3 Cara Hapus Data Aplikasi di iPhone Supaya Tidak Lemot

TRISULA

Cara hapus data aplikasi di iPhone


Cara hapus data aplikasi di iPhone – Apabila iPhone kalian sudah sangat penuh memorinya sehingga mempengaruhi performa maka perlu untuk menghapus data aplikasi di iPhone kalian. Sehingga handphone dapat berjalan dengan lancar kembali untuk digunakan.

Selain data dari foto dan video, data aplikasi juga memakan banyak sekali memori ponsel. Maka dari itu perlu untuk menghapus data aplikasi, terutama pada ponsel iPhone.

Baca juga : 3 Cara downgrade IOS paling mudah 

Biasanya data aplikasi itu berupa data file aplikasi dan juga data chace, bila aplikasi telah lama digunakan terkadang bisa menyebabkan crush pada aplikasi atau aplikasi menjadi lebih lemot. Bila sudah seperti itu kalian perlu menghapusnya.

Apabila kalian pengguna iPhone baru yang belum mengerti bagaimana cara hapus data di iPhone. Tenang saja kali ini saya akan memberikan tutorialnya.

Cara hapus data aplikasi di iPhone Supaya tidak lemot 

Ponsel tanpa aplikasi itu seperti ada yang kurang, karena fungsi ponsel itu sendiri tergantung pada aplikasinya. Sepeti aplikasi Instagram, Facebook, WhatsApp , mobile legends dan masih banyak lagi.

Semua aplikasi tersebut apabila digunakan terus menerus memorinya akan terus bertambah, sehingga internal ponsel akan semakin penuh. Maka dari itu kalian perlu menghapusnya. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Menghapus melalui menu pengaturan

Kalian bisa menghapus aplikasi melalui menu pengaturan yang ada apa ponsel iPhone

  • Buka pengaturan pada iPhone
  • Masuk ke general atau umum
  • Kemudian lanjut ke bagian iPhone storage atau penyimpanan
  • Akan muncul semua daftar aplikasi yang ada pada iPhone
  • Pilih aplikasi mana saja yang ingin dihapus datanya

Nanti akan muncul dua pilihan yaitu

  • Offload app yang berarti menghapus aplikasi pada menu homescreen tetapi data masih tersimpan. Jadi apabila kalian install kembali aplikasi, data sebelumnya tetap ada.
  • Pilihan kedua Deleted App, yaitu menghapus semua data dan aplikasi tersebut. Jadi aplikasi akan baru ketika meng-install kembali dan data yang lama telah terhapus.

Pilihan kedua paling direkomendasikan untuk menghapus data aplikasi di iPhone. Tanpa menghilangkan aplikasi tersebut.

2. Menghapus Data Pada safari

Salah satu aplikasi yang memakan data paling banyak di iPhone  yaitu pada aplikasi Safari. Kalian bisa menghapusnya melalui cara sebagai berikut.

  • Buka menu pengaturan pada iPhone
  • Gulir sampai ketemu menu safari dan buka
  • Geser lagi ke bawah sampai menemukan ” clear history dan website data”

Dengan menekan tombol tersebut maka data cache pada aplikasi safari akan terhapus. Sehingga data yang telah terinput sebelumnya seperti data login, password dan file-file sampah akan hilang semua. Sehingga kalian perlu untuk login ulang ke akun.

3. Menghapus data menggunakan aplikasi pihak ke tiga

Selanjutnya untuk bisa menghapus data aplikasi di iPhone bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ke tiga. Salah satu aplikasi paling populer yaitu Memory & Disk Scanner Pro.

Aplikasi tersebut memiliki fungsi untuk menghapus semua data pada aplikasi seperti file sampah, cache yang tidak diperlukan. Selain itu aplikasi ini juga dapat meningkatkan performa ram dan cpu pada perangkat iphone. Dan juga dapat  memanagement penggunanya memori dan ram pada iPhone.

Manfaat menghapus data aplikasi pada iPhone

1.  Memori lebih lega

Ketika menghapus data aplikasi di iPhone dilakukan secara rutin dapat mengurangi penggunaan memori diperangkat. Memori pun jadi lebih lega untuk bisa menyimpan foto atau video atau menambah meng-install aplikasi lagi.

2. Performa lebih cepat

Penyebab performa hp jadi lemot salah satu karena memori hp yang sudah penuh. Maka dari itu dengan menghapus data aplikasi di iPhone dapat mempercepat kinerja ponsel.

3. Membersihkan file sampah

Didalam penggunaan aplikasi akan menyimpan beberapa file yang sudah tidak diperlukan lagi. Namun file tersebut tidak otomatis hilang tetapi tetap tersimpan dalam aplikasi. Jadi dengan melakukan beberapa cara penghapusan diatas akan dapat membersihkan file sampah yang tidak dibutuhkan lagi.

4. Menghindari crash aplikasi

Pernah mengalami aplikasi crash atau menutup dengan sendirinya, penyebabnya bisa karena ada file sampah yang menganggu proses aplikasi. Jadi salah satu cara memperbaikinya dengan menghapus data pada aplikasi.

Kesimpulan

Jadi itulah cara hapus data aplikasi di iPhone yang sangat berguna untuk mengurangi beban memori yang terlalu penuh atau untuk menghindari hp lemot. Caranya sangat mudah hanya melakukan beberapa langkah di atas hp iPhone kalian bisa lebih lancar dan berjalan dengan normal kembali. Semoga informasi ini bermanfaat dan silahkan dipraktekkan dirumah!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar