Tips Membeli Tiket dari Calo Online Agar Tidak Tertipu

TRISULA

Tips membeli tiket dari calo online


Kadjiro.com
– Buat sobat yang sedang kepepet ingin membeli sebuah tiket, karena penjualan di toko resminya sudah soldout misalnya. Maka terpaksa mau tidak mau harus mencari dari pihak ke tiga atau biasa disebut calo. Tentu hal tersebut sangat beresiko untuk dilakukan. Akan selalu ada orang yang memahami kondisi tersebut dengan  memanfaatkan untuk menipu.

Maka sobat harus sangat berhati -hati dalam mencari penjual pihak ketiga atau calo. Apalagi proses transaksinya lewat online. Jadi kali ini saya akan memberikan tips membeli tiket dari calo agar tidak tertipu, apa saja tipsnya simak dibawah ini :

Baca juga : 15 Tips Membeli iPhone Bekas Agar tidak Tertipu 

Tips membeli tiket dari calo online

Minta kontak wa

Misalnya kalau kamu mendapatkan penjual dari sosmed yang tidak memperlihatkan kontak hp atau wa. Maka penjual tersebut patut dicurigai sebagai penipu. Jadi yang harus kamu lakukan adalah meminta untuk lanjut transaksi dengan no wa. Supaya lebih mudah dihubungi untuk bertanya-tanya dari pada lewat sosmed yang biasanya dibalas lama.

Cek di Get Contact

Selanjutnya , setelah mengetahui nomor wa kamu bisa mengecek nomor penjual di get contact. Dengan cara download aplikasinya di google play store . Setelah terdownload kamu masukan nomor penjual dan nanti akan terlihat kontak tersebut dinamakan apa oleh orang lain yang menyimpanya.

Dengan begitu akan terlihat kejelasan profil kontak penjual. Namun walaupun begitu sobat masih perlu berhati-hati, dibagian bawah aplikasi ada informasi “deleted tag” jika jumlah deleted tag banyak maka hal ini bisa jadi pertimbangan supaya lebih hati-hati. Meskipun penggunaan fitur tersebut bagi sebagian orang untuk menjaga privasi.

Cek nomor rekening

Bila kamu merasa sudah aman dan meyakinkan. Selanjutnya, mintalah nomor rekeningnya. Lalu cek di : cekrekening.id untuk mencari tahu informasi rekening pernah dilaporkan oleh orang atau tidak.
Tapi kadang namanya penipu dia pasti mensiasati dengan menggunakan banyak rekening. Jadi baca tips selanjutnya

Cari informasi dari sosmed

Cari tahu informasi tentang penjual dengan mengetikan dikolom pencarian Twitter. Bisa no hp, rekening atau nama sosmednya. Biasanya akan ada warga netizen yang memposting informasi tentang seorang penipu. Sebagai pemberitahuan supaya tidak ada lagi korban selanjutnya. Tetapi bila dari hasil pencarian tidak menunjukan informasi negatif tentang penjual, itu berarti pertanda positif.

Tetap Tenang

Pada saat melakukan transaksi apapun usahakan tetap tenang. Jangan buru-buru mentransfer uang dll. Mintalah waktu beberapa menit untuk mencari tahu tentang seller. Kalau orang memang tidak niat menipu pasti memahami calon pembelinya.  Lakukan tips diatas untuk mencari informasi seller.

Minta video call

Ini bisa dilakukan juga sih untuk mencari tahu wajah seller. Karena orang yang niat nipu pasti gak akan mau angkat video call. Karena pasti dia takut wajahnya akan tersebar. Sebelum itu minta izin terlebih dahulu, ngga masalah kok kalau dia tidak niat menipu pasti mau-mau aja.

Saling follow semua akun sosmed

Ajak penjual untuk saling menfollow semua akun sosial media , untuk bisa tetap terhubung dan dapat memantau bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu tidak ada ruginya saling follow , malah bisa nambah pertemanan.

Ajak ketemuan / cod

Kalau bisa ajak untuk melakukan transaksi langsung ditempat , bila lokasi tidak terlalu jauh dari seller. Jadi kamu bisa lihat secara langsung tiket/barangnya dan melakukan pembayaran secara langsung di lokasi.

Bisa juga melakukan DP sebagian lalu sisanya dibayarkan ketika ketemu ditempat janjian. Atur saja bagaimana transaksi bisa lebih nyaman, dengan membuat kesepakatan bersama.

Minta foto identitas

Jangan sungkan untuk meminta informasi penjual berupa KTP pasport dll. Apabila dia mau memberikannya, mintalah untuk mengirim foto ktp dengan bukti tulisan disampingnya. Hal ini untuk mewaspadai  foto KTP orang lain yang diambil di internet.
Request tulisan bisa dari nama kamu, hari dan tanggal saat ini dll.

Ini berhubungan dengan permintaan video call , mintalah vidcall beserta kartu identitas disampingnya supaya lebih meyakinkan.

Tips Tambahan

  1. 1. Bila kamu ragu jangan dilanjutkan. Karena kadang ada saja yang membuat perasaan tidak enak kurang srek dan lain-lain. Itu bisa jadi kode dari alam bawah sadar / semesta.
  2. 2. Penjual yang jujur pasti dengan senang hati menunggu buyer untuk berpikir sebelum memutuskan membeli.
  3. 3. Bila ada seller yang modelnya menyuruh untuk buru-buru transfer dengan alasan apapun. Lebih baik skip aja.
  4. 4. Minta bantuan temen untuk menghubungi seller. Dengan menanyakan tiket/barangnya dan harusnya seller yang jujur mengatakan barang on hold. Kalau dia bilang barang masih dijual, itu patut dicurigai
  5. 5. Jika tiket yang dijual itu lebihan, lebih baik cod di venue konser aja. Kamu bisa membuat janji terlebih dahulu bisa kasih DP diawal dan pembayaran sisa dilokasi. Pastikan kamu juga benar2 dapat dipercaya
  6. 6. Minta dibuatkan link olshop di marketplace seperti shopee atau tokopedia jadi akan lebih aman dalam transaksi.
  7. 7. Minta Screen record dari aplikasi tempat beli tiketnya , dari mulai bukti pembayaran, email dan lainya dalam 1 video. Supaya lebih meyakinkan. Lagian screnrecord sangat mudah dilakukan, seller trusted pasti mau melakukanya.

Itulah beberapa tips membeli tiket dari pihak ke tiga atau calo online agar tidak tertipu. Karena di era sosmed begini akan selalu ada orang yang ingin cara instan buat dapet duit. Salah satunya dengan menjual tiket konser / barang palsu, salah satu gelagat penipu yaitu hanya memberikan sedikit barang bukti yang mungkin didapatkannya dari internet. Kemudian menyuruh buru-buru melakukan transfer ke dompet digital seperti dana ,ovo, spay dan lainya.

Dan untuk beberapa tips diatas bisa dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak. Intinya jangan memaksa ya. Bila belum ada kesepakatan itu artinya belum berjodoh saja . Semoga dapat membantu ya . Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar