Viral !! Ibu-ibu Mencuri Coklat dialfamart, Ada indikasi Kleptomania

TRISULA

KADJIRO – Selamat malam masbos..jagat Twitter sedang ramai dengan tersebarnya video seorang ibu yang ketahuan mencuri coklat, yang direkam oleh salah satu pegawai Alfamart.

Viral ibu-ibu mencuri coklat

Kenapa bisa ramai dibicarakan , karena si ibu tersebut sepertinya  tidak terima dengan videonya yang tersebar lalu membawa pengacara untuk memaksa karyawan tersebut meminta maaf dan melakukan klarifikasi didepan publik ..

Tentu para netizen banyak yang tidak setuju dengan perbuatan ibu tersebut. “Kok dia yang berbuat salah , kok malah menyuruh karyawan yang meminta maaf. ” Bukanya kebalik ya? Nah itu dia masbos .. kok jadi aneh , terkesan arogan mentang-mentang orang kaya, bisa seenaknya menekan orang kecil.

Lalu saya melanjutkan membaca komentar-komentar dari tweet, ada beberapa netizen yang berkomentar ” klepto, kleptomania… Penasaran dong apa itu maksud klepto-klepto itu… Jadi setelah baca-baca dari google , dijelaskan bahwa kleptomania adalah sebuah impuls otomatis yang membuat seseorang memiliki dorongan tak tertahankan untuk mengutil atau mencuri dan biasanya barang yang dicuri bernilai kecil atau kurang berharga.

Dilanjutkan bahwa penyebab pasti kleptomania ini masih belum diketahui, namun indikasi bisa karena riwayat keluarga / keturunan. Nah, lalu timbul pertanyaan kira-kira perilaku kleptomania dapat dipidana atau tidak ? Begini bunyi pasalnya masbos…

“Kleptomania dapat dijadikan sebagai alasan pemaaf terhadap tindak pidana pencurian karena hal tersebut didasarkan pada Pasal 44 KUHP. Yang berbunyi “barang siapa melakukan perbuatan yang tidak dapat dipertanggungkan kepadanya karena jiwanya cacat dalam pertumbuhan atau terganggu karena penyakit, tidak dapat dipidana”
.
Jadi jelas perilaku kleptomania dapat dimaafkan karena itu termasuk perilaku dari masalah kejiwaan. Seperti yang tertulis pada pasal 44 KUHP.

Nah,.. untuk kasus video viral ibu-ibu yang mencuri coklat dialfamart tersebut ? Saya sih tidak tahu pasti apakah dia pengidap kleptomania atau bukan. Tetapi kalau dilihat dari luarnya sepertinya dia orang yang mampu dan berkecukupan. Jadi secara akal sehat tidak mungkin dong secara sengaja mencuri ? Ahhh  ga tau juga … Gimana menurut masbos…?

Sebenarnya yang menjadi sorotan netizen adalah kenapa si ibu tersebut malah membuat video klarifikasi dan menyuruh karyawan Alfamart meminta maaf sambil membawa pengacara. Hal ini lah yang memicu kemarahan para netizen.. ada kesan bahwa si ibu bersama pengacaranya menekan/memaksa pegawai Alfamart untuk melakukan permintaan maaf, padahal bukan dia yang bersalah…

Sementara ada beberapa pengacara dari Twitter, yang menawarkan diri untuk membela mba-mba Alfamart itu … Entah bagaimana kelanjutannya nanti…  saya sih berharap seharusnya , yang benar memang harus dibelaaa….. Dan yang salah haruss meminta maaf.. bukan sebaliknya..

Sebenarnya permasalahan dalam video tersebut si ibu telah menyelesaikan permasalahannya dengan membayar barang yang diambil , tetapi karena mungkin sikaryawan terlanjur kesal akhirnya mengupload dan memviralkanya.  si ibu merasa dirugikan karena nama baiknya tercoreng. Ini pelajaran juga sih buat siapa saja jangan sembarangan upload video seseorang. Apalagi bila permasalahan sudah diselesaikan baik-baik.  
… (ZR)
Sumber refrensi : 
google.com
https://lib.atmajaya.ac.id/

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar