Rekomendasi 8 Aplikasi dan Website Terbaik Untuk Menulis Artikel Penelitian

TRISULA

8 Aplikasi dan Website Terbaik Untuk Menulis Artikel Penelitian
Source Img: https://pgsd.binus.ac.id/2022/11/15/10-aplikasi-dan-website-terbaik-untuk-menulis-artikel-penelitian/

Artikel penelitian merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu proyek penelitian. Biasanya artikel-artikel ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah yang berfungsi sebagai catatan pekerjaan Anda. Selain itu, artikel penelitian juga akan merinci segala sesuatu tentang penelitian Anda, termasuk metodologi dan latar belakangnya, bersamaan dengan hasil yang diperoleh dari pengamatan atau eksperimen Anda. Namun, menulis artikel tersebut bukanlah hal yang mudah karena Anda perlu melacak semua informasi yang diperlukan untuk membuat dan mengaturnya dengan benar. Alangkah baiknya untuk menggunakan aplikasi atau website terbaik untuk membuatnya.

8 Rekomendasi Aplikasi dan Website Terbaik

Adanya aplikasi ataupun website untuk menulis artikel penelitian yaitu agar proses pembuatan artikel menjadi lebih mudah. Adapun rekomendasi aplikasi dan website tersebut, yaitu:

1. Scopus.com

Scopus.com merupakan database lebih dari 25 juta publikasi yang lebih dari 5.000 penerbit serta 15.000 prosiding konferensi. Selain itu, Scopus.com menyediakan akses ke artikel jurnal dan bab-bab buku dalam ilmu pengetahuan dari bidang terkait. Bahkan, Anda juga bisa mengulik informasi lain tentang sebuah makalah.

2. Google Scholar

Google Scholar yaitu mesin pencari yang mengindeks teks lengkap literatur ilmiah. Dengan mesin pencari ini, Anda bisa mencari buku, artikel, dan materi ilmiah lainnya di berbagai disiplin ilmu dan sumber. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kutipan untuk ulasan, bibliografi, dan makalah penelitian.

Google Scholar juga membantu Anda untuk mengidentifikasi sumber-sumber penelitian yang berkualitas tinggi dan kredibel dengan fitur pelacakan kutipannya. Hal tersebut sangat berguna bagi Anda dalam proses menulis artikel. Google Scholar menyediakan akses yang tidak terbatas ke jurnal akademis melalui layanan berlangganan mereka yang biasa disebut dengan istilah ResearchEd.

3. Grammarly

Grammarly adalah alat pemeriksa tata bahasa yang mampu memeriksa gaya, tanda baca, dan ejaan. Selain itu, Grammarly juga mempunyai opsi untuk memeriksa plagiarisme sehingga Anda dapat memastikan bahwa tulisan Anda asli. Biasanya, versi gratis dari Grammarly yang akan memberitahu jika ada kesalahan dalam tulisan Anda. Namun, tidak memberikan saran atau koreksi untuk memperbaikinya.

Sedangkan fitur premiumnya, memberikan akses fitur-fitur canggih seperti; pendeteksi plagiarisme dan analisis gaya kepenulisan. Anda juga bisa menggunakan versi gratis sebagai aplikasi desktop, ekstensi browser, bahkan mengunduh aplikasi seluler Grammarly di perangkat Android atau iOS.

4. Quillbot

Parafrase Quillbot juga bisa membantu Anda untuk menulis agar lebih cepat dan lebih baik lagi. Alat penulisan ulang ini bisa diakses secara gratis dan sangat mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu mengklik tombol, maka alat parafrase akan menyusun ulang kalimat, paragraf, esai, atau artikel sesuai dengan keinginan Anda.

Quillbot juga mempunyai fitur berguna lainnya bagi para penulis, termasuk kemampuan dalam mengidentifikasi kalimat panjang dan menghasilkan daftar sinonim yang didalamnya terdapat satu atau dua kata serupa makna yang bisa Anda pilih. Bahkan, parafrase yang satu ini juga memberikan saran untuk meningkatkan gaya kepenulisan berdasarkan panjang dan kerumitan di setiap kalimatnya.

5. Mendeley

Mendeley merupakan manajer referensi terbaik yang bisa diakses secara gratis dan mudah digunakan, baik melalui seluler yang kuat ataupun aplikasi desktop yang kuat. Mendeley juga sudah terintegrasi secara mulus dengan aplikasi lain, seperti; Google Docs dan Zotero. Jika Anda sedang mencari solusi lengkap untuk membantu mengatur referensi dan membuatnya bisa diakses kemanapun, maka Mendeley merupakan pilihan yang tepat.

6. Bibliometrik

Bibliometrik merupakan alat sumber terbuka untuk melaksanakan analisis pemetaan sains secara komprehensif dari literatur ilmiah. Selain itu, Bibliometrik juga diprogram dalam bahasa R agar lebih fleksibel dan memfasilitasi integrasi dengan paket grafis dan statistik yang lainnya. Memang bibliometrik merupakan ilmu yang terus berubah. Bibliometrik juga memiliki fleksibilitas untuk diintegrasikan dan ditingkatkan dengan cepat.

Pengembangannya dapat mengatasi komunitas pengembang besar dan aktif yang dibentuk para peneliti terkemuka. Bibliometrik menyediakan beberapa rutinitas untuk mengimpor data bibliografi dari SCOPUS, Web of Science Clarivate Analytics, Dimensions, PubMed dan database Cochrane untuk menganalisis bibliometrik dan membangun matriks data untuk co-citation, coupling, analisis kolaborasi ilmiah dan analisis co-word.

7. Google Data Studio

Google Data Studio merupakan alat online gratis yang bisa membantu Anda dalam membuat laporan, dasbor, dan visualisasi. Aplikasi ini bisa dikatakan sempurna jika Anda hendak menganalisis data di berbagai platform, seperti; Google Analytics dan Facebook Ads dengan antarmuka drag-and-drag. Bagian terbaik dari aplikasi ini yaitu sangat mudah digunakan oleh siapa saja, sekalipun dengan keterampilan komputer dasar.

8. VOSviewer

VOSviewer yaitu alat perangkat lunak untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Jaringan ini bisa mencakup jurnal, peneliti, publikasi individu, serta mereka dapat dibangun berdasarkan kutipan, penggabungan bibliografi, kutipan bersama, atau hubungan penulis bersama. VOSviewer juga menawarkan fungsionalitas pengembangan teks yang bisa digunakan untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan kemunculan bersama dari berbagai istilah penting yang diambil dari kumpulan literatur ilmiah.

Itulah aplikasi dan website terbaik untuk menulis artikel penelitian.

Kesimpulannya, aplikasi dan situs web yang tercantum di atas sangat membantu Anda dalam menulis artikel penelitian. Selain itu, alat-alat tersebut juga bisa memberikan dan membantu mencari sumber daya yang sangat baik bagi Anda yang berjuang mati-matian untuk menemukan data serta Anda juga bisa mengaturnya dengan cara yang masuk akal.

Also Read

Bagikan:

Tags

3 pemikiran pada “Rekomendasi 8 Aplikasi dan Website Terbaik Untuk Menulis Artikel Penelitian”

  1. Ping-balik: 7 Cara Membuat Konten Website yang Menarik – Kadjiro
  2. Ping-balik: Cara Meningkatkan Keamanan Website Milik Perusahaan – Kadjiro
  3. Ping-balik: 9 Situs Parafrase Terbaik, Bisa Membantu Mengerjakan TugasĀ  – Kadjiro

Tinggalkan komentar