Penting! Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

TRISULA

 Cara menghapus data dari pinjaman online

Halo sobat..

Ada kalanya saat kondisi sulit memaksa kita untuk meminjam uang dari aplikasi pinjaman online. Sebenarnya hal itu boleh-boleh saja dan sah-sah saja apabila pinjaman online tersebut berada dibawah naungan OJK  (otoritas jasa keuangan ).

Dan juga kamu memiliki rencana jelas untuk bisa melunasi hutang tersebut. Jangan sampai kalian meminjam uang hanya untuk menuruti keinginan saja. Pastikan juga kalian mampu membayar tiap bulan misalnya dari menyisihkan beberapa persen dari gaji tiap bulan.

Pilihlah aplikasi pinjol yang telah terdaftar di OJK maka segala sesuatunya sudah lolos dari pemeriksaan sehingga legal untuk digunakan.

Salah satu persyaratan untuk bisa meminjam uang dari aplikasi pinjol yaitu menyerahkan data pribadi seperti KTP, kk, no telepon dan lain sebagainya.

Namun ada kalanya karena ketidaktahuan kita sebelumnya kita terlanjur meminjam pada aplikasi yang belum terdaftar ojk sehingga rawan terjadinya penyalahgunaan data yang telah kita berikan kepada mereka.

Untuk menghindari hal-hal tersebut kalian perlu untuk menghapus data yang telah dikirim kepada Mereka. Untuk Cara menghapus data dari pinjaman online kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini  :

Cara menghapus data dari pinjaman online

Apabila kalian sudah terlanjur memberikan data pribadi kepada aplikasi pinjol , dan risih dengan pemberitahuan atau sering ditelpon  untuk menagih padahal sudah lunas membayar tentu hal tersebut sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Apabila telah selesai urusan dengan pinjol  lebih baik kamu menghindarinya supaya tidak terjebak oleh pinjol lagi. Maka kalian bisa bisa melakukan hal-hal sebagai berikut.

Melunasi pinjaman online yang tersisa

Langkah pertama apabila kamu merasa terganggu dengan teror melalui telpon, wa dan lain sebagainya, coba kasih tahu mereka bahwa kalian akan segera melunasi hutang yang tersisa. Dengan membicarakan dengan jelas tentu berharap mereka tidak lagi melakukan teror yang berlebihan.

Dan kamu bisa fokus untuk bekerja dan mencari dana untuk bisa segera melunasi hutang pinjaman online tersebut.

Mengajukan permohonan hapus semua data

Setelah melakukan pelunasan hutang itu artinya kalian tidak memiliki tanggungan lagi dengan mereka, namun data yang telah kita berikan masih tertutup pada aplikasi pinjol tersebut. Jadi mintalah untuk menghapus data seperti nomor kontak ,email, ktp, KK dan lain sebagainya.

Karena semua data tersebut termasuk data penting pribadi yang bisa saja disalahgunakan oleh seseorang yang punya niat jahat. Jadi hubungi mereka untuk menghapus data.

Hapus aplikasi pinjaman online

Aplikasi pinjaman online memang menarik perhatian karena prosesnya yang mudah dilakukan kita bisa meminjam beberapa nominal uang untuk digunakan sementara. Namun setelah satu dua kali melakukan pinjaman, terkadang kita jadi tidak memiliki rem untuk menghentikannya. Walaupun sebenarnya kita tidak terlalu membutuhkan uang tersebut.

Jadi lebih baik menghapusnya saja aplikasi pinjol tersebut. Untuk menghindari pengeluaran yang kurang diperlukan.

Ganti simcard

Apabila nomor simcard mu sering mendapatkan telpon atau pesan spam seperti iklan dan lain sebagainya. Itu bisa jadi nomor telah kesebar dan disalah gunakan. Bila kalian merasa terganggu dengan hal tersebut. Maka lebih baik melakukan ganti nomor sim saja. Dengan cara membeli nomor baru di counter terdekat.

Baca juga : Cara menonaktifkan kartu operator yang terdaftar 

Nonaktifkan semua sosial media

Sosial media juga termasuk kedalam syarat diawal pengajuan pinjaman online. Itu tujuanya untuk mengubungi apabila telat membayar tagihan selama berbulan-bulan. Mereka akan mencoba menghubungi kapan saja dan dimana saja agar kalian segera melunasi tagihan tersebut.

Bila merasa teror yang terlalu berlebihan maka akan lebih baik menonaktifkan sosial media untuk sementara waktu. Supaya kamu bisa fokus mencari dana untuk melunasi hutang.

Laporkan ke OJK

Bila kalian merasa telah selesai urusan dengan pinjol namun data penting seperti KTP, KK dan nomor hp masih ada pada aplikasi. Langkah terbaiknya dengan melaporkan hal tersebut dengan OJK , yang merupakan lembaga resmi pemerintah yang mengatur semua jasa pinjaman online yang ada di Indonesia.

Apabila ada kebijakan yang mencurigakan dan merugikan kalian, coba langsung menghubungi OJK untuk segera diselesaikan masalahnya.

Alasan menghapus data dari pinjol itu penting ?

Data pribadi yang kita berikan kepada aplikasi pinjaman online itu merupakan data yang sangat penting. Bisa saja data tersebut dijual atau disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi kalian melakukan pinjaman pada pinjol yang tidak terdaftar ojk tentu hal tersebut akan lebih merepotkan lagi.

Jadi sebagai pengguna kalian harus berusaha sebisa mungkin menghapus data tersebut, pertama pada aplikasi yang terinstall diponsel yang kedua mengajukan permintaan penghapusan data pada aplikasi tersebut dengan menghubunginya via call center yang tersedia.

Biasanya apabila kalian telah melunasi semua tagihan akan mudah untuk meminta penghapusan data. Tetapi bila tanggungan masih ada akan ditolak permintaan mu.

Sebuah konsekuensi dari pinjol

Kurangnya pengetahuan tentang syarat dan ketentuan aplikasi pinjol kadang membuat menyesal di kemudian hari. Tetapi apabila sudah terlanjur ya mau bagaimana lagi itu sebuah konsekuensi yang harus ditanggung. Termasuk data pribadi yang diberikan.

Teror yang berlebihan dari pinjol

Apabila ada hal-hal yang tidak masuk akal ketika melakukan penagihan, seperti menagih secara kasar dan menggunakan kekerasan. Maka solusinya adalah dengan melaporkan kepada OJK. Bagaimanapun juga hal terkait penagihan tetap ada aturanya secara hukum.

Tips melunasi hutang pinjol

Jangan melunasi pinjol satu dengan meminjam dari pinjol lain

Ini seperti lingkaran setan ketika kita ketagihan melakukan pinjaman online. Ini juga disebut gali lubang tutup lubang. Terkadang ketika otak buntu karena belum bisa membayar hutang, dengan tujuan menambah jangka waktu melunasi agar bisa lebih panjang tanpa adanya bunga yang besar. Yaitu dengan meminjam lagi dari pinjol lain untuk melunasinya.

Tentu hal seperti ini kurang baik untuk dilakukan. Selain membuat nama kita berada  dalam daftar hitam pada semua jasa keuangan. Juga secara mental kita akan susah keluar dari jeratan pinjol atau hutang piutang.

Niat untuk bisa melunasi

Jangan punya niatan buruk untuk menghilangkan jejak dari pinjol. Tetapi berpikirlah untuk bisa melunasinya bahkan sebelum jangka waktu yang di tentukan. Dengan seperti itu otak tetap bisa jernih untuk bisa fokus melunasinya.

Mengurangi pengeluaran

Apabila kalian memiliki pekerjaan tetap tentu akan lebih mudah mengatur dengan menyisihkan beberapa persen untuk mencicil setiap bulan. Apabila penghasilan mepet, solusinya ya harus lebih menghemat lagi dalam pengeluaran.

Misalnya mengurangi dana kurang penting, seperti nongkrong di kafe, atau makan lebih sederhana asal bisa kenyang saja. Dan lainya yang kalian sendiri pasti memahaminya.

Berdoa kepada Tuhan

Dengan rajin beribadah dan berdoa kepada Tuhan maka pasti akan diberikan kemudahan dalam melunasi hutang piutang. Sepeti dilancarkan dalam pekerjaan atau bisa saja mendapatkan rezeki yang tidak di duga-duga . Hal hal seperti itu sangat mudah bagi Allah SWT.

Kesimpulan

Dengan berbagai kemudahan ketika bisa meminjam uang secara online. Harus pula dipikirkan secara matang-matang tentang syarat dan ketentuannya. Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena telah terlanjur menyerahkan data penting kepada mereka. Terlebih kita meminjam dari pinjol yang tidak terdaftar ojk, tentu hal tersebut akan rawan penipuan dan penyalahgunaan data pribadi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar