10 Aplikasi Touch Screen Test untuk Mendeteksi Masalah Layar Sentuh di HP

Anggi Novita Sari

Aplikasi Touch Screen Test untuk Mendeteksi Masalah Layar Sentuh di HP

Kadjiro – Mengalami masalah ghost touch, dead pixels atau burn in di layar HP tentunya sangat mengganggu. Apabila dibiarkan secara terus menerus, maka dampaknya juga semakin fatal. 

Supaya tidak semakin parah, kamu membutuhkan aplikasi touch screen test untuk melakukan identifikasi dan mendiagnosis kondisi layar di HP. Berikut adalah beberapa aplikasi touch screen test yang bisa kamu pilih dan gunakan. 

Rekomendasi Aplikasi Touch Screen Test 

Untuk mengetahui layar sentuh HP kamu berfungsi dengan benar atau tidak, maka bisa mengetesnya menggunakan beberapa aplikasi. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu coba : 

  1. Dead Pixels Test and Fix 

Menurut informasi dari Google Play Store, aplikasi Dead Pixels Test and Fix bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasi perihal piksel yang terjebak atau mati di layar LCD. Bahkan, aplikasi yang satu ini mengklaim dirinya bisa memperbaiki masalah burn-in di layar HP. Tidak hanya itu, aplikasi juga sudah kompatibel dengan semua resolusi layar baik itu smartphone maupun tablet. 

  1. Device Info 

Device Info merupakan aplikasi yang menyediakan informasi mengenai CPU, RAM, OS, sensor, penyimpanan, baterai, jaringan, kamera, layar dan lain-lain. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga bisa secara otomatis menjalankan beberapa tes di smartphone dan salah satunya adalah mengetes layar. Tes ini bertujuan identifikasi masalah layar sentuh di smartphone Android seperti piksel mati dan screen burn-in. 

  1. Display Calibration 

Aplikasi satu ini diklaim bisa melakukan kalibrasi semua piksel secara beragam di semua layar dan menghilangkan piksel yang mati. Meski tidak tahu seberapa benar dari pernyataan tersebut, banyak pengguna yang mendapatkan manfaat setelah menggunakan aplikasi satu ini. 

Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini juga bisa dengan cepat memperbaiki beberapa masalah terkait resolusi tampilan. Aplikasi Display Calibration mempunyai rating tinggi dan sudah digunakan lebih dari 500.000 pengguna. 

  1. Display Tester 

Display Tester sangat cocok dipilih oleh orang yang ingin mencari aplikasi gratis untuk menguji tampilan HP lebih mendalam. Aplikasi ini juga sudah mendukung pengujian di semua jenis layar seperti LCD, OLED dan AMOLED. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan beberapa uji penting seperti uji warna, kalibrasi, sudut pandang layar, piksel mati dan lain–lain. 

  1. Multitouch tester 

Multitouch Tester merupakan aplikasi uji layar sentuh multi-touch yang sangat cocok kamu gunakan. Pada saat menggunakan aplikasi ini, kamu bisa tahu seberapa banyak jari yang dideteksi oleh HP tersebut. 

Begitu kamu meletakkan beberapa jari di layar, maka aplikasi akan memberi nomor di masing-masing dan memberikan warna unik di setiap jarinya. Uniknya lagi adalah aplikasi ini bisa mencatat seberapa banyak jari secara total terdaftar di layar HP. 

  1. Screen Check 

Screen Check adalah aplikasi Android yang berfungsi untuk memeriksa masalah di layar HP Android seperti piksel mati maupun burn-in. Aplikasi yang satu ini bisa kamu unduh dan digunakan secara gratis. 

Di saat menggunakan aplikasi Screen Check, kamu tidak akan menemukan iklan sama sekali. Untuk aplikasi ini sudah menggunakan sembilan warna dasar untuk menemukan semua piksel mati maupun yang terjebak di layar LCD. Karena penggunaan yang mudah, aplikasi ini cukup efektif dan populer di kalangan pengguna HP Android. 

  1. Partial Screen 

Apabila HP kamu mengalami masalah ghost touch, maka harus menggunakan bantuan aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang satu ini bisa memblokir sentuhan di bagian layar HP bermasalah. 

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga efektif untuk menghilangkan masalah ghost touch yang muncul akibat layar HP rusak. Meski tidak begitu populer, aplikasi ini sudah layak untuk kamu coba. 

  1. Touch Screen Calibration 

Touch Screen Calibration bisa digunakan untuk kalibrasi layar sentuh HP kamu dengan baik. Aplikasi ini bisa melakukan kalibrasi secara terpisah untuk setiap gerakannya. 

Hasilnya juga cukup lengkap dan semua proses terekam dengan jelas. Proses kalibrasi dilakukan secara transparan di setiap tahapannya. Mulai dari nilai kalibrasi atau akurasi kalibrasi yang ditampilkan. Sangat menarik kan? 

  1. Touch Screen Test 

Apabila kamu sedang mencari aplikasi sederhana untuk memeriksa layar sentuh HP Android, maka Touch Screen Test menjadi pilihan yang paling tepat. Aplikasi yang satu ini hanya fokus di dalam pengujian layar sentuh dan kamu perlu menggunakan tombol volume naik maupun turun untuk menjelajahi semua menu di Touch Screen Test. Bahkan, untuk aplikasi Touch Screen Test sudah mendukung multi-touch di layar HP yang sedang kamu gunakan. 

  1. TouchScreen Test 

Aplikasi kali ini juga bisa membantu kamu di dalam menemukan area layar HP yang tidak respon dengan menggunakan beberapa metode unik. Ketika kamu menyentuh lingkaran kecil yang berwarna putih di layar, maka aplikasi TouchScreen Test ini akan merubah warna lingkaran tersebut menjadi hijau. 

Disini, kami perlu mengisi semua lingkaran untuk mengetahui dari kondisi layar HP tersebut. Apabila ada area yang tidak memberikan respon karena lingkaran tidak akan menyala dan kemungkinan di bagian layar tersebut sedang bermasalah. 

Itulah 10 aplikasi touch screen test yang bisa kamu gunakan untuk menguji sentuhan, tampilan dan kualitas dari layar HP. Setiap aplikasi di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memaksimalkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan berdasarkan fitur yang telah disediakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar