptop juga membutuhkan asupan daya listrik di dalam baterai supaya bisa dinyalakan. Seiring bertambahnya penggunaan, maka daya di dalam baterai laptop cepat habis. Maka mau tidak mau, pengguna harus membawa charger supaya laptop bisa tetap menyala dan digunakan. 

Lalu, bagaimana cara agar baterai laptop bisa bertahan lama? Di kesempatan kali ini akan menjelaskan beberapa cara menghemat baterai laptop Windows yang mudah dan aman. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 

Mempunyai baterai laptop yang boros ini sangat menjengkelkan. Apalagi, di saat kamu sedang membutuhkan laptop untuk menjalankan suatu pekerjaan. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan beberapa cara menghemat baterai laptop Windows sebagai berikut :

  1. Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Apa yang membuat baterai laptop kamu cepat habis? Di sini, kamu harus mengetahui penggunaan daya baterai dari setiap aplikasi yang sering kamu gunakan. Hal ini untuk memastikan penyebab baterai laptop cepat habis sekaligus memantau konsumsi daya baterai oleh aplikasi berada di dalam kondisi wajar atau tidak. Sebagai berikut adalah langkah-langkah untuk mengetahui aplikasi yang boros baterai : 

  • Memastikan laptop sudah menyala dengan daya baterai, bukan dengan charger yang terpasang.
  • Tekan tombol “Win+X”, lalu pilih opsi menu “setting”. 
  • Pilih opsi menu “system”. 
  • Pada bagian sisi kiri, kamu memilih menu “battery”. 
  • Cek pada bagian “battery usage per app”. Disitu akan muncul daftar urutan aplikasi berdasarkan konsumsi daya baterainya. 
  • Periksa juga bagian “time period” untuk mengecek lewat jangka waktu tertentu. Contohnya, selama 24 jam maupun seminggu. 

Untuk beberapa aplikasi yang menggunakan daya baterai cukup banyak, perlu kamu waspadai. Apabila tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya kamu bisa menghapus atau uninstall saja. 

  1. Menggunakan Mode Level Paling Rendah 

Laptop dengan sistem operasi Windows sudah menyediakan fungsi pengaturan penggunaan daya baterai. Fungsi yang satu ini sangat mudah sekali untuk diakses. Selain itu, fungsi tersebut juga bisa menjadi solusi supaya baterai laptop kamu tidak cepat habis. Sebagai berikut adalah cara menggunakan mode power level rendah di laptop Windows : 

  • Klik di ikon baterai laptop yang ada di bagian pojok kanan bawah taskbar. 
  • Geserkan slide power mode ke arah kiri. Semakin ke arah kiri, maka level mode power yang digunakan akan semakin rendah. 

Ada dua pilihan power mode yang disarankan, yaitu “Better Battery” dan “Battery Saver”. Di dalam mode Better Battery, laptop akan menggunakan daya baterai sedikit rendah dibandingkan dengan mode Better Performance. 

Sedangkan mode Battery Saver, laptop akan menggunakan daya baterai yang jauh lebih hemat. Sehingga, akan mengurangi performa, fitur dan kecerahan dari layar laptop tersebut. 

  1. Mengurangi Kecerahan atau Brightness Tampilan Layar 

Kenapa baterai laptop kamu cepat habis? Salah satu penyebabnya, yaitu tampilan layar yang terlalu terang. Sehingga, untuk konsumsi daya baterai laptop akan semakin banyak. 

Maka dari itu, cara supaya agar baterai laptop awet adalah mengatur kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, penggunaan daya baterai bisa menjadi lebih efisien. Sebagai berikut adalah cara mengurangi kecerahan layar laptop atau merubah brightness : 

  • Membuka opsi menu “Action Center”. Klik ikon paling pojok kanan bawah “Taskbar” atau tekan tombol “Win+A”. 
  • Geser slider kecerahan layar ke arah kiri sesuai dengan kebutuhan maupun kenyamanan pandangan mata. 
  • Membuka opsi menu “settings” dengan cara tekan tombol “Win+R”, lalu pilih “settings”. 
  • Pilih opsi menu “System”. 
  • Di dalam menu display, kamu bisa mencari “brightness”. 
  • Geser slider kecerahan layar ke arah kiri sesuai dengan kebutuhan maupun kenyaman pandangan mata. 
  1. Menyalakan Airplane Mode 

Apabila kamu ingin benar-benar menghemat konsumsi daya baterai, maka bisa mengaktifkan mode pesawat atau sering dikenal dengan airplane mode. Fitur yang satu ini memutuskan semua komunikasi wireless seperti Wifi, Bluetooth, jaringan seluler, GPS dan lainnya. Sebagai berikut adalah cara mengaktifkan airplane mode di laptop Windows : 

  • Membuka opsi menu “Action Center”. Klik ikon yang paling pojok kanan bawah taskbar atau menekan tombol “Win+A”. 
  • Aktifkan mode pesawat atau airplane mode di ikon pesawat. 
  • Atau, kamu membuka “settings” dengan cara menekan tombol “Win+X” dan pilih “Settings”. 
  • Pilih opsi menu “Network Internet”. 
  • Di bagian kiri, pilih “Airplane mode”. 
  • Pastikan Airplane mode sudah berada di dalam posisi on. 

Mode pesawat ini sangat berguna, ketika laptop yang kamu gunakan berada di dalam kondisi offline atau tidak terkoneksi dengan jaringan komunikasi apapun. 

  1. Menutup Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan 

Cara memperbaiki laptop Windows yang baterainya cepat habis, yaitu mengurangi beban sistem. Salah satu hal yang bisa membebani sistem laptop adalah aplikasi yang masih terus berjalan meskipun sudah tidak dibutuhkan. 

Hal tersebut menjadi salah satu penyebab utama baterai laptop Windows tidak awet dan sekaligus membuat laptop lemot. Lalu, bagaimana cara mengetahui dan menutup aplikasi yang sudah dibutuhkan? Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan : 

  • Kamu bisa mengecek di bagian taskbar pojok kanan bawah (notification area). 
  • Disamping label jam dan waktu, biasanya ada berjajar ikon aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. 
  • Periksa semua aplikasi tersebut. Apabila memang sudah tidak dibutuhkan, kamu bisa menutup dengan cara klik kanan di aplikasi tersebut dan memilih menu “close”. 

Itulah dia 5 cara paling aman untuk menghemat baterai laptop Windows. Selamat mencoba dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “5 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows, Mudah dan Aman!”

  1. Ping-balik: 6 Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop, Mudah dan Simple – Kadjiro

Tinggalkan komentar