Kamu Pebisnis? Begini Cara Edit Foto di Canva Agar Produk Lebih Menarik

TRISULA

Cara Edit Foto di Canva Agar Produk Lebih Menarik

Dalam dunia bisnis, promosi produk merupakan hal yang sangat penting. Selain harus mencari media promosi yang tepat untuk mempromosikan usaha milik kamu, ada baiknya kamu juga harus mengetahui cara mengedit foto promosi produk yang menarik dengan bantuan aplikasi Canva.

Apa Itu Canva?

Canva merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai desain konten visual untuk website atau blog pribadi secara gratis. Saat menggunakan Canva, kamu tidak perlu memiliki kemampuan desain profesional karena sudah disediakan banyak sekali fitur gratis yang mudah digunakan. Sehingga proses desain akan lebih mudah dan cepat.

Canva juga menawarkan berbagai fitur seperti mengedit gambar, mengatur layout, template untuk banner atau sampul buku, serta segudang stok foto. Bahkan, Canva memiliki user interface yang ramah sehingga memudahkan pemula dalam mempelajarinya.

Berkat itu pula, platform yang satu ini berhasil merebut hari lebih dari 60 juta pengguna aktif bulanan dari 190 negara di dunia sejak 2023. Dari jutaan itu juga, sudah ada lebih dari 7 miliar desain yang berhasil tercipta.

Manfaat Canva

Setelah kamu mengetahui pengertiannya, mari kita bahas manfaat dari Canva. Berikut manfaat dan kegunaannya:

  • Mampu menciptakan berbagai desain apapun dengan mudah.
  • Mampu membuat presentasi seperti PowerPoint dengan lebih banyak elemen.
  • Mampu menciptakan desain poster, flyer, iklan, brosur, business card, newsletter, postcard, hingga invoice untuk kebutuhan bisnis dan sebagai digital marketing tools.
  • Bisa mengedit video untuk berbagai platform media sosial, seperti; YouTube, Instagram, Tiktok, Pinterest, dan LinkedIn.
  • Membantu membuat konten di Instagram untuk feed, story, dan Ads dengan pilihan animasi (dinamis) dan status (tidak bergerak).
  • Membantu dalam mendesain postingan, cover, Ada, event cover, Facebook video, dan story Facebook.
  • Bisa membantu menyusun format resume, CV, portofolio, proposal, sertifikat, dan berbagai kartu undangan lainnya.
  • Membantu menyusun infografis, mind map, kolase foto, virtual background, format kalender, worksheet, planner, peta konsep, dan wallpaper/background layar ponsel.

Fitur Gratis di Canva

Ada beberapa fitur gratis di Canva yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik desain kamu. Adapun fitur-fitur tersebut yaitu:

  • 000+ template gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten visual, seperti; banner website, slide presentasi, konten media sosial, poster, infografis, dan lain-lain.
  • Ratusan ilustrasi dan icon, baik ilustrasi 2D, 3D, bahkan GIF.
  • Kapasitas penyimpanan 5GB yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan hasil desain kamu. Namun, akan lebih baik jika langsung didownload.
  • Kustomisasi teks yang beragam, sehingga kamu bisa menambahkan dan mengganti font sesuai dengan tema yang digunakan saat membuat desain.
  • Terdapat beragam pilihan gambar dan tone warna yang siap meramaikan desain yang kamu buat. Kamu juga bisa menyesuaikan setiap background yang digunakan, seperti; mengatur kontras, meningkatkan intensitas cahaya, hingga mengatur transparansi latar belakang yang kamu pilih.

Cara Edit Foto di Canva di HP

Tidak dapat dipungkiri, jika produk akan tampil lebih menarik jika diedit sedemikian rupa. Bagi para pebisnis pemula harus tahu cara edit foto di canva yang super mudah dan praktis. Berikut cara-caranya;

1. Buat Akun

Pertama, kamu harus membuat akun Canva terlebih dahulu. Kamu bisa membuatnya dengan membuka situs canva.com atau langsung dari aplikasinya.

Klik tombol “Sign Up” kemudian isi data-data yang diperlukan. Agar lebih mudah, kamu bisa daftar melalui akun Facebook, Google, atau E-mail.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke tampilan halaman dan panduan untuk pengguna baru. Kamu juga bisa mengubah penggunaan bahasa menjadi bahasa Indonesia di bagian setting.

2. Pilih Foto Produk

Pilih foto produk terbaik yang kamu punya, lalu upload ke Canva. Sebaiknya, foto yang diunggah tanpa background agar lebih bebas dalam mengeditnya.

3. Memilih Template

Selanjutnya, pilihlah template yang ingin kamu gunakan sebagai latar belakang atau background. Kamu bisa mencari background yang kamu inginkan atau butuhkan dengan memasukkan kata kunci tertentu di kolom search, ya.

4. Proses Editing

Berikutnya kamu bisa mengedit foto dari Workspace atau lembar kerja yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa menambahkan teks, menambahkan elemen, icon dan gambar guna mempercantik desain dengan mudah. Hanya dengan drop and drag, kamu bisa membuat gambar yang menarik. Tidak perlu repot-repot membuat gambar dari nol seperti di Coreldraw, bukan?

5. Download

Setelah yakin dengan hasil editan tersebut, kamu bisa langsung menyimpan dan sekaligus mengunduhnya. Selesai, dan foto produkmu sudah bisa digunakan untuk bahan promosi.

Tips Mengedit Foto Produk di Canva

Meski mengedit foto di Canva terbilang mudah, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Akses Canva, ada 2 opsi yaitu Canva Free dan Pro. Dengan fitur Pro kamu bisa mengakses fitur editing yang lebih banyak.
  • Elements Canva, terdiri dari; garis, bentuk, bingkai, stiker, bagan, dan gradien. Usahakan jangan terlalu berlebihan agar foto produk indah dipandang mata.
  • Dalam proses pengeditan, kamu mungkin membutuhkan gambar tambahan. Canva juga sudah menyediakannya, lho. Foto-foto tersebut berasal dari kontributor Canva dan hanya boleh digunakan untuk mendukung desain yang kamu buat (bukan sebagai elemen utama).
  • Canva juga lengkap dengan opsi font yang cukup lengkap. Kamu bisa menggunakannya ketika sedang mendesain produk.
  • Warna merupakan hal krusial dalam mendesain. Kamu harus bisa memilih warna yang tepat untuk menarik perhatian orang.

Begitulah cara edit foto di Canva yang bisa kamu lakukan. Sangat mudah bukan? Jangan lupa upgrade Canva Pro agar kapasitas penyimpanannya mencapai 100GB plus bisa menikmati fitur lainnya. Selamat mencoba

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Kamu Pebisnis? Begini Cara Edit Foto di Canva Agar Produk Lebih Menarik”

  1. Ping-balik: 9 Teknologi AI yang Harus Kamu Coba, Dapat Mempermudah Kerja Desain Grafis – Kadjiro

Tinggalkan komentar